Kumpulan Obat Untuk Anak Tercinta, Tradisional dan Medis

Posted on

Kumpulan Obat Untuk Anak Tercinta, Tradisional dan Medis – Sebagai orang tua tentunya kita selalu mendambakan si kecil selalu sehat dan tumbuh kembang dengan cepat. Untuk anda sebagai orang tua yang sudah berpengalaman mungkin tidak menjadi suatu masalah yang membuat bingung jika sikecil kesayangan mengalami gangguan kesehatan (sakit). Kebanyakan sakit yang diderita si kecil yaitu seperti demam, batuk, pilek, diare dll. Namun hal semacam ini sering menjadikan kecemasan bagi orang tua yang baru menjadi Ibu misalnya. Akan sangat cemas dan bingung jika anak pertamanya mengalami sakit. Biasanya sang Ibu meminta saran dari teman yang sudah berpengalaman atau pada orang tua bahkan pada mertua. Hal semacam itu wajar saja, karena Ibu mana yang tak cemas jika mendapati anaknya sakit yang biasanya disertai rewel yang minta ampun.

anak sehat keluarga bahagia

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman yang mungkin pernah juga anda alami sebelumnya. Bagi anda yang sedang mencari referensi obat untuk anak tercinta, silahkan baca artikel ini sampai tuntas, disini saya tuliskan beberapa penyakit yang sering menyerang anak-anak beserta obat tradisional dan juga obat medisnya.

Obat Tradisional Untuk Anak

Bahan-bahan alami yang saya tuliskan disini merupakan bahan-bahan yang mudah dijumpai atau tak sulit untuk didapatkan walau sebenarnya sangat banyak bahan obat alami tradisional untuk sikecil.

# Obat Penurun Panas, Demam, Batuk dan Pilek

  • Bawang Merah – Selain sebagai pelengkap bumbu masak, bawang merah juga ampuh untuk mengobati atau menurunkan panas demam pada anak. Caranyapun cukupmudah, yakni dengan memarut beberapa siung bawang merah dan ditambahkan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian punggung, pusar juga ubun-ubun.
  • Air Kelapa – Secangkir air kelapa ditambahkan sesendok teh madu murni dicampur dan diaduk sampai merata, setelah itu kukus sebentar saja sekiar 5-10 menit. Setiap 2 jam sekali diberikan pada anak sebanyak 3 sendok teh. Cara ini diberikan pada anak usia 8 bulan ke atas, jika anak anda kurang dari 8 bulan, maka ramuan air kelapa tersebut diminum sang Ibu kemudian anak tersebut beri ASI.
  • Kunyit – Dalam ilmu herbal, kunyit merupakan rimpang yang menjur untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Begitupun untuk anak kisaran usia 1-5 tahun, kunyit begitu manjur sebagai obat penurun panas. Satu ruas jari kunyit dibersihkan kemudian diparut, adapula yang membakarnya terlebih dahulu. Campurkan parutan kunyit dengan segelas air panas lalu peras dan saring airnya. Setelah itu tambahkan sesendok madu murni dan perasan jeruk nipis jika perlu bahkan sebagian Ibu menambahkan setengah butir kuning telur ayam kampung. Berikan pada anak yang demam 1-2 kali dalam sehari.
  • Jeruk nipis – Jeruk nipis terkenal ampuh untuk mengencerkan dahak. Begitu pula untuk batuk yang diderita sikecil bisa diatasi dengan perasan jeruk nipis ini, namun dosisnya tentunya berbeda dengan dosis orang deawasa.

# Obat Masuk Angin dan Perut Kembung

  • Bawang merah – Hampir sama seperti untuk mengatasi demam tinggi pada anak, bawang merah diparut kemudian diberi sedikit minyak telon dan dibalurkan pada sekitar perut terutama pusar.
  • Daun mengkudu – Bila tak ada daun mengkudu bisa menggunakan daun jarak. Pertama-tama bersihkan daun yang sudah disediakan kemudian panaskan. Setelah itu olesi dengan minyak kelapa baru kemudian tempelkan pada perut si kecil beberapa kali. Hal ini biasanya memicu sikecil buang gas (kentut).
  • Jahe – Boleh menggunakan jahe utuh maupun jahe yang sudah berbentuk bubuk (serbuk). setengah ruas jari atau seperempat jahe dicampurkan dengan setengah gelas air panas. aduk sampai merata, setelah hangat atau dingin, berikan pada anak penderita perut kembung 1-2 kali sehari.

# Obat Diare untuk anak

  • Daun jambu biji – 7 lembar daun jambu biji muda atau jambu kelutuk ditumbuk sampai halus, tambahkan segelas air panas kemudian aduk dan disaring airnya. Berikan pada anak satu sendok selang sejam atau dibuat 3 kali minum.

kumpulan obat anak tercinta

Obat Medis Untuk Anak

Sebagai orang tua tentunya anda harus pintar-pintar memilih obat ketika sikecil sakit. Tentunya tidak semua obat bisa cocok dengan anak anda. dibawah ini adalah beberapa obat yang direferensikan untuk anak-anak bila menderita sakit.

  • Parasetamol – Parasetamol atau asetaminen yaitu obat analgesik (penahan rasa sakit) serta antipiretik (turunkan panas/demam) yang populer serta dipakai untuk melegakan sakit kepala serta demam. Dipakai dalam beberapa resep obat analgesic, salesma serta flu. Obat ini aman dalam dosis standar, namun lantaran gampang dijumpai, pemakaian terlalu overdosis obat baik disengaja atau tak sengaja sering terjadi. Lain halnya dengan obat analgesik yang lain seperti aspirin serta ibuprofen, parasetamol tidak mempunyai karakter antiradang. Jadi parasetamol tak termasuk dalam obat type NSAID (Non Steroidal Anti-inflammatory Drugs). Dalam dosis normal, parasetamol tak menyakiti permukaan dalam perut atau mengganggu gumpalan darah, ginjal atau duktus arteriosus pada janin. Untuk anak, biasanya obat ini berjenis sirup dan kini banyak merek produknya. Harus dengan resep dokter atau sesuaikan dengan dosis anak.
  • Ibuprofen – Nama kimia ibuprofen adalah asam 2- (4-isobutil-fenil) -propionat yaitu semacam obat yang termasuk dalam grup antiperadangan non-steroid (nonsteroidal – anti imflammatory drug) serta dipakai untuk kurangi rasa sakit akibat arthritis (peradangan pada satu atau lebih persendian, yang dibarengi dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, serta terbatasnya bergerak). Ibuprofen juga termasuk dalam grup analgesik (memperingan sakit) serta antipiretik (turunkan demam). Obat ini di jual dengan merk dagang Advil, Motrin, Nuprin, Proris serta Brufen. Ibuprofen senantiasa dipakai sebagai obat sakit kepala. Diluar itu, obat ini dapat dipakai untuk kurangi sakit otot, nyeri haid, selesma, flu serta sakit selepas pembedahan. Ibuprofen ada pada dua enantiomer. Cuma ibuprofen saja yang dipakai sebagai penahan sakit. Kesibukan analgesik (penahan rasa sakit) Ibuprofen bekerja lewat cara hentikan Enzim Sikloosigenase yang berimbas pada terhambatnya juga sintesis Prostaglandin yakni satu zat yang bekerja pada ujung-ujung syaraf yang sakit. Kesibukan antipiretiknya (penurun panas) bekerja di hipotalamus dengan tingkatkan vasodilatasi (perluasan pembuluh darah) serta aliran darah peripheral. Ibuprofen dapat dibuktikan efisien serta aman untuk turunkan demam, tetapi tak disarankan untuk anak di bawah umur 6 bln. atau diberikan dalam periode waktu lama.
    Paracetamol ataupun ibuprofen dapat dibuktikan efisien turunkan demam serta direferensikan pada anak-anak. Tetapi harus digaris bawahi bahwa pemberian gabungan keduanya tak direferensikan lantaran belum ada riset yang menunjukkan efektivitasnya. Diluar itu pemberian gabungan ibuprofen serta parasetamol pada anak demam bisa tingkatkan resiko terjadinya rusaknya hati serta ginjal. Untuk anak, biasanya Ibuprofen ini berjenis sirup dan kini banyak merek produknya. Harus dengan resep dokter atau sesuaikan dengan dosis anak.
  • Aspirin – Aspirin atau asam asetilsalisilat (asetosal) yaitu semacam obat turunan dari salisilat yang kerap dipakai sebagai senyawa analgesik (penahan rasa sakit atau nyeri minor), antipiretik (turunkan demam), serta anti-inflamasi (peradangan), biasanya aspirin dan paracetamol digunakan untuk mengobati sakit gigi, salah satunya. Aspirin juga mempunyai efek antikoagulan serta bisa dipakai dalam dosis rendah dalam tempo lama untuk menghindar serangan jantung. Kepopuleran pemakaian aspirin sebagai obat diawali pada th. 1918 saat berlangsung pandemik flu di beberapa lokasi dunia. Semula pemakaian aspirin sebagai obat diprakarsai oleh Hippocrates yang memakai ekstrak tumbuhan willow untuk mengobati beragam penyakit. Lalu senyawa ini diperkembang oleh perusahaan Bayer jadi senyawa asam asetilsalisilat yang di kenal sekarang ini. Aspirin yaitu obat pertama yang di pasarkan berbentuk tablet. Terlebih dulu, obat diperdagangkan berbentuk bubuk (puyer).

Itulah kiranya yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Senyuman, canda, tawa anak tercinta merupakan kebahagiaan untuk orang tua.

Terimakasih sudah menyimak, semoga anda dan keluarga terutama anak tercinta selalu ada dalam keadaan sehat wal’afiat.

Aamiin…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *