16 Manfaat Asam Jawa Sebagai Obat Tradisional

Posted on

Manfaat Asam Jawa Sebagai Obat Tradisional untuk kesehatan

Asam Jawa memang bisa dikatakan sebagai tanaman yang serbaguna, Mengingat semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat yang mampu mengobati penyakit berat sekalipun. Buah/bijinya, Daun, Batang dan kulit pohon asam jawa sudah sejak lama dimanfaatkan untuk dijadikan obat tradisional.

Asam Jawa atau asem sudah sejak lama sekali bersahabat dengan dapur masak di Indonesia, asam jawa dijadikan bumbu sebagai sumber rasa asam yang alami misalnya pada sayur asam. Asam Jawa juga selalu hadir pada sambel rujak atau petis. Namun tahukah anda, dibalik rasa asamnya yang kuat, asam jawa juga memiki hasiat atau manfaat untuk kesehatan dan kali ini akan kita bahas tentang semua manfaat dari seluruh bagian yang dimiliki asam jawa.

Manfaat asam jawaAsam jawa memiliki nama latin Tamarindus indica, Linn. Nama tamarindus atau tamarin dipercaya berasal dari bahasa arab, yaitu Tamrul hindi yang artinya kurma India. Mengapa demikian..? Selain karena buahnya menyerupai kurma, ternyata tanaman asam Jawa ini sangat produktif ditanam hampir di seluruh daerah di India. Namun ternyata tanaman ini aslinya berasal dari afrika.

Kita mulai dari buahnya, buah asam Jawa bertipe polong yang agak silindris, bentuknya tidak beraturan, ada yang lurus, namun banyak pula yang bengkok. Buah asam Jawa tidak merekah, berujung bulat dengan ukuran yan gmencapai 14 x 4 cm, banyak bijinya paling banyak 10 biji. Bentuk biji tidak beraturan, memipih membelah ketupat, berwarna coklat dengan urat merah dan teksturnya sangat keras. Daging buah muda berwarna putih kehijauan, setelah masak warnanya berubah menjadi merah kecoklatan dan menghitam. Rasa asam manis dan lengket disebabkan asam tartarat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat dan asam asetat yang dikandungnya, pada saat matang pun rasa asamnya tidak menghilang tetapi sedikit banyak diimbangi oleh meningkatnya kadar gula. Oleh karena itu, asam banyak dikatakan sebagai buah yang paling masam rasanya sekaligus paling manis.

Manfaat buah asam Jawa untuk kesehatan sebagai obat tradisional

Buah asam Jawa memiliki banyak manfaat dan dijadikan obat tradisional untuk mengobati berbagai macm penyakit.

  1. Membantu mengobati batuk kering – Walaupun bukan termasuk penyakit yang berat, namun batuk ini sungguh sangat menyiksa dan mengganggu aktifitas kita sehari – hari. Selain rasa gatal yang menggelitik, batuk ini membuat kita tidak nyaman. Buah asam Jawa ternyata bisa dijadikan obat untuk mengobati penyakit batuk. Caranya yaitu dengan merebus 3 buah polong asam Jawa dengan 3 gelas air, campurkan segenggam daun saga. Didihkan sampai air tersisa setengahnya, saring dan dinginkan. Minum secara rutin dua kali sehari tiap pagi dan sore hari.
  2. Membantu mengobati ambeien – Ambeien adalah penyakit yang berhubungan dengan anus sebagi alat pembuangan, dimana terjadi timbul benjolan yang  menyebabkan kesulitan saat BAB, tonjolan tersebut terasa sakit dan tidak nyaman saat duduk. Asam jawa ternyata bis adigunakan sebagai ramuan untuk mengobati ambeien. Caranya yaitu dengan merebus 1-2 gr asam Jawa, 6 gr daun keji beling, 6 gr meniran dan 3 gr temulawak. Semua bahan yan gsudah dibersihkan, direbus dengan 6 gelas air, didihkan sampai air tersisa setengahnya. Minum secara rutin 3 kali dalam sehari.
  3. Membantu mengobati sakit perut – Mungkin keadaan ini sudah sering kita alami terutama setelah memakan makanan yang pedas, terlalu masam dsb. Anda mungkin bisa saja dengan meminum obat kemasan yang sudah banyak beredar. Cobalah mengatasi sakit perut ini dengan membuat ramuan dari asam jawa. Caranya yaitu dengan merebus 3 buah polong asam jawa ditambah dengan gula aren secukupnya dengan 2 gelas air, didihkan smapai air tersisa setengahnya. Minum dua kali sehari sampai sekit sembuh. Cara lain yaitu dengan membuat minyak gosok dari asam jawa. Asam jawa yang sudah matang, ditumbuk dengan campuran kapur sirih dan minyak kayu putih. Aduk hinggga merata dan jadikan sebagi obat gosok.
  4. Mengobati sariawan – Asam jawa juga bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan merebus 3 buah polong dicampur dengan segenggam daun asam jawa dan beberapa irisan kunyit dengan 2 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas, tambahkan sedikit gula aren kemudian saring dan dinginkan, minum secara rutin 2 kali setiap hari.
  5. Mengobati sakit panas – Sakit panas yang menyebabkan demam seringkali datng menyiksa dan tak kenal usia. Ramuan dari asam jawa ternyata juga mampu mengobati panas dalam. Caranya yaitu dengan membuat minuman dari 2 buah polong asam jawa ditambah dengan garam seperlunya. Tambahkan segelas air panas dan aduk sampai merata. Minum dalam keadaan hangat sekali setiap hari.
  6. Mengobati borok – Borok merupakan penyakit kulit yang disebabkan luka terinfeksi. Sudah banyak yang menggunakan tanaman herbal untuk mengobati penyakit ini. Salah satunya adalah biji asam jawa. Beberapa butir biji asam jawa ditumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada luka borok dan gunakan perban agar bubuk biji asam jawa tetap menempel. Lakukan setiap hari dan ganti bubuk biji tersebut setiap sudah terasa kering. Buah dan biji asam jawa juga bisa mengobati penyakit kulit lainnya, Bisa dijadikan masker wajah untuk mengatasi jerawat, bisa juga untuk mengobati bisul, gatal – gatal, alergi kulit dan berbagai penyakit kulit lainnya.manfaat buah asam jawa
  7. Menghilangkan rasa lelah – Aktifitas yang padat memang menguras tenaga dan pikiran, selain istirahat yang cukup, asupan makanan yang bergizi, olah raga teratur, asam jawa juga mampu mengembalikan stamina. Seiring berjalannya waktu, sekarang ini sudah banyak produk minuman asam jawa, bebagai merek dan kemasan mudah kita temukan. Minuman berbahan asam jawa memang menyegarkan apalagi diminum saat istirahat dari aktifitas yang padat.

Manfaat asam jawa untuk kesehatan paling banyak adalah dari daunnya. Daun asam jawa sudah banyak ditemukan hasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai penyakit ringan hingga penyakit berat pun ternyata mampu diatasi dengan ramuan herbal daun asam jawa. Mungkin selama ini kita mengetahui manfaat daun asam jawa hanya sebagai tempat berteduh karena daun nya sangat rindang. Namun setelah membaca artikel ini, semoga pengetahuan anda tentang manfaat daun asam jawa ini bertambah dan hendak mencobanya.

Manfaat daun asam jawa untuk kesehatan sebagai obat tradisional – Sebenarnya daun asam jawa sudah lama digunakan untuk dijadikan obat herbal yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

  1. Membantu mengobati demam tingggi – Demam yang tinggi adalah keadaan terparah pada saat sakit demam, badan terasa panas dan juga dingin, hal ini menyebabkan gelisah dan rasa tidak nyaman. Hasiat dari daun asam jawa ini ternyata bisa membantu mengobati panas demam tinggi. Caranya yaitu dengan merebus segenggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya. rebus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Saring dan dinginkan untuk diminum setiap pagi dan sore hari.
  2. Mengobati luka dan pendarahan – Mungkin sebagian dari anda baru saja mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka pada bagian tubuh anda. Cobalah mengobati luka anda dengan bahan alami yaitu dari daun asam jawa. Kunyahlah daun asam jawa secukupnya, kemudian lumatkan bagian yang luka, mka luka akan ceapt kering dan pendarahan cepat berhenti.
  3. Mengobati sariawan – Selain dengan memanfaatkan buahnya, ternyata daun asam jawa pun bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Benar – benar tanaman serbaguna memang. Cara untuk membuat ramuan untuk mengobati sariawan adalah dengan merebus segenggam daun asam jawa, dicampur dengan sedikit irisan kunyit. Direbus dengan 3 gelas air, didihkan sam pai air tersisa setengahnya, saring dan dinginkan kemudian minumsaat hangat secara rutin dua kali setiap hari.
  4. Menghilangkan nyeri dan bau amis pada saat haid – Kondisi ini hanya dialami oleh kaum perempuan, karena laki – laki tidak mungkin mengalami haid. hehehe… intermeso. Keluhan nyeri dan bau amis saat haid memang sering dialami oleh sebagian wanita. Ada banyak obat herbal untuk mengatasi keluhan ini, salah satunya adalah menggunakan daun asam jawa. Caranya yaitu dengan menumbuk segenggam daun asam jawa ditambah 2 jari rimpang kunyit. Tumbuk sampai merata kemudian rebus dengan segelas air panas, saring dan dinginkan kemudian minum secara rutin setiap hari saat haid.
  5. Membantu menurunkan kadar kolesterol – Selain faktor usia, hal yang mendasari terjadi kenaikan kadar kolesterol adalah asupan makanan yang kurang sehat. Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan menimbulkan penyakit lainnya. Daun asam jawa dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara yaitu dengan menumbuk segenggam daun asam jawa sampai halus, kemudian rebus dengan segelas air, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat 3 kali setiap hari.manfaat daun asam jawa
  6. Mengobati penyakit kulit – Daun asam jawa sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti eksim, bisul, borok dan masih banyak lagi macamnya. Caranya yaitu dengan menumbuk segenggam daun asam jawa dan sedikit irisan rimpang kunyit. Bahan yang sudah ditumbuk halus kemudian dilumatkan atau ditempelkan pada kulit yang luka, gunakan perban agar bubuk tumbukan tidak lepas.
  7. Mengobati penyakit campak – Pada umumnya campak terjadi pada anak – anak. Campak adalah penyakit menular yang hanya dialami sekali seumur hidup. Daun asam jawa ternyata juda mampu mengobati penyakit campak ini. Caranya yaitu dengan merebus 2 genggam daun asam jawa ditambah dengan sedikit irisan rimpang kunyit. Rebus dengan 2 gelas air dan didihkan sampai air tersisan setengahnya. Tambahkan gula aren secukupnya, saring dan dinginkan air rebusan kemudian minum secara rutin dua kali sehari.
  8. Membantu mengobati rematik – Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang tergolong lanjut usia. Selain faktor aktifitas yang sangat padat, asupan makanan pun menjadi penyebabnya. Sakit ini menyebabkan pegal linu dan rasa nyeri pada persendian. Hasiat daun asam jawa ternyata juga bisa membantu mengobati penyakit rematik dan semacam nya seperti encok dan asam urat. Caranya yaitu dengan mengoleskan tumbukan segenggam daun asam jawa dan bijinya pada bagian sendi yang sakit.
  9. Mengatasi masalah kulit – Masalah kulit seperti jerawat, bisul, borok, gatal – gatal, kulit kusam dsb ternyata dapat diatasi dengan daun asam jawa ini. Seringlah meminum ramuan asam jawa agar kulit tampak lebih kencang dan lebih cerah.

Daun asam jawa juga bisa meningkatkan setamina, menjaga kesehatan kulit, mengobati luka, membantu program diet dan masih banyak lagi. Tak hanya buah, biji dan daun asam jawa yang bermanfaat, namun kulit pohonnyapun ternyata bisa digunakan untuk mengobati penyakit asma dan sesak napas. Batang pohonnya pun bisa digunakan untuk bahan bangunan, dan yang kecil – kecilny abisa untuk kayu bakar.

Baca Pula Artikel Buah lainnya :

 

Memang benar – benar tanaman serbaguna ternyata tanaman asam jawa ini. Saat ini, berbagai produk minuman dari asam jawa sangat banyak dengan harga dan kemasan yang variatif dan menggoda untuk mencobanya. Tak hanya dijadikan minuman, tapi juga Asam Jawa Bermanfaat sebagai bahan kue.

Tanaman yang dulunya kita hanya tahu sebagai bumbu dapur dan daun nya untuk berteduh, ternyata banyak manfaat nya untuk kesehatan. Terimaksih telah membaca artikel ini, semoga hari anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *