Sejuta Hasiat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Obat

Posted on

Sejuta Hasiat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Obat – Ketika mendengar kata belimbing, mungkin yang terbayang dibenak kita adalah buah segar berbentuk bintang ketika dipotongnya. Membayangkannya bisa membuat lidah merasakan asam rasanya walau tidak memakannya. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah belimbing wuluh, yang memiliki bentuk berbeda dengan belimbing buah bintang tersebut. Belimbing wuluh termasuk juga jeni varietas tidak sama dari buah belimbing. Ukuran belimbing wuluh tak besar seperti buah belimbing, besarnya cuma sekitaran ibu jari orang dewasa. Rasa-rasanya yang masam juga berbeda seperti rasa belimbing buah.

hasiat dan manfaat belimbing wuluh

Sejauh ini belum banyak yang tahu terutama kaum adam, bahwa belimbing wuluh menyimpan berjuta hasiat didalamnya. Berbeda dengan kaum hawa yang banyak mengetahui bahwa belimbing wuluh sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Ternyata hasiat belimbing wuluh tidak hanya mampu menambah pesona kecantikan, tapi juga bisa dijadikan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Untuk lebih jelasnya nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Zat-Zat Penting yang Terkandung Dalam Belimbing Wuluh

Sebelum kita membahas apa saja hasiat belimbing wuluh yang harus diketahui orang banyak, ada baiknya anda mengetahui apa saja isi kandunga belimbing wuluh sehingga membuatnya begitu bermanfaat untuk kecantikan dan obat. Glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, serta kalium sitrat banyak diproduksi oleh belimbing wuluh ini.

Berdasar pada daftar komposisi bahan makanan (DKBM), kandungan gizi belimbing wuluh per 100 gr, diantaranya : daya 36 kal, protein 0, 4 gr, lemak 0, 4 gr, karbohidrat 8, 8 gr, kalsium 4 mg, fosfor 12 mg, zat besi/Fe 1, 1 mg, Vitamin A 170 SI, Vitamin B1 0, 03 mg, Vitamin C 35 mg serta kalium 39 mg. Diluar itu, belimbing wuluh memiliki kandungan zat non gizi seperti flavonoid, saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida serta kalium sitrat.

hasiat dan manfaat belimbing wuluh

Sebenarnya belimbing wuluh telah lama dipakai sebagai bahan masakan untuk menghasilakan rasa masam alami. Rasa asamnya juga begitu nikmat untuk jadikan makanan seperti rujak atau asinan, jus dan masakan. Tetapi, siapa kira bila belimbing wuluh mempunyai manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan juga kecantikan yang mempesona. Hasiat belimbing wuluh ini dapat diperoleh sebagai buah-buahan penghasil vitamin C serta dipakai sebagai obat tradisional.

Belimbing wuluh adalah tanaman bermanfaat komplek untuk kesehatan disetiap sisi tanamannya lantaran sisi lain seperti sisi daun, batang, buah, serta bunganya dapat jadikan sebagai bahan ramuan obat untuk mengobati beberapa penyakit yang akan kita bahas sekarang juga.

Hasiat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Belimbing Wuluh Mampu Memperkecil Pori-Pori Pada Wajah

Langkah memakai : Ambillah 5 belimbing wuluh serta air garam seperlunya lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus serta berikan air garam seperlunya. Lalu berikan di wajah serta tunggulah kurang lebih 5-10 menit lalu bersihkan dengan air bersih, air hangat lebih bagus.

2. Belimbing Wuluh Mampu Menyingkirkan Jerawat
Jerawat seringkali menjadi masalah yang mengganggu penampilan, selain rasa sakit yang dirasa, kepercayaan diripun menurun jika sudah timbul jerawat, terutama jerawat batu. Belimbing wuluh ternyata juga ampuh membantu menyembuhkan jerawat.

hasiat dan manfaat belimbing wuluh

Langkah memakai : Ambillah 6 belimbing wuluh, 1/2 sdt teh serbuk belerang, 1 jeruk nipis. Lalu giling belimbing wuluh berbarengan teh serbuk belerang, lalu remas dengan air jeruk nipis, lantas berikan di wajah yang berjerawat.  Zat asam yang ada pada belimbing wuluh mungkin saja bakal memberi dampak sedikit sakit untuk jerawat aktif. Tetapi kandungan anti-oksidan dalam buah ini bisa membantu mengernyitkan serta mensamarkan jerawat yang ada di muka.

Sebagian orang juga memanfaatkan daunnya utnuk menyembuhkan jerawat. Caranya yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun belimbing kemudian diberikan pada jerawat yang membandel.

3. Belimbing Wuluh Sebagai Bahan Lulur

Kulit yang lembut, bersih dan kencang merupakan idaman setiap orang, terutama kaum hawa yang ingin selalu menyenangkan pasangannya.

Langkah memakai : Ambillah 10 belimbing wuluh serta air hangat seperlunya, lantas bersihkan bersih belimbing wuluh serta lumatkan sampai halus, lantas berikan air hangat seperlunya, lantas lulurkan pada kulit serta biarlah kurang lebih 10 menit serta paling akhir basuh dengan air bersih.

4. Belimbing Wuluh Mampu Membuat Wajah Tampak Awet Muda

Belimbing Wuluh Sudah lama dimanfaatkan untuk beberapa masalah kulit terutama kecantikan wajah. Wajah berjerawat, kusam, kerutan diwajah dsb. Semua dapat diatasi dengan masker belimbing wuluh. Belimbing Wuluh dapat juga di buat jadi masker wajah sehingga wajah makin bersih, bersinar, bebas jerawat dan tampak awet muda.

Hasiat masker belimbing wuluh : Berdasar pada beberapa zat yang terdapat didalam belimbing wuluh, bikin belimbing wuluh ini berguna untuk kecantikan. Vitamin C serta vitamin A dalam belimbing wuluh bertindak sebagai zat anti-oksidan untuk melawan radikal bebas penyebab rusaknya sel serta sistem penuaan. Kandungan Vitamin serta mineral dalam belimbing wuluh berguna untuk melembutkan kulit serta awet muda.

hasiat dan manfaat belimbing wuluh

Langkah Membuat Masker Belimbing Wuluh : Ambillah 10 buah belimbing wuluh, lantas bersihkan sampai benar-benar bersih dengan air yang mengalir. Lantas haluskan hingga terbentuk lumatan sampai jadi bubur, kemudian lulurkan pada kulit sepanjang lebih kurang 10 menit. Bila sangat kental, bisa ditambahkan air masak hangat, sedikit demi sedikit, sampai kekentalannya cocok serta dapat menempel pada kulit. Saat membuat masker belimbing wuluh ini, baiknya alat-alatnya di perhatikan.

5. Belimbing Wuluh Membuat Bibir Jadi Tampak Merah Alami

Langkah membuatnya : Langkahnya ambillah 1 buah belimbing wuluh lantas potong setengahnya, kemudian pakai belimbing wuluh itu seperti anda memakai lipstik yakni dengan menggosok-gosokan pada bibir beberapa menit serta basuh dengan air hangat.

Hasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Alami Berbagai Macam Penyakit

1. Belimbing Wuluh Dapat Menyembuhkan Batuk

Orang dewasa maupun anak-anak yang rawan pada penyakit batuk ini dapat diberikan penyembuhan dengan belimbing wuluh.

Langkahnya : 3 Butir belimbing wuluh, sebagian butir adas, serta gula seperlunya ditambah satu cangkir air. Kombinasi dibuat tim (bubur) selama beberapa jam. Sesudah dingin disaring dengan kain serta dibagi untuk 2 x minum, pagi serta malam waktu perut masih kosong.

Spesial untuk batuk rejan – Langkahnya : Ambillah sejumlah 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Lalu saring serta minum 2 x satu hari.

Selain buahnya, bunga belimbing wuluh juga dapat dijadikan sirup untuk mengobati batuk yang membandel.

manfaat bunga belimbing wuluh

2. Belimbing Wuluh Dapat Menangani Penyakit Diabetes

6 buah belimbing wuluh dilumatkan lantas di rebus dengan satu gelas air sampai tersisa separuhnya. Saring serta minum 2 x satu hari. Zat asam yang terdapat dalam buah ini begitu ampuh untuk membantu menyingkirkan dan menghimpit diabetes pada badan.

3. Belimbing Wuluh Dapat Menyembuhkan Sakit Gigi

Hasiat belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi untuk sesaat begitu ampuh. Langkahnya cukup gampang yakni dengan menumbuk belimbing serta menempatkannya pada gigi berlubang sampai sakit tak terasa, kemudian buang.

4. Belimbing Wuluh Dapat Menangani Panu dan Penyakit Kulit Lainnya

Panu adalah satu diantara penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur, belimbing wuluh mempunyai karakter anti jamur yang begitu ampuh untuk membantu dalam menyingkirkan panu, kadas, kurap dengan cara bertahap. Langkahnya cukup gampang yakni dengan tempelkan belimbing wuluh yang telah diparut di panu yang ada pada kulit anda.

Selain buahnya, daun belimbing wuluh juga ampuh untuk membasmi masalah penyakit pada kulit. Caranya yaitu dengan menumbuk halus daun belimbing wuluh kemudian melumatkannya pada bagian kulit yang ada penyakitnya seperti panu, kadas, kurap, kutu air, eksim, bisul dsb.

5. Belimbing Wuluh Dapat Menghindar Hipertensi (darting)

Belimbing wuluh telah dipakai oleh orang-orang tradisional untuk membantu dalam soal permasalahan desakan darah tinggi. Langkahnya cukup gampang, cukup rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air sampai jadi 1/2 gelas. Lantas minum sehari-hari 1 kali sampai desakan darah menyusut.

Belimbing Wuluh dapat juga di buat jadi juice

langkah membuat juice belimbing wuluh :

Bahan : Belimbing wuluh 100 gr, Seledri batang besar 100 gr, Air masak ½ gelas, Es serut ½ gelas.

manfaat jus belimbing wuluh

Langkah bikin : Jus belimbing wuluh, seledri batang besar, air serta es serut, sajikan dengan es, anda dapat juga memberikan madu.

Hasiat  juice belimbing wuluh : Juice belimbing wuluh dengan kombinasi seledri begitu baik dikonsumsi oleh pasien penyakit hipertensi yang kerap dikatakan sebagai the silent disease. Biasanya pasien tak tahu dianya menderita hipertensi sebelumnya memeriksakan desakan darahnya. Desakan darah sistolik normal yaitu 120-140 mm Hg. Sesaat desakan darah diastolik normal yaitu 85-90 mm Hg. Penyakit darah tinggi dapat dikarenakan oleh beragam aspek yang terkait dengan pola hidup, seperti diet yang jelek, merokok, kurang berolahraga serta stres.

6. Belimbing Wuluh Dapat Menangani Sariawan

Memanglah cukup ekstrim bila memakai belimbing wuluh untuk menangani sariawan lantaran rasa-rasanya cukup perih bila dioles dengan buah ini. Tetapi banyak orang yang yakin kalau ia efisien untuk menyingkirkan sariawan dengan cara cepat.

Hasiat Daun Belimbing Wuluh Untuk Obat Alami

1. Belimbing Wuluh Dapat Menyembuhkan Pegal Linu

Anda rasakan pegal linu? Bila demikian anda bisa coba daun belimbing wuluh untuk menyembuhkan rrasa pegal linu yang anda alami. Cukup hanya mengoleskan tumbukan dari daun belimbing wuluh di bagian badan yang alami pegal linu.

manfaat daun belimbing wuluh

2. Belimbing Wuluh Dapat Menghalangi Perkembangan Serta Perubahan Bakteri

Daun belimbing wuluh mempunyai banyak senyawa – senyawa yang baik untuk kesehatan badan. Satu diantara senyawa dari daun buah belimbing wuluh yang baik yaitu flavonoid. Senyawa yang terdapat dalam daun belimbing wuluh ini begitu efisien serta mempunyai hasiat yang cukup baik untuk menghalangi perkembangan sebagian bakteri pada tubuh, seperti :

  • Staphylococcus Aureus
  • Bacillus Cereus
  • COrney Bacterium Dipthera

3.Belimbing Wuluh Dapat  Bisa meredakan peradangan

Rebusan dari daun belimbing wuluh mempunyai hasiat yang baik dalam soal meredakan peradangan. Hal semacam ini dikarenakan oleh dampak anti pireutik yang dipunyai oleh rebusan dari daun belimbing wuluh. Dengan adanya ini, anda bisa meredakan peradangan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh anda.

4. Belimbing Wuluh Dapat Bersihkan Gigi Palsu

Bagi sebagian orang terutama yang sudah lanjut usia atau yang tidak memiliki gigi, kebanyakan dari mereka memakai gigi palsu sebagai solusinya. Seperti halnya gigi asli, gigi palsu pun tetap harus selalu dijaga kebersihannya, agar tetap awet dan nyaman dipakai. Daun belimbing wuluh juga mempunyai hasiat lain yang mungkin saja belum anda kenali. Yaitu daun belimbing wuluh mampu untuk bersihkan gigi palsu yang anda punyai dengan cara efisien. Hal ini akan membantu perawatn gigi palsu anda, supaya jadi lebih bersih, putih serta sehat.

Itulah Sebagian dari banyaknya hasiat ampuh yang dimiliki belimbih wuluh. Jadi ternyata, belimbing wuluh tidak hanya berperan didunia kecantikan saja, tapi di dunia kesehatanpun ternyata banyak membantu mengobati berbagai macam penyakit.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *