Hasiat Alami Tanaman SINTRONG Untuk Sakit Magg

Posted on

Hasiat Alami Tanaman SINTRONG Untuk Sakit Magg – Tanaman yang memiliki banyak nama yang berbeda disetiap daerahnya. Tanaman sintrong ini kerap disebut sebagai gulma oleh sebagian orang karena sintrong tumbuh dengan sendirinya alias tidak ditanam. Biasanya sintrong tumbuh di perkebunan terutama kebun terbuka yang tidak keurus. Sintrong juga sering kali dijadikan pakan untuk kelinci dan juga marmut. Sintrong ini merupakan pakan favorit marmut, jadi sintrong merupakan tanaman gulma yang dimanfaatkan sebagai pakan.

Namun untuk beberapa orang, sintrong seringkali dijadikan lalapan bahkan sayur yang disajikan untuk makan bersama keluarga. Sintrong memiliki rasa dan aroma yang has. Bagi yang menyukainya, masakan atau lalapan sintrong bisa dikatakan sangat enak. Namun bagi sebagian orang yang mungkin pertamakali mengkonsumsi atau yang kurang suka terhadap aroma hasnya, bisa saja menimbulkan rasda mual ketika hendak memakannya.

hasiat tanaman sintrong

Sintrong adalah tumbuhan type suku Asteraceae serta di kenal dengan nama ilmiah Crassocephalum crepidioides serta Crassocephalum aurantiaca. Disetiap daerah tanaman sintrong memiliki beberapa nama yang tidak sama, seperti ebolo, thickhead, redflower ragleaf, atau fireweed, bagini, jambrong, jombloh, mandrung-mandrung, puyung, junggul, tespong, parte, bolostrong di sunda, taplek atau sintrong dijawa.

Tahukanh anda, bahwa ternyata sintrong memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan seringkali dijadikan obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Satu diantaranya yaitu bahwa tanaman sintrong mampu menyembuhkan sakit magg.

Zat yang Terkandung Dalam Tanaman Sintrong dan Manfaatnya

Kandungan kimia yang ada dalam daun sintrong : flavonoida, polifenol serta saponin (Kementrian Negara Penelitian serta Teknologi RI th. 2001)

Flavonoid serta polifenol dapat melakukan tindakan sebagai anti-oksidan yang berperan untuk menetralkan radikal bebas hingga bisa meminimalisir dampak rusaknya pada beberapa sel dan jaringan tubuh. Saponin yang terdapat dalam daun sintrong adalah glikosida komplek, yakni senyawa hasil kondensasi satu gula dengan senyawa hidroksil organik, yang apabila dihidrolis akan membuahkan gula (glikon) dan non gula (aglikon). Saponin itu terdiri dari 2 grup, yakni saponin triterpenoid serta saponin steroid. Sapoin juga telah banyak dipakai dalam kehidupan manusia, salah satunya ada dalam lerak/klerek yang bisa dipakai sebagai bahan pencuci kain terlebih kain batik dan sebagai bahan sampo, untuk memperoleh saponin dari tumbuhan yakni lewat metoda ekstraksi.

hasiat tanaman sintrong

Sayuran sintrong begitu disukai di Jawa Barat sebagai lalapan serta sebagai sayuran, sedang di Afrika terkecuali sebagai sayuran, bagian-bagian dari tanaman sintrong juga digunakan untuk bahan obat tradisional. Sabar dulu, nanti kita bahas, penyakit apa saja yang bisa dibantu kesembuhkannya dengan mengkonsumsi daun sintrong ini.

Hasiat dan Manfaat Tanaman Sayuran Sintrong

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tanaman yang dianggap gulma ini justru merupakan obat herbal alami tradisional yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Daun Crassocephalum aurantiaca bisa dipakai sebagai obat penenang. Daun Crassocephalum crepidioides bisa dipakai sebagai obat bisul. (Kementrian Negara Penelitian serta Teknologi RI th. 2001).

11 Tumbuhan Alami Untuk Mengobati Sakit Maag Kronis

Obat Tradisional yang Ampuh Untuk Mengobati Penyakit Maag

Hasiat Tanaman Sintrong :

  • Sebagai anti-oksidan – Sintrong mampu membantu menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.
  • Menangani masalah lambung seperti maag, nyeri tukak lambung dan lain-lain.
  • Mempercepat pengobatan luka – Selain menghentikan pendarahan, daun sintrong juga membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Menyembuhkan sakit kepala atau pusing – Baik sakit kepala migrain dan jenis sakit kepala lainnya mampu diatasi oleh tanaman ini.
  • Turunkan demam terutama pada anak.
  • Adalah obat alami radang amandel.
  • Mengobati penyakit Eksim dan penyakit kulit lainnya.
  • Berbentuk anti radang, Pencahar (obat bersihkan perut), Tonikum, Emetik (memancing supaya bisa muntah), Hemostatis.
  • Antimikroba, anti-diabetes, anti-inflamasi serta penyembuhan Epilepsi.
  • Bubuk daun sintrong dapat juga dipakai untuk hentikan pendarahan hidung.
  • Membantu memperbaiki sistem imun (daya tahan tubuh).

hasiat tanaman sintrong

Peringatan :

Lantaran ada kandungan alkaloida pirolizidina dalam sintrong, baiknya Anda konsumsi sayuran sintrong ini dengan cara lumrah serta tak terlalu berlebihan. Jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebih atau tak sewajarnya, akan menyebabkan resikonya dari sayuran sintrong itu, yakni penyebab munculnya kanker atau tumor serta rusaknya sel pada organ hati.

Langkah pemakain daun sintrong sebagi obat – Yakni dengan mempersiapkan sebagian helai daun sintrong (seperlunya) lalu di rebus dengan sedikit air, berikan sedikit garam. Kemudian minum air rebusan daun sintrong pada saat hangat. Tetapi, ada langkah yang lebih gampang yakni, dengan memakai sebagai lalapan, baik mentah maupun direbus terlebih dahulu. Namun mengkonsumsinya dengan cara dijadikan sebagai sayur untuk makan lebih enak rasanya.

manfaat sayur sintrong

Seperti Apa Sih Tanaman Sintrong itu…?

Bagi sebagian orang terutama yang tinggal didaerah perkotaan, mungkin sangat jarang sekali ditemukan tanaman sintrong ini. Maka cobalah bermain ke kawasan perkebunan yang dekat dengan lokasi anda. Saya jelaskan sedikit gambaran mengenai tanaman obat ini.

Tumbuhan sintrong miliki batang lunak beralur-alur dangkal, termasuk juga terna (berbatang lunak serta tak membuat kayu) tegak serta tingginya dapat meraih 1 m, memiliki bau harum khas aromatis jika diremas. Daun sintrong letaknya menyebar dengan bentuk daunnya jorong memanjang atau bulat telur terbalik, pangkal daun menyempit, ditengah melebar serta ujungnya meruncing, pinggir daun sintrong beberapa rata tetapi banyak yang berlekuk menyirip bergerigi-gerigi kasar serta runcing. Bunga tanaman sintrong majemuk berbentuk bongkol-bongkol yang tersusun malai rata, bongkol bunga berwarna hijau serta ujungnya berwarna jingga coklat sampai merah bata, silindris serta tegak sesudah jadi buah. Warna mahkota kuning, ujungnya merah kecoklatan. Buah tanaman sintrong keras ramping memanjang serupa gelendong berusuk 10 dengan panjang sekitaran 2, 5 mm dengan adanya banyak rambut seperti sikat berwarna putih.

hasiat tanaman sintrong

Konon katanya Sintrong datang dari Afrika tropis lalu menebar keseluruh lokasi tropis di Asia. Di indonesia, tanaman ini terdaftar diketemukan pertama kalinya th. 1926 di dekat Medan yang lalu di bawa ke pulau Jawa serta lalu menyebar ke semua lokasi Negara Indonesia. Tanaman yang umum sering kita temui di sawah, bebrapa tempat terlantar, pinggir sungai, kebun serta bebrapa pinggir jalan ini, biji-bijinya menebar lewat bantuan angin serta lalu tumbuh di beberapa tempat itu. Meskipun tanaman ini kerap dimaksud gulma atau terna tumbuhan pengganggu tetapi tanaman ini relatif gampang untuk diatasi dan sangat bermanfaat untuk kita.

Demikian penjelasan tentang Hasiat Alami Tanaman SINTRONG Untuk Sakit Magg dan ternyata sintrong ini tak hanya mampu menyembuhkan sakit magg saja. Terimakasih sudah menyimak tulisan ini sampai tuntas dan semoga artikel ini turut mengandung manfaat untuk kita semua.

Semoga hari anda menyenangkan dan saya berharap kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita. Aamiin………..

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *