Ketahui Ini Bahaya Alkohol Pada Saat Hamil

Posted on

Ketahui Ini Bahaya Alkohol Pada Saat Hamil – Sampai sekarang ini, beberapa pakar kesehatan belum juga bisa meyakinkan seberapa aman minuman memiliki kandungan alkohol untuk ibu hamil serta janin. Langkah paling aman yaitu hindari minum alkohol waktu hamil.

Ketahui Ini Bahaya Alkohol Pada Saat Hamil
Ketahui Ini Bahaya Alkohol Pada Saat Hamil

Perbincangan tentang apakah diperbolehkan minum alkohol waktu hamil seolah tidak sempat habis. Beberapa dokter menyebutkan, minum alkohol waktu hamil seandainya dalam jumlah terbatas, tidak membahayakan kesehatan janin. Tetapi beberapa yang lain menentang pendapat itu.

Seberapa Banyak Alkohol yang Dapat Dikonsumsi

Hasil riset tunjukkan kalau minum alkohol waktu hamil dalam jumlah spesifik bisa mengakibatkan kelainan kongenital atau kelainan bawaan (cacat lahir) pada bayi. Meskipun demikian, belumlah ada riset yang berhasil menunjukkan apakah konsumsi sedikit alkohol juga beresiko sama untuk janin. Dengan spesial, belumlah ada riset yang bisa memberi batasan jumlah alkohol yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca juga : Contoh Makanan Yang Aman Untuk Diabetes

Memastikan jumlah mengkonsumsi alkohol yang aman untuk ibu hamil termasuk cukuplah susah. Hal semacam ini karna setiap wanita mempunyai kandungan resistensi pada minuman memiliki kandungan alkohol yang tidak sama. Sebagian ibu hamil mempunyai enzim pemecah alkohol yang lebih rendah dari batas normal, hingga alkohol lebih lama ada di aliran darah serta membahayakan keadaan janin.

Aspek-faktor berikut yang buat beberapa pakar kesehatan merekomendasikan tidak minum alkohol waktu hamil untuk kesehatan bayi.

Bila Anda tetaplah pilih untuk konsumsi minuman memiliki kandungan alkohol, yakinkan tidak untuk terlalu berlebih. Ukuran yang disarankan untuk sekali minum yaitu 1/2 kaleng bir atau sama dengan 236ml yang memiliki kandungan tidak lebih 3, 5% kandungan alkohol dalam unit volume (alcohol by volume/ABV).

Frekwensi konsumsi minuman alkohol dibatasi yaitu maksimum 2 x satu minggu. Meskipun demikian, tidak dianjurkan minum alkohol waktu hamil sepanjang tiga bln. pertama masa kehamilan untuk menghindar terjadinya kelahiran prematur atau keguguran.

Dampak Alkohol pada Janin

Hati yaitu satu diantara organ badan manusia yang memerlukan saat paling lama berkembang. Peranan hati pada janin baru prima pada beberapa step akhir kehamilan. Waktu ibu hamil konsumsi alkohol, aliran darah membawa alkohol melalui plasenta sampai ke janin.

Pada sekarang ini, hati bayi belum juga bisa mengolah alkohol seperti badan orang dewasa. Bila kandungan alkohol sangat banyak, hingga bisa merubah perubahan beberapa sel badan bayi.

Baca juga : Berikut Makanan Yang Bagus Untuk Darah Tinggi

Minum alkohol waktu hamil terlalu berlebih, mempunyai resiko mengakibatkan kerusakan system saraf bayi. Keadaan ini mengakibatkan bayi rawan alami sindrom alkohol pada janin (fetal alcohol syndrome/FAS). FAS menyebabkan cacat lahir, kesusahan belajar serta problem sosialisasi anak waktu dewasa.

Konsumsi lebih dari 4 kaleng bir /hari sepanjang hamil, bisa tingkatkan resiko bayi terserang FAS. Anak pasien FAS biasanya alami problem dalam perubahan badannya. Umpamanya ukuran kepala yang lebih kecil, kelainan di wajah, dan masalah dalam belajar serta berperilaku, seperti lambat dalam bicara.

Walau tak ada riset yang bisa menunjukkan kalau beberapa kecil alkohol beresiko untuk janin, tapi semakin lebih baik bila tidak ambil resiko itu sekalipun. Hindari minum alkohol waktu hamil tetaplah jadi pilihan yang tambah baik dibanding dengan resiko keguguran atau kecacatan yang bisa menerpa bayi Anda.

Baca juga : Bekerja Waktu Hamil Yang Benar Dan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *