Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh dan Obat Tradisional

Posted on

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh bunga melati untuk kesehatan Bunga melati adalah bunga yang memiliki harum yang sangat has. Jenis bunga yang berasal dari negara mediterania ini sangat banyak. Namun di Indonesia sendiri bunga melati yang paling terkenal adalah bunga melati putih atau jasminum sambac. Bunga ini sangat indah dan memiliki wangi yang has dan mempesona membuat bunga melati ini banyak digunakan sebagai bahan parfum dan kosmetik. Namun harus anda ketahui, ternyata bunga melati ini juga sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit karena bunga melati mengandung senyawa kimia yang bermanfaat seperti jasmon, asetat benzilic, alcohol benzilik, linalcohol dan indole. Bunga ini sudah melekat kuat dengan budaya Indonesia, mungkin sudah menjadi syarat dalam acara pernikahan beberapa adat pernikahan di Indonesia. Jenis melati ini bahkan dijadikan sebagai ” puspa bangsa ” atau simbol nasional yang melambangkan kesucian dan kemurnian.bunga melati simbol puspa bangsa

Seiring dengan perkembangan zaman, tekhnologi pun sudah semakin canggih. Bunga melati ini sudah diekstrak menjadi ekstrak bunga melati yang dimanfaatkan untuk pengobatan, kecantikan serta parfum yang wanginya sangat menggoda, penghias rangkaian bunga dan sebagai bahan campuran misalnya teh melati yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Berikut ini akan admin menjelaskan tentang manfaat yang dapat kita peroleh dari bunga melati.

21 Manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh

  1. Mengobati sesak nafas – Kandungan yang dimiliki bunga melati sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Daun nya pun bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sesak nafas atau asma. Caranya dengan meminum air rebusan daun bunga melati sekitar 15-20 helai daun yang ditambah dengan sedikit garam. Rebuslah daun tersebut dengan 3 gelas air sampai menjadi segelas air. Saring, dinginkan dn kemudian minum saat hangat atau pun  dingin. Minum dua kali sehari sampai sakit yang diderita sudah terasa sembuh.
  2. Mencegah kolesterol – Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh biasanya dikarenakan asupan makanan yang tidak sehat atau mengandung lemak jenuh. Kolesterol jahat ini adalah penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bertugas menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Jika sudah terjadi penyumbatan, maka aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan lancar dan bisa memicu penyakit – penyakit lainnya seperti penyakit jantung. Ekstrak teh bunga melati diyakini mampu memerangi kolesterol jahat ini. minum lah secara rutin setiap pagi, sore dan maalam hari. Atau juga dengan meminum rebusan bunga melati rutin setiap hari.
  3. Meringankan stres sebagai relaksasi – Kandungan bunga melati juga bersifat relaksasi atau menenaangkan. Stress bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya terlalu lelah bekerja atau masalah yang terlalu berat. Bersantailah sejenak, nikmati secangkir teh melaati ynang hangat dan rasakan sensasi kedamaian dari rasa dan aroma dari ekstrak melati dalam teh tersebut.
  4. Mencegah terjadinya stroke – Teh melati sudah banyak terbukti memiliki banyak hasiat untuk kesehatan. salah satu nya melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Penyakit stroke terjadi karena adanya pembengkakan atau penyumbatan pada pembuuh darah sehingga suplai darah ke otak terganggu dan tidak lancar menyebabkabkan sebagian organ di otak tidak berfungsi. Meminum teh melati dan rebusan bunga melati secara rutin setiap pagi dan malam hari, dapat membantu mencegah terjadinya penyakit stroke ini.
  5. Menyeimbangkan kadar gula darah – Kadar gula dalam darah haru selau seimbang. Jiga kadar gula dalam darah terlalu tinggi, maka akan beresiko terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Manfaatlah hasiat dari rebusan air bunga melati. Rebuslah 7-10 helai bunga melati dengan 3 gelas air saampai menjadi segelas. Saring dan minum setelah dingin. Minum secara rutin setiap hari sekali.
  6. Mencegah pertumbuhan sel kanker – Penyakit ini terjadi karena adanya racun dalam darah yang menyebar ke seluruh tubuh. Racun – racun ini dapat diatasi atau dicegah dengan mengkonsumsi rebusan daun bunga melati yang sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan ini mampu menangkal racun dan radikal bebas dalam darah.
  7. Mencegah penuaan dini – Kandungan antioksidan yang dimiliki bunga melati mampu menangkal radikkal bebas dan racun – racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sekarang ini sudah banyak produk yang membuat ramuan bunga melati berbentuk teh atau sering kita sebut dengan nama teh bunga melati. Minumlah teh melati setiap hari, tentunya dibarengi dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. teh melati untuk kesehatan
  8. Mengobati sakit mata – Sakit mata ini meliputi mata merah, mata bengkak, iritasi mata dan mata belekan. Banyak sekali memang faktor penyebabnya. Kandungan yang dimiliki bunga melati bisa membantu menyembuhkan sakit mata dengan cara meremas segenggam bunga melati sampai halus kemudian tempelkan disekitar mata, jangan sampai terkena mata bagian dalam. Jika remasan bunga melati sudah mengering, ganti dengan hasil remasan yang baru. Lakukaan hal ini setiap hari dan malam sampai sakit sembuh.
  9. Sebagai penawar racun dalam tubuh – Bunga melati kaya antioksidan yang mampu menjadi penawar racun daalam tubuh, bunga melati juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu peredarah darah dan proses metabolisme tubuh. Minumlah air rebusan bunga melati rutin setiap hari sekali.
  10. Mengobati insomnia – Insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya pekerjaan yang beran atau pikiran yang menyebabkan stress. bila hal ini dibiarkan maka kesehatan akan terganggu karena istirahat yang tidak normal. Bunga melati adalah salah satu tanaman yang bisa mengatasinya. Yaitu dengan merebus sekitar 10-15 gr akar bunga melati. Tumbuk kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas air, saring dan dinginkan. Minum setiap malam sebelum tidur.
  11. Mengobati panas demam anak– Hal ini sering terjadi pada anak anak, keadaan ini bisa sampai membuat orang tua kaget dan panik apalagi pasangan suami istri yang baru memiliki satu anak. Kandungan yang dimiliki bunga melati ini ternyata mampu menurunkan panas demam anak. Ambilah segenggam daun bunga melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas sampai halus. rendam beberapa saat pada wadah yang bersih menggunakan air panas. Air rendaman digunakan untuk mengompres dahi anak yang mengalami demam tersebut.
  12. Mengobati sakit kepala – Sakit kepala sangat mengganggu pada aktifitas kita sehari – hari. Jangan biarkan sakit kepala ini sampai ke tahap yang lebih parah. Teh melati adalah salah satu solusi untuk menyembuhkan sakit kepala ini. Konsumsi teh melati hangat setiap pagi, sore dan malam hari agar terhindar dari sakit kepala tersebut. Bisa juga dengan mengkompreskan tumbukan atau perasan bunga melati ke dahi selama sakit diderita.
  13. Mengatur sirkulasi darah – Tekanan darah dalam tubuh sangat lah harus diperhatikan, jiga terlalu tinggi maka dapat menimbulkan penyakit darah tinggi dan penyakit lainnya seperti diabetes. Hal tersebut bisa karena pembengkakan atau penyumbatan pembuluh darah. Minumlah ramuan rebusan bunga melati setiap hari secara rutin.
  14. Menghilangkan jerawat di wajah – Racun dalam darah bisa menimbulkan darah kotor yang memicu tumbuhnya jerwat diwajah. Tentunya sangat tidak nyaman bila anda mengalaminya, selain terasa sakit, jerawat di wajah juga terkadang membuat malu dan tidak percaya diri. Bunga melati adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat di wajah tersebut. Yaitu dengan cara Menumbuk segenggam bunga melati kemudian dicampur dengan sedikit belerang dan tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis. Oleskan hasil campuran itu ke jerawat dan diamkan kurang lebih 15-30 menit. Lakukan hal iu dua kali sehari setiap pagi sebelum mandi dan malam sebelum tidur. Jangan lupa bilas dengan air bersih.
  15. Mengobati radang ginjal – Ginjal berperan penting dalam metbolisme tubuh. Yaitu sebagai penyaring darah sebelum dialirkan ke seluruh tubuh. Bila ada darah kotor yang masuk ke ginjal, lama kelamaan ginjal kita akan mengalami masalah. Sebelum terjadi hal yang lebih serius, anda bisa memanfaatkan  hasiat ramuan rebusan air bunga melati sebagai penangkal radikal bebas dan penawar racun yang alami. Dengan memanffatkan sekitar 10 helai daun bunga melati yang direbus dengan dua gelas air sampai menjadi segelas. Minum setelah dingin dan jangan lupa di saring.
  16. Melancarkan percernaan – Usus adalah salah satu saluran pencernaan. Radang usus adalah salah satu penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan ini. Kandungan dari bunga melati ini ternyata mampu mengobati radang lambung tersebut yaitu dengan cara merebus segenggam daun bunga melati dengan 3 gelas air. Direbus sampai menjadi segelas air, kemudian saring dan minum setelah air hangat atau dingin. Minum secara rutin sekali saja dalam sehari sampai sakit terasa sembuh.
  17. Menghilangkan bau badaan – Selain digunakan untuk bahan parfum, bunga melati ini juga bisa digunakan sebagai penghilang bau badan. yaitu dengan cara meminum ramuan dari bunga melati. Siapkan air panas segelas besar kemudian masukan 20-30 kuntum bunga melati yang segar dan bersih. Tutup gelas dengan diberi lubang – lubang kecil kemudian embunkan selama semalam. minum tiap pagi selama satu minggu dan rasakan hasilnya.
  18. Mengobati penyakit demam berdarah – Kandungan dari bunga melati bisa juga untuk membantu mengobati penyakit demam berdarah. Dengan merebus 10-15 helai daun bunga melati dicampur dengan 2 gr belimbing direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi segelas. Saring dan dinginkan air rebusan tersebut, minum sebanyak 8 gelas perhari selama 3-5 hari berturut – turut.
  19. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan – Bagi anda yang mungkin  mengalami keadaan dimana ASI sulit berhenti dan terus keluar. Anda bisa memanfaatkan hasiat bunga melati dengan cara menumbuk beberapa helai bunga melati kemudian tempelkn di sekitar payudara, Lakukan hal ini rutin setiap hari sebelum mandi.
  20. Menguatkan rambut dan mencegah kerontokan – Bunga melati juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut seperti hal nya lidah buaya dan daun waru. 10- 15 kuntum bunga melati ditumbuk dengan daun urang aring 6 helai, daun mangkokan 6 helai dan daun pandan wangi 2 helai. Tumbuk sampai semuanya halus. Kemudin 50 ml minyak wijen dipanaskan dengan secangkir minyak kelapa, kemudian campur dengan 10 gr kemiri yang sudah ditumbuk. Lalu campurkan daun dan bunga yang sudah ditumbuk tadi, panaskan diatas api kecil sekitar 15-20 menit. Saring dan dinginkan air rebusan tersebut, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijit – pijit halus. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebelum anda mandi.
  21. Mengobati bengkak karena sengatan atau gigitan serangga – Hal ini bisa saja terjadi secara tiba – tiba. Misalnya saat anda jalan – jalan, anda terkena sengatan lebah. Lebah memiliki racun yang bisa membuat area tubuh yang disengat nya membengkat. Kandungan bunga melati mampu meringankan nyeri dan mengobati bengkak ini dengan meremas – remas segenggam daun melati sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak karena sengatan lebah tersebut.

Selama ini, orang – orang hanya mengetahui bahwa bunga melati  sebatas tanaman hias yang memiliki keindahan bunga dan aroma yang mempesona. Juga bisa digunakan sebagai bahan parfum, kosmetik dan campuran teh. Namun ternyata bunga melati ini memiliki banyak hasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Perlulah kita bersyukur kepada Tuhan sang Maha Pencipta, yang telah menciptakan tanaman dengan segudang manfaat. Jaga terus kesehatan anda, terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini dapat  bernilai manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *