23 Manfaat Buah Alpukat, Daun dan Biji nya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Buah Alpukat, Daun dan Biji Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Ya, Alpukat buah yang memiliki rasa manis, dan juga  pulen ini memiliki nama latin persea americana mungkin nama americana tersebut karena buah alpukat ini berasal dari amerika selatan dan meksiko. Persea americana sendiri memiliki arti “tumbuhan penghasil buah meja”. Dalam bahasa inggris, buah ini memiliki nama avocado. Mungkin sebelumnya kita menyangka bahwa buah alpukat ini asli dari negara kita, karena sejak kita lahir, kita sudah banyak melihat tanaman alpukat ini tumbuh subur di pekarangan rumah atau di kebun belakang rumah. Namun ternyata, buah alpukat ini berasal dari negara amerika tengah dan meksiko. Masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad 19.

manfaat buah alpukat

Buah alpukat yang matang, dagingnya berwarna kuning menggoda. Kita bisa mengkonsumsi nya dengan cara dibuat jus, es campur, di rujak dengan susu, dimakan langsung bahkan tak sedikit yang mengkonsumsi buah alpuket ini dengan cara digoreng sebagai teman nasi pengganti lauk pauk  dan sayuran.

Tak kalah dengan rasanya yang sangat enak, buah alpukat ini ternyata banyak memiliki hasiat untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah banyak dibuktikan dan digunakan oleh para ahli kesehtan dan pakar kecantikan. Tak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, ternyata daun dan biji alpukat pun memiliki hasiat dalam ilmu kesehatan.

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Alpukat atau avokad sangat kaya akan protein, mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang sangat bermanfaat. Alpukat juga mengandung vitamin B kompleks, riboflavin dan niasin turut terkandung di dalamnya. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi, mengandung lemak baik, kalium, vitamin E dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

  1. Membantu mencegah stroke – Stroke terjadi karena adanya penyumbatan atau pembengkakan pada pembuluh darah yang menyuplai darah ke jaringan otak. Asam folat yang terkandung didalam buah alpukat ini bisa membantu pencagahan penyakit stroke dengan membantu melancarkan suplai darah ke otak.
  2. Menurunkan kadar kolesterol – Kandungan yang dimiliki buah alpukat ini juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kadar kolesterol meningkat, dihawatirkan akan timbul penyakit – penyakit yang berbahaya. Lemak tak jenuh yang dimiliki buah alpukat bisa membantu mengurangi lemak jenuh didalam tubuh.
  3. Menjaga kesehatan mata – Kelainan mata seperti degenerasi makula dan katarak bisa dicegah dengan kita rutin mengkonsumsi buah alpukat. Apa alasannya..? Alpukat memiliki kandungan lutein lebih banyak dibandingkan dengan buah – buahan lainnya. Lutein adalah sebagian dari karotenoid yang diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman secara alami.
  4. Mengobati sakit magg – Kandungan yang dimiliki oleh biji alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit magg. Yaitu dengan cara merebus parutan biji alpukat, kira – kiraa 3 biji. Rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi satu gelas. Saring dan dinginkan, bisa diminum saat dingin atau saat masih hangat. Minum 2 kali sehari secara rutin.
  5. Mengobati sakit gigi – Sakit gigi ternyata juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan biji dari buah alpukat caranya adaalah dengan menumbuk biji alpukat sampai halus. kemudian dicocokan ke gigi yang sakit atau berlubang. lebih efektif bila dicampur denga minyak pala dan menggunakan kapas untuk mengoleskan atau mencocokannya kedalam gigi yang berlubang.
  6. Menghilangkan racun dalam tubuh – Buah alpukat juga saangat kaya antioksidan yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Konsumsi buah alpukat setiap hari agar racun dalam tubuh tak ada yang mengendap atau terbawa oleh darah.
  7. Mengobati diabetes mellitus – Tak hanya buah dan daun nya saja yang bisa kita ambil manfaat nya dari buah alpukat. Biji nya pun bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit diabetes mellitus. Caranya adalah dengan merbus biji alpukat yang sebelumnya sudah dikeringkan dengan cara di oven, dipanggang atau yang sudah diiris kecil kemudian dijemur. Rebus biji alpukat dengan 3 gelas air sampai menjadi segelas, saring dan dinginkan kemudian minum dua kali setiap hari.
  8. Membantu mengobati gagal ginjal – Kandungan yang ada pada biji buah alpukat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu mengobati penyakit gagal ginjal. Caranya adalah dengan mengeringkan biji alpukat yang sudah diiris  tipis, setelah kering, giling biji alpukat hingga menjadi serbuk. Seduh 3 kali setiap hari seperti hal nya anda menyeduh kopi.
  9. Mengobati sakit perut – Untuk mengobati sakit perut, anda bisa memanfaatkan hasiat dari daun buah alpukat. Caranya dengan meebus 5 lembar daun alpukat ditambah dengan daun jambu batu 5 lembar dengan satu gelas air dijadikan setengahnya. Dinginkan air rebusan, saring dan minum hangat lebih efektif untuk penyembuhan.
  10. Mencegah pertumbuhan sel kanker – Pada dasar nya setiap manusia memiliki sel kanker, namun sel kanker tersebut bisa dicegah supaya tidak tumbuh dan menyebar. Faktor asupan makanan merupakan salah satu penyebabnya. Mengkonsumsi buah alpukat setiap hari dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut. Karena buah alpuket sangat kaya akan vitamin, mineral dan zat – zat lain yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.
  11. Mencegah penyakit Alzheimer – Penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah memasuki usia lanjut. Yaitu adanya gangguan pada syaraf – syaraf otak, sehingga otak tampak mengerut. Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari hari dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer.
  12. Mengobati sariawan – Untuk mengobati sariawan anda bisaa memanfaatkan hasiat buah alpukat dan juga daun alpukat. Karena kandungan yang dimiliki alpukat sudah terbukti bisa membantu menyembuhkan sariawan bila dikonsumsi secara rutin setiap hari.
  13. Membantu mengobati hipertensi – Buah alpukat memiliki kandungan potasium juga kalium yang berperan untuk mengontrol tekanan darah. Tak hanya buahnya, daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati hipertensi. Yaitu dengan cara meminum air rebusan daun alpukat rutin setiap hari.
  14. Mengobati peradangan – Kandungan biji buah alpukat juga sudah banyak digunakan untuk mengobati peradangan untuk luka luar. Sedangkat untuk luka dalam anda bisa memanfaatkan hasiat dari rebusan daun alpukat.
  15. Mengontrol gula darah – Serat yang tinggi yang dimiliki buah alpukat ini mampu mengontrol dan mrmpertahankan tingkat gula darah tetap stabil. Lemak tak jenuh yang dimiliki buah alpukat dapat mengembalikan resistensi insulin yang nanti nya berfungsi sebagai pengontrol gula darah.
  16. Membantu mengobati kencing batu – Sering juga disebut batu ginjal adalah semacam penyakit yang menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Pengobatan tradisional sudah banyak membuktikan hasiat dari daun buah alpukat untuk mengobati penyakit batu ginjal ini. Zat alkolid, flavonoid dan saaponin merupakan zat yang ampuh mengobati batu ginjal. Caranya adalah dengan merebus 5-10 lembar daun alpukat yang sudah tua dan harus dibersihknan terlebih dahulu. Rebus dengan segelas air sampai menjadi setengahnya. Saring ampas nya dan minum setelah air dingin atau hangat. Minumlah rutin dua kali setiap hari selama daua minggu. Jika batu ginjal hancur, keluar seperti kerikil saat buang air kecil, mengkonsumsi ramuan ini bisa dihentikan.
  17. Memaksimalkan proses penyerapan nutrisi – mengkonsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari dapat membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh. Hal ini sudah banyak dibuktikan. Karena alpukat dapat meningkatkan karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali lipat.
  18. Mengobati sakit pinggang – Untuk mengobati sakit pinggang, pengobatan tradisional banyak memanfaatkan hasiat dari daun buah alpukat. yaitu dengan merebus 5-10 lembar daun alpukat segar dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas air. embunkan  selama saatu malam dan diminum keesokan harinya. Minum lah secara rutin setiap hari sampai sakit yang dirasaa sudah hilang.
  19. Untuk Ibu hamil dan menyusui – Untuk Ibu hamil dan menyusui sangat baik bila mengkonsumsi buah alpukat. Karena alpukat memiliki segudang hasiat dari nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan

Seiring dengan berkembngnya zaman, para pakar kecantikan dan kosmetik sudah banyak mamanfaatkan buah alpukat sebagai bahan utamanya di antara fungsi buah alpukat tersebut antara lain.

alpukat untuk kecantikan

  1. Sebagai masker wajah – Sudah banyak kita jumpai berbagai mavcam produk masker alpukat untuk kecantikan. Kandungan vitamin, nutrisi dan mineral yang dimiliki buah alpukat sangat baik sebagai anti oksidan dan antiaging sehingga buah alpukat bisa menghilangkan kerut di wajah sebagai tanda – tanda penuaan. Buah alpukat ini juga bisa mengencangkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat, plek hitam di wajah, mengecilkan pori – pori dan mengatasi kulit berminyak.
  2. Melembabkan kulit – Kemajuan teknologi mengiri berkembangnya penemuan – penemuan didunia kosmetik dan kesehatan. Alpukat merupakan buah pilihan para pakar dalam ilmu kecantikan. Sekarang ini sudah banyak produk kecantikan berbahan dasar buah alpukat ini. Salah satu contohnya sebagai lotion yang mampu menghaluskan dan melembabkan kulit, hal itu dikarenakan kandungan nutrisi lengkap yang dimiliki buah alpukat.
  3. Pembersih kulit gelap – Kulit  gelap dan terlihat tidak kering atau tidak segar terkadang membuat kita minder atau kurang percaya diri.  Hal ini dapat diatasi dengan mencoba menggunakan hasiat buah alpukat yang sudah dikemas menjadi produk kecanntikan seperti sabun mandi atau juga scrube.
  4. Penghalus rambut – Buah alpukat juga berperan untuk kesuburan rambut di dalam dunia kecantikan. Sudah banyak krimbat rambut dengan mencampurkan hasiat buah alpukat didalamnya. atau juga mudah kita temui pada produk shampo untuk menghaluska rambut. Hal tersebut tidak lain karena kandungan yang dimiliki buah alpukat ini sungguh sangat banyak manfaatnya.

Sekian penjelasan tentang manfaat buah alpukat ini, semoga kita dapat memetik kebaikan dari membaca artikel ini. Semoga kita selalu berada dalam keadaan sehat, baik rohani maupun jasmani. Aaminnnn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *