Hasiat Rahasia Dibalik Nikmatnya Daun Cincau

Posted on

Hasiat Rahasia Dibalik Nikmatnya Daun Cincau – Cincau atau Cyclea barbata adalah satu diantara bahan paling utama yang sudah populer dipelosok negeri bahkan juga di luar negeri seperti China. Pada zaman dulu, daun cincau semakin banyak dipakai sebagai obat dari penyakit diare, tetapi seiring waktu berjalan cincau bisa di proses sebagai satu diantara sajian yang nikmat untuk dicicipi bahkan kin penyajiannya sudah semakin beragam. Biasanya dapat kita jumpai pada jajanan anak di sekolah, seperti es cincau, eskrim cincau minuman ras cincau dan lain sebagainya. Selain rasanya cukup enak dan terasa segar saat melewati tenggorokan ternyata daun cincau menyimpan hasiat yang sangat luar biasa dan pada artikel kali ini akan kita bahas lebih rinci tentang rahasia dari hasiat-hasiat tersebut.

hasiat daun cincau

Senyawa yang terkandung dalam daun cincau

Berdasar sebagian riset yang sudah dilakukan nyatanya daun cincau hijau memiliki kandungan senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini berguna untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin diakui dapat menghindar sel tumor ganas. Cincau juga memiliki kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin serta S, S-tetandrin yang bermanfaat menghindar kanker pada ginjal, antiradang, serta turunkan desakan darah tinggi.

Dari hasil eksperimen tentang kandungan nutrisi dari daun cincau, nyatanya daun cincau membuahkan sebagian nutrisi dalam tiap-tiap 100 g Cincau yakni Daya : 122 kkal, Protein : 6 g, Lemak 1 g, Karbohidrat 26 g, Kalsium 100 mg, Fosfor 100 mg, Zat besi 3. 3 mg, Vitamin A 10. 750 SI, Vitamin B1 80 mh, Vitamin C 17 mg, Serat Makanan 6. 23 g.

Hasiat Daun Cincau untuk Penyembuhan

1. Cincau berhasiat sebagai Obat Anti Inflamasi

Cincau memiliki kandungan zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat ini bisa meredakan peradangan yang berlangsung akibat bakteri atau kuman di bagian spesifik. Untuk hasiat ini, daun cincau bisa ditumbuk serta di beri sedikit garam lalu dioles di bagian yang sakit 3 kali satu hari.

2. Cincau berhasiat sebagai Obat Demam

Daun cincau memiliki kandungan saponin serta hasiat anti-oksidan yang bertindak untuk turunkan demam. Minum air rebusa cincau sesudah air disaring 2 x satu hari.

hasiat daun cincau

3. Cincau berhasiat sebagai Obat Diabetes Mellitus

Daun cincau mempunyai kandungan senyawa berbentuk bisbenzilsokuinolin serta klorofil yang berguna untuk menyetabilkan kandungan gula dalam darah. Hal itu lalu bakal melakukan perbaikan kemampuan hormon insulin pankreas dalam mengatur kandungan gula darah. Bila konsumsi air rebusan daun cincau ini dengan teratur, sejumlah 200 ml 2 kali satu hari.

4. Cincau berhasiat sebagai Obat Radang Lambung

Kandungan vitamin C serta faedah anti-oksidan dalam daun cincau bisa menolong klorofil untuk menangani radang lambung yang dihadapi oleh seorang yang mempunyai kelainan pada asam lambungnya. Senyawa-senyawa itu, bakal memperkuat otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan penyakit pada lambung. Untuk menyembuhkan radang lambung, bisa konsumsi rebusan daun cincau sebayak 2 kali satu hari.

5. Cincau berhasiat sebagai Obat Penyakit Hipertensi

Senyawa S-S tetandrin berguna juga untuk menyembuhkan hipertensi. Senyawa ini bisa mengakibatkan perluasan pembuluh darah hingga darah bakal mengalir lebih lancar. System peredaran darah yang lancar, bakal menangani desakan darah yang awal mulanya tinggi serta kembali normal. Untuk menyembuhkan darah tinggi, daun cincau baik dikonsumsi 3x satu minggu.

6. Cincau berhasiat sebagai Obat Keracunan Akibat seafood

Hasiat makanan laut benar-benar sangat baik untuk badan, tetapi makanan seperti udang serta cumi bisa menyebabkan keracunan. Senyawa anti-oksidan di daun cincau bisa menolong orang yang alami keracunan seafood. Langkah memakai daun cincau sebagai obat keracunan, remas 5-10 lembar daun cincau sampai air yang dibuat berwarna hijau. Lalu minum ramuan ini dengan memakai gula jawa.

7. Cincau berhasiat sebagai Obat Sakit Types

Senyawa tokoferol, mineral fosfor serta anti-oksidan dari daun cincau bisa tingkatkan system imunitas badan untuk yang menanggung derita penyakit types. Mengkonsumsi rebusan daun cincau ini, sejumlah 3 kali satu hari.

8. Cincau berhasiat Menangani persoalan otot

Senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau menolong menangani persoalan otot seperti otot kaku, pegal serta nyeri. Dan menolong sistem peregangan otot waktu dioles-oleskan sebagai salep atau diminum berbentuk rebusan.

9. Efisien untuk kanker

Hasiat daun cincau mempunyai senyawa isokandrodendrin serta S-S tetandrin yang berperan untuk mematikan sel tumor yang bakal jadi sel kanker. Diluar itu, ke-2 senyawa itu bisa tingkatkan system imun pada badan kita saat kita dikonsumsi, sesudah mengolahnya terlebih dulu jadi rebusan atau bebrapa supaya.

10. Mematikan sel tumor

Senyawa isokandrodendrin bakal mematikan sel tumor yang menyerang organ spesifik seperti ginjal, lambung, serta hati. Daun cincau bisa dikonsumsi berbentuk supaya, air rebusan, atau serbuk sejumlah 3x satu hari sebagai obat anti tumor.

11. Menangani diare

Senyawa alkaloid pada daun cincau memiliki kandungan hasiat vitamin C serta vitamin B yang bisa menangani diare sesudah dikonsumsi dengan teratur sejumlah 3 kali satu hari. Senyawa alkaloid bakal menolong membunuh kuman penyakit yang ada pada makanan serta tingkatkan penyerapan sari makanan didalam badan.

12. Pencegah Osteoporosis

Kandungan mineral magnesium, kalsium serta fosfor yang cukup tinggi dalam daun cincau berguna untuk pergantian beberapa sel tulang yang telah keropos. Kandungan yang berguna ini, untuk berikan nutrisi tulang dalam pembentukan beberapa sel darah yang rusak. Dengan hal tersebut kesehatan tulang walau meraih umur tua bisa lebih terbangun.

 

Cara Mudah Mengolah Daun Cincau :

hasiat daun cincau

A. (Cara Mudah Pertama)

1. Ambil kira-kira 15 lembar daun cincau.
2. Lalu peras dengan air bersih yang matang satu 3/4 gelas.
3. Peras daun sampai perasaan mengental.
4 Ramuan di minum langsung jangan sampai menjadi agar2.
5. Ramuan di minum 2 kali sehari, sebelum makan dan sebelum tidur.
6. Minumlah secara rutin, dalam satu minggu sudah bisa dilihat hasilnya.

B. (Cara Mudah Kedua)
1. cuci daun cincau yang dipetik dari tangkai, direndam dalam air, diremas-remas,
2. kemudian didiamkan selama 24 jam (sampai terbentuk agar-agar).
Tujuan mendiamkan semalam adalah untuk memberi kesempatan pada hidrat arang mengikat air sebanyak-banyaknya.

C. (Cara Mudah Ketiga)

1. Daun cincau diremas-remas atau dihancurkan
2. Lalu dilakukan perendaman
3. Ada juga yang menyertakan perebusan terlebih dahulu
4. Berikan soda kue yang berfungsi sebagai pengawet
5. Dan jadilah cincau sesuai dengan warna yang anda inginkan.

Warna cincau yang bermacam-macam, berkisar dari hijau hingga hijau pekat, bahkan hitam, namun disertai dengan kesan transparan memiliki konsistensi yang berbeda-beda pula. Warna dan konsistensi cincau berbeda-beda karena tumbuhan yang dipakai juga berbeda-beda. Daun cincau muda lebih baik dari yang sudah tua dengan warna hijau tua.

Demikianlah rahasia dari hasiat yang terkandung di dalam daun cincau.

Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *