Cara Menjaga Lensa Kontak Supaya Tetaplah Aman Digunakan

Posted on

Cara Menjaga Lensa Kontak Supaya Tetaplah Aman Digunakan – Menolong pandangan jernih sekalian tetaplah menunjukkan mata indah, jadi memakai lensa kontak bisa jadi jalan keluar. Tetapi waspada bila tidak dirawat dengan benar, malah dapat beresiko jelek pada mata Anda.

Lensa kontak berperan jadi pengganti kacamata. Lensa kontak juga akan mempermudah saat lakukan beragam kesibukan, tanpa ada butuh mencemaskan kacamata yang mungkin saja mempunyai resiko baret, pecah, patah atau hilang. Terkecuali menolong lihat lebih terang, lensa kontak juga tidak mengganggu tampilan.

Cara Menjaga Lensa Kontak Supaya Tetaplah Aman Digunakan
Cara Menjaga Lensa Kontak Supaya Tetaplah Aman Digunakan

Langkah Menjaga Lensa Kontak

Walau mempunyai banyak kelebihan dari bagian perawatan, lensa kontak memerlukan semakin banyak perhatian dibanding kacamata. Keadaan lensa kontak mesti senantiasa higienis supaya tidak menyebabkan problem kesehatan seperti infeksi mata serta komplikasi pandangan yang lain.

  • Walau tidak bisa seutuhnya dijauhi, Anda dapat menghindar terjadinya infeksi mata dengan beberapa cara tersebut.
  • Senantiasa bersihkan bersih serta keringkan tangan sebelumnya menempatkan atau melepas lensa kontak Anda.
  • Bebaskan lensa kontak sebelumnya mandi atau berenang. Upayakan supaya lensa kontak Anda tidak terserang air.
  • Upayakan selalu untuk melepas lensa kontak sebelumnya tidur. Begitu tidak dianjurkan untuk kenakan lensa kontak dengan terus-menerus. Waktu kita tutup mata dengan terdapatnya lensa kontak yang tetaplah ada didalam mata, jumlah oksigen ke mata semakin menipis. Hal semacam ini mengakibatkan permukaan mata jadi rawan alami infeksi. Diluar itu, kuman yang berada di lensa juga akan melekat di kornea sepanjang kita tidur.
  • Pakai cairan pembersih spesial yang dianjurkan dokter atau apotek untuk bersihkan serta merendam lensa kontak Anda. Janganlah pakai air atau cairan yang lain, karna air laut, air kolam, bahkan juga air sulingan sekali juga, dapat memiliki kandungan organisme acanthamoeba yang bisa mengakibatkan mata alami infeksi.
  • Gosok dengan lembut waktu Anda bersihkan lensa kontak dengan memakai cairan pembersih. Hati-hati supaya tidak merobek lensa kontak.
  • Bersihkan lensa kontak selesai dipakai serta kotak penyimpanan lensa kontak tiga bln. sekali supaya tetaplah terjamin kebersihannya.
  • Bila Anda kenakan lensa kontak sekali gunakan, Anda tidaklah perlu membersihkannya karna lensa ini tidak di desain untuk kembali dipakai. Jangan sampai memakai lensa kontak sekali gunakan lebih dari satu hari.

Penyakit yang Berisiko Muncul Karena Lensa Kontak Kotor

Bila dipakai dengan benar, lensa kontak dapat dibuktikan aman. Tetapi resiko infeksi mata karena lensa kontak baiknya tetaplah diwaspadai. Sebab kuman berada di mana-mana, termasuk juga di tangan serta kelopak mata. Waktu bakteri atau jamur melekat di lensa kontak Anda, mata juga mempunyai resiko terserang infeksi.

Baca juga : Ketahui Fungsi Tes Laju Endap Darah Untuk Kesehatan

Zat disinfektan yang terdapat didalam cairan pembersih lensa kontak tidak selamanya 100 % efisien dalam membasmi jamur serta bakteri. Terkecuali infeksi karena jamur serta bakteri, memakai lensa kontak juga mempunyai resiko menyebabkan iritasi pada mata, ulkus kornea, konjungtivitis, serta abrasi kornea.

Selekasnya konsultasi ke dokter bila mata Anda peluang alami masalah karena lensa kontak. Diikuti dengan tanda iritasi, keluarkan kotoran terus-terusan, bengkak, sakit serta perih, merah, pandangan terganggu, atau peka pada sinar.

Baca juga : Ketahui Apakah Rokok Elektrik Aman Atau Tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *