AsKep Glaukoma Yang Perlu Di ketahui Untuk Sehat

Posted on

AsKep Glaukoma Yang Perlu Di ketahui Untuk Sehat – Askep glaukoma atau bimbingan keperawatan glaukoma yaitu prinsip serta beberapa langkah perawatan pada beberapa orang yang alami glaukoma. Sebab, pasien glaukoma begitu memerlukan pertolongan orang yang lain untuk beraktivitas keseharian.

AsKep Glaukoma Yang Perlu Di ketahui Untuk Sehat
AsKep Glaukoma Yang Perlu Di ketahui Untuk Sehat

Mata mempunyai saraf paling utama yang perlu untuk sistem pandangan, yang dimaksud saraf optik. Glaukoma yaitu penyakit yang menyerang saraf itu. Sinyal awal dari glaukoma yaitu hilangnya kekuatan lihat dari samping (pandangan pinggir). Keadaan ini biasanya dibarengi dengan penambahan desakan bola mata (desakan intraokular), walau pada keadaan spesifik desakan ini mungkin normal. Bila tidak selekasnya dikerjakan, lama kelamaan juga akan menyebabkan kebutaan.

Kontrol Glaukoma

Untuk meyakinkan penyakit glaukoma, dokter juga akan lakukan kontrol fisik, terlebih pada mata. Bila perlu, dokter juga akan berikan referensi pada pasien untuk memperiksakan-diri ke dokter spesialis mata.

Dokter spesialis mata lalu juga akan lakukan kontrol selanjutnya tentang peluang penyakit glaukoma. Setelah itu, dokter juga akan mengecek tingkat keparahan. Lantas, ada kontrol beda yang dikerjakan untuk ketahui rusaknya pada mata.

Apabila di Tempat tinggal Sakit, jadi perawat juga akan lakukan bimbingan keperawatan seperti yang sudah ditata oleh prosedur medis. Tetapi ketika dirumah, jadi Anda jadi anggota keluarga yang juga akan mengerjakannya. Karenanya, Anda butuh ketahui beberapa jenis kontrol yang dikerjakan oleh dokter di Tempat tinggal Sakit, supaya bisa lebih mengerti keadaan anggota keluarga yang menanggung derita atau dicurigai menanggung derita glaukoma. Kontrol itu yaitu :

  • Kontrol desakan mata (tonometri)

Kontrol ini dikerjakan untuk ketahui desakan pada mata. Bila mata bertekanan tinggi bermakna peluang besar memanglah mempunyai resiko tinggi menanggung derita penyakit itu.

Ketika melakukan kontrol ini, pasien membutuhkan bius lokal untuk kurangi rasa tidak nyaman. Kontrol ini memakai alat yang dimaksud tonometer.

  • Kontrol ruangan depan mata (gonioskopi)

Terkecuali tonometri, pasien akan disuruh melakukan kontrol gonioskopi. Kontrol ini dikerjakan pada ruangan mata sisi depan, pada kornea serta irislah atau di kenal jadi bilik anterior. Dibagian berikut cairan mata umumnya keluar. Kontrol ini juga mempunyai tujuan untuk ketahui apakah ruang itu tertutup atau tidak, hingga dokter mata dapat memastikan apakah glaukoma termasuk pojok terbuka atau tertutup.

  • Kontrol lapangan pandang (perimetri)

Kontrol ini diperuntukkan untuk mengecek ruang pandangan yang mungkin saja hilang. Pasien juga akan disuruh lihat konsentrasi pada suatu titik yang ditetapkan dengan tempat pandangan spesifik. Lalu dokter kan lakukan penilaian seberapa luas lapangan pandang, bila alami kesusahan pandangan pada daerah pinggir, jadi mungkin saja saja orang itu menanggung derita glaukoma.

  • Kontrol saraf optik

Kontrol ini diperuntukkan untuk mengecek saraf optik, yakni saraf yang menghubungkan pada mata dengan otak. Langkahnya, mata juga akan di check memakai sinar dari alat spesial bernama slit lamp berbentuk mikroskop yang mempunyai sinar yang jelas. Mata akan diberi cairan tetes mata untuk jadi besar pupil. Hingga memudahkan kontrol.

  • Kontrol optical coherence tomography (OCT)

Kontrol ini mempunyai tujuan mendeteksi ada rusaknya pada retina atau saraf optik karena glaukoma. Langkahnya yaitu memakai sinar spesial untuk memindai sisi belakang mata.

Mengerti Penyembuhan Glaukoma

Biasanya penyembuhan glaukoma dikerjakan sesuai sama macamnya sedini mungkin saja, tetapi pada prinsipnya penyembuhan diperuntukkan untuk turunkan desakan bola mata. Salah satunya lewat pemberian obat tetes mata. Untuk pasien glaukoma, obat tetes mata bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Umpamanya menyebabkan iritasi mata. Ada peluang butuh coba sebagian type obat tetes mata sebelumnya temukan yang pas, atau memakai lebih dari satu type dalam satu saat.

Obat tetes mata untuk pasien glaukoma biasanya dipakai sekitaran 1-4 kali sehari-hari. Kerjakan sesuai sama referensi dokter, walau pasien terasa tidak alami masalah pada mata.

Bila tanda glaukoma tidak lebih baik, dokter bisa berikan referensi penyembuhan laser atau pembedahan. Hal semacam ini dikerjakan untuk menangani penambahan desakan bola mata serta menyelamatkan peranan pandangan. Untuk prosedur ini, bisa dikerjakan dengan anestesi lokal di sekitaran mata atau anestesi umum yang buat pasien dalam keadaan tidak sadar waktu operasi.

Panduan Menjaga Pasien Glaukoma

Untuk Anda yang ada pada tempat jadi orang yang bertanggungjawab atas askep glaukoma, baiknya memperhatikan beberapa hal tersebut :

  • Beri alat bantu pandangan jika pasien butuh melihat suatu hal atau membaca. Anda bisa memberi alat dengan system pembesaran ukuran penampilan video atau bahan bacaan.
  • Saat pasien butuh lihat suatu hal dengan tambah baik, yakinkan ada sinar yang cukup. Umpamanya, dengan memberi sinar lebih pada objek yang juga akan diliat oleh pasien.
  • Yakinkan beberapa barang yang berada di tempat tinggal, tidak buat pasien celaka atau cedera. Berikan sinyal kalau dirumah ada tangga atau benda besar yang mungkin saja juga akan menghambat gerak pasien. Berikan pasien tempat benda-benda itu.

Diluar itu, bila ada keluarga atau kerabat alami glaukoma, cermati juga banyak hal tersebut jadi askep glaukoma yang pas :

Batasi mengkonsumsi kafein

Konsumsi minuman memiliki kandungan cafein, terlebih dalam jumlah banyak atau seringkali, dipercaya bisa buat desakan pada mata bertambah. Tambah baik ganti minuman dengan minuman yang sehat serta aman, seperti air putih.

Konsumsi makanan sehat

Meskif tidak dengan segera bisa menghindar perburukan glaukoma. Tetapi, vitamin serta nutrisi yang ada pada makanan sehat bisa menolong melindungi kesehatan mata. Nutrisi itu umpamanya asam lemak omega 3.

Tidur dengan kepala lebih tinggi dari pada badan

Untuk hindari desakan berlebihan pada mata, yakinkan tempat kepala waktu tidur lebih tinggi dari pada badan. Atur tempat supaya kepala terangkat sekitaran 20 derajat dari permukaan tempat tidur. Pakai bantal untuk mengganjal kepala.

Memakai atau minum obat

Janganlah lupa untuk memakai obat tetes mata atau meyakinkan pasien telah meminum obat resep dokter. Obat-obatan ini mempunyai tujuan untuk menghindar jadi bertambah rusaknya saraf optik. Pakai sesuai sama dosis.

Pilih berolahraga yang tepat

Berolahraga memanglah mempunyai banyak bagian baik. Desakan pada mata juga bisa dikurangi dengan lakukan berolahraga dengan teratur. Tetapi, perlu untuk memastikan type berolahraga yang pas. Type berolahraga yang butuh dijauhi, terlebih bila ada tempat kepala dibawah jantung, seperti yoga. Tanyakan ke dokter tentang berolahraga yang pas untuk kurangi desakan bola mata pada pasien glaukoma.

Lakukan askep glaukoma memanglah tidak gampang. Anda mesti lebih bersabar menjalaninya. Terlebih, beberapa orang dengan glaukoma umumnya mempunyai keadaan emosional yg tidak stabil. Konsultasi dengan dokter yang menjaga untuk askep glaukoma beda yang seumpamanya dibutuhkan.

Baca juga : MANFAAT Menimbang Berat Badan Bayi Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *