12 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Penyakit Tipes

Posted on

12 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Penyakit Tipes – Penyakit Tifus atau Rickettsia adalah suatu penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri yang bernama Rickettsiae yang disebarkan oleh arthoropoda seperti kutu, tungau dan caplak. Tifus merupakan penyakit menular yang bisa menular melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Maka hendaklah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan guna menghindari adanya bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan yang kita pegang. Jika tipes belum parah, kebanyakan orang menyebutnya gejala tipes.

Gejala tifus sering terjadi tak hanya pada anak – anak, orang dewasa pun banyak yang mengalaminya. Saya pun dulu pernah mengalaminya, alhasil harus dirawat beberapa hari di rumah sakit. Setelah saya renungkan, faktor asupan makanan merupakan hal yang paling berperan dan erat kaitannya dengan penyakit ini. Makanan yang tidak bergizi, kurang serat dan kebersihannya tak terjamin. Pola makan pun sangat mempengaruhi terhadap daya tahan tubuh. Sering telat makan dan terlalu lama serta membiasakan perut kosong akan menyebabkan terjadinya infeksi atau iritasi pada lambung, kemudian menyebabkan sakit maag yang lama kelamaan beresiko menyebabakan gejala tifus. sakit tipes

Sebelum hal itu terjadi, jagalah pola makan anda dan pintar – pintar lah memilih makanan yang bergizi serta terjaga kebersihannya. Cuci tangan sebelum dan ssesudah makan. Virus atau bakteri tidak akan bisa berkembang pada tubuh yang kuat, sistim imun harus tetap terjaga kesehatannya agar tubuh terhindar daari bakteri pembawa penyakit. Selanjutnya anda harus mengenali gejala – gejala penyakit tifus ini sejak dari sekarang, agar kita bisa lebih waspada dan pastrespon apabila hal itu menjumpai kita sewaktu – waktu. Bakteri yang bernama salmonella typhosa merupakan bekteri krturunan dari bakteri salmonella enterica dimana bakteri – bakteri tersebut merupakan virus pembawa penyakit demam typhoid ( tifoid ). Demam yang tinggi merupakan gejala umum yang sering terjadi pada seseorang yang terjangkit penyakit tifus ini. Gejala lain adalah tubuh menggigil seperti kedinginan, badan lemas, denyut jantung melemah, sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan hilang, konstipasi dan sakit perut.

Jika kita berobat ke dokter, mungkin dokter akan memberikan obat antibiotik, penguat stimuno atau penahan rasa sakit. Namun harus anda sadari bahwa jika obat – obatan medis terlalu sering kita konsumsi , dalam jangka waktu lama akan menimbulkan efek samping yang tidak baik pula bagi kesehatan. Lalu apa yang aman dikonsumsi sebagai obat tifus..? back to nature adalah jawabannya. Kembali ke alam merupakan langkah terbaik, yaitu dengan memanfaatkan hasil alam sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa untu mengobati berbagai penyakit, salah satunya penyakit tifus ini. Tumbuhan dan hewan yang tak jauh dari kehidupan kita, ternyata sangat banyak. Mungkin sebagian dari anda baru akan mengetahuinya setelah membaca artikel yang saya tulis ini.

Bahan alami untuk mengobati tifus dengan cara tradisional 


  1. Cacing Kalung – Saya yakin sebagian dari anda sudah tidak asing dengan hewan yang bernama cacing. Cacing kalung merupakan jenis cacing tanah dengan ukuran yang tergolong besar. Pemanfaatan cacing kalung sebagai obat tifus sudah terbukti Manjur sejak jaman nenek moyang kita ternyata. Maka Cacing kalung ini terkenal akan hasiatnya dalam mengobati demam dan sakit tifus. Cacing dengan ukuran besar ini memang susah susah gampang didapatkannya. Namun seiring berjalannya waktu, Cacing kalung ini banyak dipelihara disekitar rumah. Dengan cara ditanam sebagai upaya pembudidayaan obat tifus yang mujarab ini. Cara tradisional membuat ramuan cacing ini yaitu dengan merebus cacing kalung yang sudah dibersihkan. Agar rasa dan bau amis nya tidak terlalu menyengat, sekarang ini sudau banyak cara membuat ramuan ini seperti dibuat sirup, teh, dengan rasa yang berfariasi sesuai keinginan yang memesan. Usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan cacing kalung ini sudah banyak berkembang di sekitar kita. Dengan kemajuan tekhnologi, seorang dokter menbuat kapsul yang berisikan serbuk cacing yang dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah masuk ke daftar medis, obat tifus berbentuk kapsul yang isinya cacing ini bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. manfaat cacing kalung
  2. Sambiloto – Sambiloto sudah lama bersahabat dengan kita, terutama bag anda penikmat jamu – jamu. Hasiat dari sambiloto sudah terbukti keampuhannya, sehingga sambiloto menjadi pilihan untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sakity tifus atau gejala tifus. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan meminum air rebusan sambiloto secara rutin 2 kali setiap hari sampai demam turun dan tifus sembuh.

    daun Sambiloto
    Daun Sambiloto Obat Typus
  3. Cengkeh – Cengkeh merupakan rempah – rempah yang sudah lama dimanfaatkan, terutama di daratan Eropa. Di Indonesia sendiri, cengkeh ini sudah lama dimanfaat sejak jaman penjajahan. Hasiat yang bersifat menghangatkan, menjadikan cengkeh ini sebagai pilihan untuk mengobati sakit tifus ini. Caranya yaitu dengan merebus cengkeh dengan 2 gelas air, didihkan dan dinginkan kemudian minum sedikit demi sedikit setiap hari. Baca : 20 Rahasia cengkeh untuk obat tradisional yang ampuh.
  4. Tanaman Cengkeh
    Cengkeh Sebagai Obat Typus
  5. Daun Keji beling – Keji beling berperan sebagai pembasmi virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman. Hasiat daun keji beling ini sudah lama dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penyakit tifus ini disebabkan menyebarnya virus atau bakteri dalam tubuh. manfaat daun keji beling
  6. Kunyit – Kunyit merupakan tanaman rimpang yang memiliki banyak hasiat dan manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit, bahkan penyakit yang tergolong penyakit berat pun seperti magg kronis mampu diobati dengan kunyit. Sakit tifus pun dapat diatasi dengan kunyit ini. Cara tradisional nya ada 2 hal. Cara pertama yaitu dengan membalurkan parutan kunyit pada perut, agar perut tidak panas, karena kunyit dapat meresap secara alami memberikan efek dingin pada perut atau badan yang sedang demam. Cara kedua yaitu dengan merebus rimpang kunyit dengan air 3 gelas. Didihkan sampai air tersisa segelas saja, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat 2 kali dalam sehari sampai tifus matau demam terasa sembuh.Kunyit
  7. Babandotan kuning – Babandotan atau bandotan kuning ini terkenal dengan hasiat nya untuk menyembuhkan luka dan sebagai anti infeksi. Baik luka luar maupun luka dalam dalam sudah banyak bukti dapat disembuhkan dengan hasiat yang dimiliki daun bandotan kuning ini. magg kronis pun dapat diatasinya. Baca juga obat maag alami dengan menggunakan daun bandotan kuning. Penyakit tifus ini terjadi karena adanya saluran pencernaan seperti usus yang luka. Dengan meminum air rebusan daun bandotan kuning ini, luka dalam usus bisa disembuhkan secara perlahan oleh hasiat yang terkandung didalam daun bandotan. Minum lah air rebusan bandotan kuning ini secara rutin setiap hari sampai tifus terasa sembuh.

    Babadotan Kuning
    Babadotan Kuning
  8. Bawang putih – Selama ini yang kita tahu mungkin manfaat dari bawang putih hanya sebagai bumbu masak di dapur. Namun tahukah anda, ternyata bawang putih bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Bawang putih juga dipercaya dapat melawan dan membunuh bakteri penyebab penyakit. Salah satunya adalah bakteri penyebab sakit tipus ini. Caranya yaitu dengan menumbuk atau memblender 1 siung bawang putih sampai halus kemudian menambahkan sedikit air hangat lalu peras, minum air rebusan bawang putih setiap hari sampai sakit dirasa sembuh.
  9. Buah pepaya muda – Buah pepaya muda ternyata juga mampu membantu mengobati menyembuhkan penyakit tifus, caranya yaitu dengan memarut pepaya muda kemudian diperas. Air perasannya diminum secara rutin setiap haari sampai sakit terasa sembuh. Sakit tifus bisa dikatakan sembuh dapat dilihat dari turunnya demam yang di derita. Selain mudah didapat, mengobati tifus dengan pepaya ini juga relatif mudah.

    manfaat pepaya muda
    pepaya muda
  10. Sawo muda – Pemanfaatan sawo muda muda sama dengan cara menggunakan pepaya, yaitu dengan cara memarut buah sawo muda kemudian diperas dan air perasan nya diminum secara rutin setiap hari sampai sakit terasa sembuh. Baca : 11 rahasia hasiat buah sawo yang manjur

    Sawo muda
    Sawo muda
  11. Mentimun – Mentimun merupakan sayuran yang mungkin sudah lama bersahabat dengan kita. Secara tidak kita sadari, setiap kita memakan mentimun, hal positif banyak kita dapat dari hasiat nya yang bersifat mendinginkan. Bahkan mentimun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, mentimun juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit tifus atau tipes. Mentimun dapat menurunkan panas yang diderita oleh penderita penyakit tifus. Caranya bisa dimakan langsung, dijadikan lalaban atau juga bisa diparut dan diperas lalu minum airnya.
    Mentimun
    Mentimun

    manfaat kulit manggis

  12. Kulit manggis – Sekarang – sekarang ini sudah banyak ditemukan hasiat dari kulit manggis. Kulit manggis yang dulunya dibuang begitu saja, kini kulit manggis sudah menjadi obat penuh manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk mengobati penyakit tifus pun kulit manggis bisa menjadi pilihan yang bagus. setelah memakan bijinya, jangan buang kulitnya. tapi parutlah dan seduh dengan air panas. saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat secara rutin sampai sakit terasa sembuh.
  13. Daun sirsak – Ketahui 16 Manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh dari sekarang. Karena baik disadari atau tidak, daun sirsak ini sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal. Zat anti kanker yang dimiliki daun sirsak menjadikan daun sirsak ini sebagai incaran banyak orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun sirsak pun mampu menangkal radikal bebas dan membunuh virus / bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman. Minumlah air rebusan daun sirsak ini secara rutin setiap hari sampai sakit tifus dirasa sembuh.

Menggunakan tanaman dan hewan sebagai obat alami merupakan langkah tepat untuk mengobati penyakit yang kita derita. Sakit Tifus merupakan penyakit yang dapat menular melalui makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Memilih makanan yang bergizi dan menjaga kebersihannya, sakit tifus juga dapat dicegah dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Hasiat yang dirasa dengan mengkonsumsi sesuatu yang alami memang tidak instan, akan terasa apabila dilakukan secara rutin dan teratur. Namun hasiat yang didapat lebih ampuh dan dapat mencegah penyakit itu kambuh sewaktu – waktu, selain itu tidak akan ada efek samping yang dirasakan dengan mengkonsumsi tumbuhan alami ini.

manfaat cuci tanganSampai disini dulu pembahasan kita kali ini tentang bahan alami untuk mengobati penyakit tipes. Terimakasih sudah membaca, semoga ada manfaat yang dapat kita petik untuk kita lakukan di kehidupan kita sehari – hari. Pesan dari saya, jangan lupa cuci tangan, semoga hari anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *