20 Rahasia Manfaat Cengkeh Untuk Obat Tradisional

Posted on

20 Rahasia Manfaat Cengkeh sebagai Obat Tradisional – Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia, tumbuhan yang termasuk rempah – rempah ini adalah salah satu alasan mengapa bangsa Eropa menjajah negara kita. SDA yang melimpah ruah di Negara kita tercinta ini membuat bangsa Adidaya ingin menguasai Indonesia dengan maksud merauk keuntungan yang sangat besar. Karena di Eropa, rempah – rempah merupakan sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi.

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa cengkeh dimanfaatkan untuk bahan pencampur tembakau, untuk dijadikan rokok kretek has Indonesia. Cengkeh juga sudah sejak lama digunakan untuk bahan bumbu masakan, juga sering dijadikan minyak untuk mengobati sakit gigi. Minyak atsiri yang terkandung pada bunga cengkeh memiliki banyak hasiat dan manfaat untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Tak hanya bunga nya, batang ranting dan daunnya pun juga memiliki minyak, namun tak sebanyak pada bunga nya.manfaat cengkeh

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang banyak, yaitu sebanyak 78-98 %. MInyak cengkeh ini sudsah sejak lama digunakan untuk menmgobati sakit gigi, bumbu masak dan juga sebagai bahan parfum. Cengkeh memiliki hasia sebagai anti jamur, anti bakteri, anti peradangan, anti infeksi dan lebih lengkapnya nanti akan kita bahas tentang rahasia manfaat cengkeh sebagai obat tradisional dan untuk kesehatan.

Saat mendengar kata cengkeh, yang terlintas dibenak kita mungkin rasa hangat dengan aroma harum yang has. Kemudian sebagian orang membayangkan rokok kretek saat mendengar nama cengkeh. Kandungan minyak esensial bernama eugenol adalah kekayaan utama yang dimiliki sehingga tanaman yang satu ini sudah lama digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Cengkeh sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit sejak zaman nenek moyang kita dulu. Pulau penghasil cengkeh terbesar adalah ternate, yang pada zaman dulu, ternate merupakan lintas perdagangan bangsa Eropa yang pada saat itu masih menggunakan sistem tukar barang, pada saat itu, harga 1 kg cengkeh sama dengan 1 gr emas. Cengkeh merupakan suatu yang istimewa dan m,ahal untuk bangsa Eropa, di atas harga pala dan merica yang juga merupakan rempah – rempah yang banyak tumbuh di Indonesia.

” Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang rahasia manfaat cengkeh sebagai obat tradisional “

1. Mengobati sakit gigi – Sakit gigi bukan merupakan penyakit, namun keadaan dimana gigi mengalami kesakitan yang luar biasa, hal itu biasanya dikarenakan gigi berlubang. Karena bakteri dari sisa makanan yang kita kunyah sebelum dimakan. Sakit gigi juga bisa dikarenakan suhu tubuh yang meningkat atau dengan kata lain panas dalam. Gigi berlubang merupakan keadaan sakit gigi yang bisa dikatakan parah. Untuk penyembuhan nya sudah banyak obat – obatan medis untuk mengobati sakit gigi. Namun cara tradisional bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh yang diperkaya dengan minyak esensial yang bersifat analgesik mampu menenangkan saraf gigi dan menahan rasa sakit. Cara yang lama digunakan oleh nenek moyang kita adalah dengan menfaatkan bunga cengkeh yang sudah dikeringkan sebelumnya. kemudian di tumbuk sampai halus, hasil tumbukannya dimasukan pada gigi yang sakit atau gigi yang berlubang. Cara ini ditinggalkan setelah masyarakat sudah mampu dan mengetahui cara membuat minyak cengkeh. Minyak cengkeh dibalurkan pada kapas kemudian dimasukan pada gigi yang sakit atau gigi yang berlubang.manfaat minyak cengkeh

2. Menjaga kesehatan jantung – Kandungan eugenol dari minyak cengkeh mempu mencegah terjadinya pembekuan darah, karena cengkeh bersifat menghangatkan. Penyakit jantung disebabkan aliran darah yang tidak lancar, selain penyakit jantung, penyakit lain yang erat hubungannya dengan aliran darah adalah stroke dan darah tinggi. Penyakit tersebut dapat dicegah dengan hasiat cengkeh.

3. Mengobati batuk – Batuk merupakan penyakit yang membuat kita tidak nyaman, apalagi batuk dengan suara yang menggelegar atau juga batuk berdahak. Cengkeh ternyata juga bersifat eksfektoran yaitu untuk mengencerkan dahak dan menghilangkan gatal pada tenggorokan penyebeb penyakit batuk. Nenek moyang kita dulu mengobati batuk dengan langsung mengunyak beberapa butir bunga cengkeh, dengan rasa yang sedikit pahit dan pedas. Seiring berkembang nya zaman, pemanfaatan cengkeh untuk mengatasi batuk dicampur dengan bebrapa bahan alami lainnya seperti daun sirih, daun tapak liman, kapulaga dan kayu manis. Dimana semua bahan direbus untuk diminum airnya.

4. Menghilangkan bau mulut – Kandungan zat yang dimiliki cengkeh sudah sejak lama digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Yaitu pada zaman Dinasti Han. Caranya yaitu dengan menyeduh 10 butir bunga cengkeh atau dapat pula dengan cara direbus. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin dan kemudian airnya digunakan untuk berkumur 2 kali setiap hari.

5. Menghilangkan rasa mual – Jika anda mengalami rasa mual dan hendak ingin muntah, seperti misalnya setelah melakukan perjalanan jauh. Zat yang terkandung didalam cengkeh dapat menghilangkan rasa mual, yaitu dengan meminum air rebusan cengkeh, atau juga dengan menghirup aroma hangat dari cengkeh tersebut.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker – Pertumbuhan sel kanker dipengaruhi oleh racun, virus atau bakteri dalam tubuh yang masuk melalui makanan atau minuman. Zat eugenol yang dimiliki cengkeh dipercaya dapat membunuh virus dan racun dari bekteri tersebut sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Karena didalam cengkeh, terkandung zat yang bersifat anti bakteri.manfaat cengkeh

7. Mengobati penyakit campak – Campak yang kebanyakan nya terjadi pada anak – anak. Namun tak jarang terjadi pada orang dewasa. Cengkeh sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit campak. yaitu dengan cara meminum air rebusan cengkeh secara rutin setiap hari.

8. Mengobati radang lambung – Peradangan pada lambung biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Jadwal makan tidak teratur dan makanan yangh dikonsumsinya mengandung bakteri. Peradangan pada lambung dapat menimbulkan berbagai macam penyakit apabila tidak segera ditangani. Hasiat anti radang yang dimiliki cengkeh dapat membantu mengobati peradangan pada lambung. Yaitu dengan mencampurkan cengkeh dengan buah pala, kayu manis, kapulaga, lobak, kulit jeruk mandarin dan labu parang yang direbus kemudian diminum air nya setiap hari.

9. Mengobati masuk angin – Masuk angin disebabkan oleh angin jahat yang masuk kedalam tubuh, gejalanya yaitu seperti pusing, mual dan perut kembung. Hasiat dari cengkehsama dengan jahe yang dapt menyembuhkan masuk angin. Sifat hangat dari cengkeh tidak diragukan lagi untuk menyembuhkan masuk angin ini. Yaitu dengan cara tradisional meminum air rebusan cengkeh rutin setiap hari sampai gejal hilang.

10. Mencegah peradangan – Anti inflamasi atau anti peradangan yangh dimiliki cengkeh terbukti mampu mencegah timbulnya peradangan . Baik pada dalam maupun luka luar dapat disembuhkan dan peradangan pada luka tersebut dicegah dengan cepat.

11. Menambah stamina pria dewasa – Jika anda adalah seseorang yang memiliki masalah dengan stamina, tentunya anda sangat ingin dapat menyelesaikan masalah anda dengan niat ingin membahagiakan istri. Hasiat dari cengkeh sudah sejak zaman nenek moyang dipercaya dapat menambah stamina kaum pria. Dari pada anda mengkonsumsi obat – obatan yang hanya berefek sesaat, manfaatkanlah cengkeh untuk menatasi masalah anda, agar rumah tangga anda bersama istri semakin harmonis.manfaat cengkeh

12. Sebagai anti jamur – Semua masalah tumbuhnya jamur pada kulit ternyata dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi rebusan bunga cengkeh. CAra lain adalah dengan membalurkan ekstrak minyak cengkeh pada kulit yang terdapat jamur seperti kadas, kurap, kutu air dan sebagainya.

13. Menyembuhkan luka – Kandungan minyak atsiri yang terdiri dari eugenol dalam cengkeh dapat menyembuhkan luka secara alami. Kulit yang mengalami luka akan lebih cept kering dan dapat sembuh lebih cepat, bekas luka nya pun dipercaya dapat dihilangkan dengan membalurkan minyak cengkeh tersebut.

14. Mengobati sakit kepala – Sakit kepala menyebabkan aktifitas terganggu, penderita akan merasakan sakit yang luar biasa. Sejak zaman dulu, cengkeh dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit kepala. Yaitu dengan mencampurkan cengkeh denga kayu manis, buah pala yang kemudian direbus untuk diminum airnya. Lakukan secara rutin 2 kali sehari sampai sakit terasa sembuh.

15. Mengobati pegal – pegal – Cara tradisional saat tubuh mengalami pegal – pegal setelah seharian menjalankan aktifitas yang sangat padat. Caranya yaitu dengan memanfaatkan minyak cengkeh untuk memijat. Memang sungguh nyaman rasanya setelah dipijat menggunakan minyak cengkeh, tubuh menjadi lebih bugar dan terasa hangat membuat tidur menjadi nyenyak.

16. Melancarkan sistem pencernaan – Sistem pencernaan hendaknya harus selalu terjaga kesehatannya. Saluran pencernaan harus selalu sehat, agar proses pencernaan lancar dan tidak mengalami masalah. Cara alami untuk membantu melancarkan sistem pencernaan yaitu dengan mamanfaatkan hasiat dari bunga cengkeh. Sifat hangat, antibakteri dan anti inflamasi dari cengkeh ini dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan.

17. Mengobati pilek – Pilek terjadi karena adanya masalah pada saluran pernapasan. Saluran pernapasan mengalami luka dan dihawatirkan mengalami peradangan. Menyebabkan beberapa penyakit dari mulai penyakit ringan sampa penyakit beraty dapat terjadi seperti misalnya pilek dan fluensa. Penyakit ini disebabkan bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh melalui makanan. Cengkeh juga bersifat anti oksidan yang mampu menghilangkan racun, virus atau bakteri penyebab penyakit.

18. Menyehatkan sistem pernapasan – Sistem pernapasan hendaknya selalu terjaga kesehatan nya. Sistem pernapasan dari mulai hidung sampai paru – paru sangat berpengaruh bagi kesehatan. Cengkeh merupakan tanaman alami yang sudah sejak lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan, tak lain karena hasiat yang terkandung didalamnya. Kandungan eugenol dari minyak atsiri yang dimiliki cengkeh, menjadikan tanaman asli indonesia ini booming namanya sampai ke daratan eropa.manfaat minyak cengkeh

19. Menyehatkan rambut – Seiring berkembangnya zaman, Kandungan minyak atsiri dalam cengkeh banyak dimanfaat didunia kesehatan dan kecantikan. Minyak cengkeh diekstrak menjadi kondisioner, campuran sampo yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Menjadikan rambut lebih lebat, sehat dan mencegahnya dari kerontokan. Kulit kepalanya pun lebih sehat dan terbebas dari ketombe. Minyak cengkeh yang dicampur dengan minyak kemiri juga dapat menghitampatkan alis mata.

20. Menyehatkan kulit wajah – Kandungan anti mikroba yang dimiliki minyak cengkeh membuat hasiat cengkeh ini banyak dimanfaatkan di dunia kesehatan dan kecantikan ( kosmetik ). Minyak cengkeh mempu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat tersebut. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat menghilangkan kerutan diwajah dan mencegah penuaan dini.

Mungkin sampai disini dulu admin mengungkap rahasia dari manfaat cengkeh sebagai obat tradisional. SEmoga dengan membaca artikel ini pengetahuan tentang cengkeh dan manfaatnya bertambah.

Semua penyakit yang diobati secara alami dengan bahan – bahan alami memang tidak mudah sembuh, namun apabila dilakukan secara rutin dan penuh kesabaran, hasiat dan manfaatnya akan kita dapatkan. Yang perlu diingat adalah, mengkonsumsinya harus teratur dan jangan berlebihan, karena semua hak yang dilakukan berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bahkan bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kita.

Jaga terus kesehatan anda, semoga hari anda berkah dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *