Ketahui,Bolehkah Si Kecil Konsumsi Makanan Pedas..?

Posted on

Bolehkah Si Kecil Konsumsi Makanan Pedas – Jadi negara yang banyak hasilkan rempah-rempah dengan beragam rasa, jadi rasa pedas adalah satu diantara favorite orang-orang Indonesia. Bila orang dewasa telah punya kebiasaan dengan makanan pedas, bagaimana dengan Si Kecil. Bolehkah memberi makanan pedas pada Si Kecil?

Ketahui,Bolehkah Si Kecil Konsumsi Makanan Pedas
Ketahui,Bolehkah Si Kecil Konsumsi Makanan Pedas

Rempah-rempah tidak terbatas pada cabai serta lada saja. Namun termasuk bawang putih, jahe, jintan, ketumbar, kunyit serta yang lain. Rempah-rempah ditambahkan pada masakan jadi penambah rasa makanan, terkecuali dapat juga berguna untuk kesehatan. Umpamanya jahe, adas, karom, serta jintan putih di ketahui bisa menangani perut kembung serta masalah pencernaan. Diluar itu, bawang putih serta kunyit yang berguna jadi antiseptik serta antioksida.

Saat yang Pas Si Kecil Mencicipi Rasa Pedas

Beberapa orang-tua telah memberi makanan yang memiliki kandungan rempah-rempah dengan cita rasa pedas mulai sejak awal anak mulai makanan padat pertamanya. Mereka memiliki pendapat kalau dengan memperkenalkan makanan pedas lebih awal, anak juga akan cepat menyesuaikan serta beradaptasi dangan makanan orang dewasa.

Baca juga : Bahaya Makan Gorengan Harus Anda Ketahui

Sesungguhnya saat anda konsumsi makanan pedas waktu menyusui Si Kecil, jadi rasa itu juga dirasa pada ASI, hingga membuatnya telah punya kebiasaan. Tetapi, pemberian makanan pedas pada bayi butuh diperhitungkan sekali lagi. Dokter merekomendasikan untuk menunggunya sampai berumur setahun bila menginginkan mengenalkan makanan pedas dari rempah-rempah, untuk menghindar masalah perut serta alergi.

Perkenalkan Makanan Pedas Dengan Bertahap

Bila anda menginginkan memberi makanan pedas, baiknya berilah makanan pedas dengan rasa yang enteng terlebih dulu, seperti kayu manis serta pala.

Sesudah Si Kecil berumur 18 bln. serta telah punya kebiasaan dengan makanan yang memiliki rasa pedas enteng, dapat diperkenalkan dengan type rempah beda yang memiliki rasa pedas lebih kuat seperti cabai atau lada hitam dalam jumlah sedikit.

Tapi, baiknya hati-hati waktu memberi cabai hijau fresh serta cabai merah bubuk. Ada peluang lidah serta perut Si Kecil termasuk peka, hingga tidak tahan dengan rasa pedas.

Di bawah ini sebagian contoh rempah-rempah dengan rasa pedas enteng yang bisa diberi pada Si Kecil :

  • Sedikit parutan jahe atau satu siung bawang putih, yang bisa ditambahkan kedalam makanan Si Kecil.
  • Sedikit biji-bijian seperti jintan manis serta biji sawi yang ditumis dengan sedikit minyak untuk menaikkan rasa pada nasi goreng serta sayur.
  • Beri kunyit bubuk, jintan, serta ketumbar pada type masakan yang berkuah.
  • Bubuk kayu manis, pala, atau kapulaga bisa ditambahkan pada makanan manis seperti puding atau oatmeal.
  • Daun mint atau ketumbar bisa jadikan hiasan pada sayuran, kari, serta nasi.

Menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis pada bayi adalah langkah alami yang bisa memberi rasa yang beragam untuk makanannya tanpa ada mesti memberikan gula serta garam. Gula serta garam yang terlalu berlebih pada bayi dibawah umur 1 th. bisa buat ginjalnya bekerja sangat berat atau menyebabkan masalah kesehatan di masa mendatang.

Ketentuan untuk memberi makanan pedas pada Si Kecil yaitu pilihan orang-tua semasing. Bila anda menginginkan tetaplah memberi, kerjakan dengan bertahap yah serta janganlah membuatnya trauma. Buat saat makannya mengasyikkan.

Baca juga : Ketahui Tanda Atresia Bilier Serta Langkah Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *