Ketahui Fungsi Tes Laju Endap Darah Untuk Kesehatan

Posted on

Ketahui Fungsi Tes Laju Endap Darah Untuk Kesehatan – Tes laju endap darah dipakai untuk menilainya keadaan peradangan atau infeksi di badan. Prosedur ini dikerjakan dengan pengambilan darah, yang lalu di check untuk mengukur pengendapan sel darah merah jadi deskripsi peradangan yang berlangsung.

Ketahui Fungsi Tes Laju Endap Darah Untuk Kesehatan
Ketahui Fungsi Tes Laju Endap Darah Untuk Kesehatan

Yang disebut dengan tes laju endap darah yakni tes untuk mengukur berapakah lama saat yang diperlukan untuk sel darah merah jatuh atau mengendap ke basic tabung reaksi kaca. Walau bisa menolong mendeteksi ada peradangan atau infeksi, tetapi tes ini mesti dikerjakan dengan type tes beda untuk mendiagnosa penyakit spesifik.

Keadaan yang Membutuhkan Tes Laju Endap Darah

Anda mungkin saja membutuhkan tes laju endap darah bila alami beberapa gejala peradangan, seperti :

  • Demam
  • Nyeri sendi atau kaku yang berjalan lebih dari 30 menit pada pagi hari.
  • Nyeri di bahu, leher, atau panggul.
  • Sakit kepala, terlebih dengan nyeri yang terkait di bahu.
  • Kehilangan nafsu makan
  • Penurunan berat tubuh tidak normal, yang berlangsung dengan cepat serta mencolok.

Diluar itu, tanda beda yang mungkin saja membutuhkan tes laju endap darah yakni masalah pada pencernaan, seperti diare, demam, BAB berdarah, atau nyeri perut yg tidak umum serta tidak kunjung terselesaikan.

Baca juga : Kelainan Hati Harus Anda Ketahui Dan Penyembuhannya

Pada intinya tes laju endap darah, bisa berguna untuk menolong dokter dalam memastikan beragam diagnosis penyakit seperti penyakit infeksi, peradangan, kanker, dan penyakit autoimun, diantaranya rheumatoid arthritis serta lupus.

Keadaan yang Bisa Merubah Laju Endap Darah

Terdapat banyak keadaan spesial yang mungkin saja merubah kecepatan pengendapan sel darah merah, hingga bisa kurangi ketepatan hasil tes :

  • Umur lanjut
  • Kisah cholesterol tinggi
  • Kehamilan atau tengah menstruasi
  • Obesitas
  • Mempunyai kisah masalah ginjal

Seorang yang tengah melakukan penyembuhan untuk pernafasan seperti teofilin, konsumsi obat-obatan saraf seperti methyldopa, tengah melakukan KB dengan minum pil KB, konsumsi aspirin, serta obat radang kelompok kortikosteroid dalam periode panjang dapat juga merubah laju endap darah.

Jadi, apabila Anda mempunyai satu diantara keadaan diatas, sebaiknya apabila Anda mengemukakannya pada dokter sebelumnya dikerjakan kontrol laju endap darah.

Prosedur yang Dikerjakan pada Tes Laju Endap Darah

Dalam lakukan tes laju endap darah, dokter juga akan lakukan pengambilan sampel darah, yang lalu disimpan dalam wadah spesial. Sampel darah Anda lalu juga akan dibawa ke laboratorium. Dokter pakar patologi klinik juga akan meletakkan sel darah merah Anda dalam tabung reaksi, lalu mengukur seberapa tinggi endapan sel darah merah yang terjadi dalam rentang saat 1 jam.

Apabila Anda alami peradangan di badan Anda, jadi ada protein abnormal dalam darah yang juga akan buat sel darah merah gampang menggumpal. Gumpalan ini lebih berat, hingga mengakibatkan sel darah merah itu jadi lebih cepat mengendap dibanding sel darah yang sehat. Makin cepat sel darah mengendap, jadi makin mungkin saja mengisyaratkan ada peradangan didalam badan.

Untuk ketahui apakah keadaan Anda membutuhkan tes laju endap darah, konsultasi dengan dokter. Lalu konsultasi selanjutnya tentang hasil tes, yakinkan Anda mengerti berarti serta bagaimana pengaruhnya pada perlakuan keadaan Anda.

Baca juga : Cara Membedakan Lidah Yang Sehat Dan Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *