KUTU AIR : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

KUTU AIR : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya – Musim hujan telah tiba, dimana sekarang ini pasti banyak kita jumpai genangan-genangan air di jalan. Hal semacam ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang yang memakai mobil, karena kakinya tidak terkena genangan air hujan dijalan secara langsung. Lain cerita dengan mereka yang setiap harinya berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda motor dalam kesehariannya. Genangan bekas air hujan yang mengenai kulit kaki secara langsung merupakan salah satu penyebab hadirnya kutu air pada kulit yang umumnya terjadi pada sela-sela jari kaki. Kutu air adalah infeksi menular dan dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas, atau nyeri pada kaki.

obat kutu air

Penyebab terjadinya kutu air

Mengetahui penyebab dan cara mengobatinya akan sangat membantu mengatasi kutu air hingga tuntas. Kutu air merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, maka dari itu disebut juga “tinea pedis” atau kaki atlet. Kuman jamur yang menjadi penyebabnya, secara alami memang lazim hidup di kulit kita dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Akan tetapi terkadang, jamur ini tumbuh berlebihan dan akhirnya menyerang kulit dan menyebabkan infeksi. Beberapa faktor yang menyebabkan jamur berkembang biak berlebih dan akhirnya menginfeksi kulit, yaitu karena jamur ini suka dengan lingkungan (kulit) yang lembab, hangat, dan pengap, maka dari itu penyakit ini sering kita jumpai pada sela-sela jari kaki.

Infeksi jamur yang menyebabkan kutu air dapat menyerang siapa saja yang sering berjalan tanpa alas kaki di lantai yang basah atau lembab misalnya kamar mandi, ruang ganti atau di kolam renang. Gejala Kutu Air Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab kutu air, mari kita berkenalan terlebih dahulu seperti apa tanda-tanda dan gejala bahwa seseorang terkena kutu air.

Tanda dan gejala kutu air adalah sebagai berikut :

  • Kulit kaki atau telapak kaki retak, mengelupas sering terdapat pada sela-sela antar jari kaki atau lipatan jari kaki.
  • Kulit tampak kemerahan dan gatal Jika sudah demikian biasanya akan terasa perih, nyeri, terutama ketika kena air.
  • Lepuh pada kaki bisa berkerak atau menjadi borok.
  • Kuku menjadi tebal dan mungkin berubah warna.
  • Kutu air juga dapat menyebar ke telapak kaki, pangkal paha, ketiak atau tangan terutama jika Anda menggaruk daerah yang terinfeksi dan kemudian menyentuh tempat lain.

obat kutu air

Jamur penyebab kutu air adalah jenis yang sama dengan jamur yang menyebabkan penyakit kurap. Seseorang akan lebih mungkin terserang kutu air jika memakai kaus kaki yang basah atau bekerja dalam kondisi basah dan lembab. Risiko akan meningkat jika berkeringat banyak, memakai sepatu plastik berlapis, atau mengalami cedera kuku atau kulit.

Jika seseorang yang sudah memiliki kutu air berjalan di lantai tanpa alas kaki, maka orang lain juga dapat terinfeksi dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai yang terkontaminasi. Demikian pula apabila menggunakan kaus kaki, sepatu, handuk, atau sprei yang ia gunakan.

Kuman jamur sebagai pemicunya, dengan cara alami memanglah umum hidup di kulit kita serta umumnya tak mengakibatkan permasalahan. Walau demikian kadang-kadang, jamur ini tumbuh terlalu berlebih serta pada akhirnya menyerang kulit serta mengakibatkan infeksi.

Langkah Menyembuhkan Kutu Air Bila gejalanya masihlah enteng, jadi obat kutu air yang banyak di jual di toko obat atau apotek yang dapat diperoleh tanpa ada resep dokter telah cukup ampuh menangani kutu air.

Obat Kutu Air : Anti Jamur Antijamur atau antifungsi bakal membunuh jamur hingga bisa menyingkirkan kutu air.

Sebagian obat antijamur yang bisa dipakai diantaranya : clotrimazole, terbinafine, miconazole, ketoconazole, serta sulconazole. Ada dalam beragam merek serta bentuk sediaan seperti cream atau salep, bubuk, cairan, serta tablet (mesti dengan resep dokter).

Apa pun obat kutu air salep yang Anda tentukan, langkah pemakaiannya nyaris sama :

Pertama bersihkan serta keringkan daerah yang terserang serta mengaplikasikan salep obat anti jamur langsung ke kulit yang terserang kutu air. Diluar itu harus juga meliputi sekitaran 3 cm kulit normal di sekelilingnya. Ingatlah untuk membersihkan tangan sebelumnya serta sesudah memakai obat salep kutu air.

obat kutu air

Beberapa macam cream atau obat salep kutu air memerlukan beberapa hari untuk menghilangkannya, serta perlu beberapa minggu sesudahnya supaya selesai hingga ke akarnya. Oleh karenanya, tetaplah pakai obat kutu air tesebut bahkan juga saat tanda-tanda sudah menghilang.

Bila alami infeksi jamur pada kuku, jadi umumnya memerlukan obat antijamur tablet yang dipadukan dengan salep. Tablet juga umumnya diresepkan cuma untuk menyembuhkan kutu air yang kronis atau dalam kondisi saat obat temaal (beri) umum tak bekerja. Pakai Hidrokortison.

Dalam kondisi spesifik saat rasa sakit serta peradangan demikian kronis, jadi bisa memakai penyembuhan anti radang yang memiliki kandungan bahan yang dimaksud hidrokortison. Bahan ini begitu bermanfaat dalam kurangi peradangan serta menyingkirkan iritasi. Obat cream yang memiliki kandungan hidrokortison dosis rendah bisa dengan gampang diperoleh, namun butuh resep untuk penyembuhan hidrokortison yang lebih kuat. Namun ingat cuma pakai obat ini beberapa hari saja, sesudah peradangan serta iritasi hilang, jadi selekasnya berpindah ke penyembuhan anti jamur untuk menyingkirkan kutu air.

Tips Menghilangkan Kutu Air

Rendam kaki yang mengalami kutu air dengan minyak pohon teh (tea tree oil) serta garam dapur. Hal ini bisa menolong membunuh jamur serta menghindar penyebaran. Isi wadah dengan air hangat. Berikan 3 sendok makan garam serta 1 sendok makan tea tree oil. Rendam kaki dalam kombinasi ini sepanjang 30 menit. Sesudah di rendam, pakai batu apung untuk menyingkirkan kulit mati serta kapalan pada kaki. Hati-hati meniadakan kulit bersisik yang ada di sekitaran kuku kaki serta diantara jari kaki, lakukaan dengan lembut jangan pernah berdarah. Keringkan kaki dengan handuk bersih. Jika memang perlu pakai pengering rambut untuk menyingkirkan kelembapan.

Seseorang bisa menghindari supaya kutu air tidak kambuh lagi atau jangan pernah tertular lewat cara seperti berikut :

  • Bersihkan kaki secara detail dengan air serta sabun sehari-hari, serta keringkan.
  • Keringkan kaki sesudah mandi, terutama disela-sela jari kaki.
  • Menggunakan kaus kaki tidak tebal, serta yakinkan untuk kerap menggantinya, supaya kaki bersih serta kering.
  • Senantiasa pakai sandal jepit atau alas kaki berongga (berventilasi). Ingat jamur penyebabnya kutu air sukai dengan kelembaban serta pengap.

Catatan : “Tidak semua jenis obat kutu air pas untuk siapa saja, wanita yang tengah hamil, atau anak-anak dibawah 12 th. mesti berkonsultasi dengan doktersebelum memakai obat apa pun.

obat kutu air

Bahan Alami Untuk Menyingkirkan Kutu Air

1. Minyak kelapa – Minyak kelapa begitu efisien untuk bersihkan jamur. Minyak kelapa mempunyai kekuatan menghalangi perkembangan jamur hingga ideal dipakai untuk mengobati kutu air. Asam laurat adalah komponen utama minyak kelapa yang mempunyai karakter anti jamur serta anti inflamasi.

Caranya adalah :

  • Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terserang kutu air, serta biarlah bahan aktifnya melawan kutu air.
  • Bila sudah mengering, basuh dengan air hangat kemudian keringkan.
  • Ulangi hal tersebut kira-kira 2x dalam sehari.

2. Tea tree oil (minyak pohon teh) – Herbal lain yang bermanfaat meredakan kutu air yaitu tea tree oil.

Caranya adalah :

  • Berikan minyak herbal ini ke daerah yang alami infeksi untuk membunuh mikroba dan mempercepat pengobatan kutu air.
  • Bila sudah mengering, basuh dengan air hangat kemudian keringkan.
  • Ulangi hal tersebut kira-kira 2x dalam sehari.
  • Walau mungkin saja tak seutuhnya mengobati kutu air, tea tree oil efisien untuk tingkatkan kesehatan kulit.

3. Cuka apel – Jamur pada kaki bakal mengakibatkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Kembalikan nilai pH pada kulit adalah satu diantara langkah membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel adalah satu diantara bahan alami yang di kenal dapat menolong mengatur pH kulit.

Caranya adalah :

  • Buat larutan cuka apel serta air dengan perbandingan satu banding satu.
  • Rendam kaki yang terserang kutu air dalam larutan itu sekitar 20-25 menit sehari-hari kemudian biarkan kering.
  • Bila sudah mengering, basuh dengan air hangat kemudian keringkan.
  • Ulangi hal tersebut kira-kira 2x dalam sehari.

4. Air garam – Satu diantara langkah paling mudah mengobati kutu air yakni dengan memakai larutan air garam. Larutan air garam sangat di kenal mempunyai karakter anti jamur.

Caranya adalah :

  • Campur 2 sendok teh garam dalam baskom diisi air hangat
  • Rendam kaki sepanjang 10 -15 menit atau sampai air menjadi dingin.
  • Gunakan lap bersih dan lembut untuk mengeringkannya.
  • Ulangi hal tersebut kira-kira 2x dalam sehari atau bila terasa gatal pada kulit yang terserang kutu air.

5. Teh – Teh memiliki kandungan asam tannic yang tidak cuma menghancurkan jamur namun juga menolong kurangi rasa gatal akibat kutu air.

Caranya adalah :

  • Panaskan sekitaran 1, 5 liter air hingga mendidih.
  • Masukan 6 kantong teh celup ke air panas.
  • Biarlah air jadi hangat
  • Rendam kaki yang terinfeksi sepanjang 1/2 jam atau sampai air menjadi dingin.
  • Gunakan lap bersih dan lembut untuk mengeringkannya.
  • Ulangi hal tersebut kira-kira 2x dalam sehari atau bila terasa gatal pada kulit yang terserang kutu air.

6. Bawang Putih – Bawang putih adalah bahan herbal yang memiliki kandungan banyak nutrisi seperti minyak atsiri serta allicin. Keduanya berguna sebagai antiseptik, anti bakteri, dan anti inflamasi. Kandungan senyawa itu bila dioles-oleskan pada kulit yang terserang kutu air dapat membunuh jamur penyebabnya kutu air. Diluar itu, kandungan senyawa anti inflamasi pada bawang putih juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat kutu air yang sangat gatal.

Caranya adalah :

  • Tumbuk satu siung bawang putih lalu melekatkannya di kulit kaki yang terserang kutu air.
  • Anda dapat membalutnya memakai kain atau perban hingga tumbukan bawang putih dapat melekat di kulit.
  • Biarlah tumbukan bawang putih itu melekat di kulit Anda sepanjang 6 jam.
  • Kerjakan cara yang sama tiap-tiap 6 jam sekali hingga jamur-jamur penyebabnya kutu air bakal cepat mati.

Cara lainnya :

  • Tumbuk bawang putih sampai mengeluarkan air.
  • Oleskan air tadi pada kulit yang terkena kutu air.
  • Lakukan hal tersebut jika tang pertama sudah mengering.

obat kutu air

7. Daun Talas – Umumnya orang mungkin saja bakal menduga bila daun talas hanya daun umbi-umbian yg tidak mempunyai manfaat apapun. Tetapi, daun talas nyatanya dapat dipakai untuk menyembuhkan kutu air.

Caranya adalah :

  • Ambil kulit ari daun talas lalu balutkan di bagian kulit yang terserang kutu air.

Daun talas mempunyai kandungan antibiotik alami yang bermanfaat untuk menghindar infeksi, satu diantaranya infeksi jamur penyebabnya kutu air. Daun talas memiliki kandungan anti-oksidan alami yaitu polifenol yang bermanfaat untuk meredakan tanda-tanda kutu air serta mencegahnya makin kronis. Bahkan juga polifenol juga efisien untuk tingkatkan ketahanan tubuh.

Daun talas memiliki kandungan zat antiseptik alami bernama saponin yang efisien untuk membunuh jamur penyebab kutu air.

Tetapi waktu memakai daun talas sebagai obat kutu air Anda baiknya hati-hati sebab getah pada daun talas dapat menyebabkan resikonya yaitu gatal-gatal.

8. Daun Sirih – Daun sirih adalah bahan herbal yang mempunyai karakter antiseptik. Daun sirih efisien untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Untuk menyembuhkan kutu air, anda cukup merebus sirih berbarengan dengan garam. Gabungan pada daun sirih serta garam adalah paduan antiseptik yang efisien untuk pembunuh kuman. Setelah itu Anda dapat memakai air rebusan sirih serta garam itu untuk merendam kaki yang terserang kutu air.

Kerjakan cara itu dengan teratur sampai kutu air anda hilang (sembuh).

9. Daun Sirsak – Daun sirsak sudah terkenal manfaatnya sebagai bahan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Gatal-gatal karena jamur di badan dapat diatasi dengan cara mandi air rebusan daun sirsak. Begitu pula dengan masalah kutu air, air rebusan segenggam daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengobati kutu air.

Sebagian orang menambahkan garm agar hasilnya lebih cepat.

Baca : 16 Manfaat daun sirsak untuk pengobatan tradisional

10. Tembakau – Anda mungkin saja kerap mendengarnya, tetapi memanglah bahan alami ini kerap kita dapatkan berbentuk rokok. Butuh di ketahui kalau manusia bisa konsumsi tembakau, memakainya sebagai pestisida serta bahkan juga memakainya sebagai obat penyakit kulit ampuh. Ini adalah satu kenyataan bahwa tembakau juga mempunyai dampak baik yang besar untuk pengobatan bermacam penyakit kulit, jadi bisa dicoba langkah di bawah ini untuk mengobati kutu air Anda.

Caranya adalah :

  • Sediakan daun tembakau, lantas rajanglah serta keringkan.
  • Pakai air bersih seperlunya saja untuk membasahi.
  • Daun tembakau yang telah dibasahi dapat ditempelkan pada kulit yang terserang kutu air.
  • Manfaatkanlah kain bersih untuk membalut agar semua kandungan antibakteri yang ada didalam daun tembakau dapat dibantu sistem penyerapannya ke kulit jadi lebih optimal.

11. Minyak Kayu Putih – Apabila digigit nyamuk, umumnya hal yang dengan cara reflek dikerjakan oleh umumnya orang yaitu memoleskan minyak kayu putih ke sisi kulit yang bentol. Minyak kayu putih juga umumnya dipakai untuk yang tengah terasa tak enak badan lantaran masuk angin untuk memperoleh rasa hangat yang didapatkan dari minyak ini.

Minyak esensial alami ini sesungguhnya adalah ekstrak daun kering yang aslinya dari pohon eucalyptus serta beragam kandungan baik ada didalam minyak kayu putih ini.

Sifat-sifat baik yang bisa diketemukan pada minyak ini yaitu anti-spasmodik, antibakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi. Memanglah dapat kita saksikan kalau minyak ini tak memiliki warna yang khas serta berwarna bening saja, namun rasa serta baunya begitu khas hingga sering jadikan sebagai aromaterapi. Bila untuk menyembuhkan luka lecet saja dapat, pasti kutu air juga bakal dengan mudah di hilangkan oleh minyak ini. Kandungan baik didalam minyak ini begitu bagus untuk penambahan kesehatan kulit, jadi selain murah serta gampang didapat, minyak kayu putih bakal memberi keuntungan untuk Anda dalam soal pengobatan kutu air.

Caranya adalah :

  • Cukup ambilah sebotol minyak kayu putih.
  • Tuangkan seperlunya ke telapak tangan lantas oleskan ke ruang kulit yang terserang oleh kutu air.
  • Janganlah cuma sekali atau 2 x gunakan saja, tetapi harus memakai bahan ini dengan cara seringkali supaya kutu air lebih cepat dibasmi.

Lebih mencegah daripada mengobati, sebelum kutu air datang melanda sebaiknya anda mencegahnya dengan cara menjaga kebersihan kaki atau tangan anda. Jangan biarkan basah dan lembab. Pakailah kaos kaki yang bersih dan cuci berkala agar kesehatan kulit kaki tetap terjaga.

Terimakasih sudah menyimak, salam sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *