20 Manfaat Daun Dewa & Akar Dewa untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Daun Dewa & Akar Dewa untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman Dewa, tanaman yang satu ini ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Bentuk daun yang bergerigi menyerupai ornamen patung dewa adalah salah satu alasan tanaman ini dikenal dengan nama daun dewa. Pertama kali dimanfaatkan sebagai obat herbal yakni di negara Cina, tanaman ini dikenal dengan nama Samsit atau San qi cao. Adapun nama latin nya adalah Gynura segetum, masyarakat jawa menyebut nya dengan nama sambung nyawa, entah bagaimana asal usul nya mungkin karena tanaman ini sudah membuktikan hasiat dan kegunaannya dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Daun dewa memiliki ciri yang has, daunnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm dengan ujung yang bergerigi menyerupai bentuk patung dewa, memiliki bulu-bulu halus pada daun dan bertangkai pendek. Tanaman ini mudah dikembangkan dan nanti akan dijelaskan cara menanam dan mengembangkan tanaman daun dewa ini.

daun dewa bermanfaat untuk kesehata

Manfaat dan cara memanfaatkan daun dewa untuk kesehatan – Tanaman yang satu ini adalah salah satu ciptaan Tuhan yang amat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, maka patutlah kita mensyukuri karunia-Nya dengan cara merawat, menjaga dan melestarikannya. menjaga kesehatan tubuh pun adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Sang Khalik. Daun dewa sudah banyak digunakan dalam pengobatan alami atau disebut obat herbal. “Lantas penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan tanaman daun dewa ini….? Bagaimana caranya…?

Disini admin akan menjelaskan 20 manfaat daun dewa & akar dewa untuk kesehatan :

  1. Mengobati darah tinggi – Tekanan darah tingggi atau hipertensi diakibatkan meningkatnya tekanan darah dalam arteri atau pembuluh darah, sudah banyak kasus kematian yang disebabkan penyakit ini dan yang sering terjadi karena pembuluh darah pecah. Kandungan yang bersifat hipotesif yang dimiliki tanaman daun dewa bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami dan tanpa efek samping. Caranya adalah dengan merebus 7-10 helai daun dewa sampai mendidih, lalu diamkan sampai dingin atau hangat. Minumlah dua kali sehari agar pengobatan lebih maksimal.
  2. Meningkatkan fungsi hati – Kandungan yang dimiliki daun dewa ini juga bisa menjadi penawar racun dalam tubuh. Caranya dengan merebus 3-5 helai daun dewa sampai air mendidih, minum setelah air dingin atau hangat. bisa diminum setiap pagi atau malam sebelum tidur.
  3. Mencegah perkembangan sel kanker – Tanaman daun dewa memiliki kandungan yang bersifat sitotastik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Caranya adalah dengan cara merebus daun dewa sekitar 5-10 lembar, campur dengan temu putih serta jombang. rebus dengan 3 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Kemudian saring dan minum dalam keadaan hangat.
  4. Mengobati penyakit demam berdarah – Banyak kasus yang terjadi, penyakit DBD ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menularkan virus dengue. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini mampu membantu penyakit DBD tersebut dengan memanfaatkan rebusan daunnya. Caranya adalah dengan merebus skekitar 5-7 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai jadi 1 gelas. Diminum secara rutin setiap dua kali dalam sehari.
  5. Mengobati wasir – Wasir atau ambeien adalah terjadinya pelebaran atau peradangan pada pembuluh darah vena yang terletak di sekitar anusatau pada rektum bagian bawah. Gejala yang timbul seperti pendarahan saat buang air besar, penetesan ke lubang toilet, penonjolan sewaktu buang air besar. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan daun dewa ini. Caranya dengan merebus beberapa helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas air. minum dua kali sehari sampai sakit terasa sembuh.
  6. Mengobati kencing manis – Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi adalah penyebab penyakit kencing manis atau Diabetes. Penyakit ini bisa diobati dengan memanfaatkan ramuan daun dewa, karena obat alami sangat lebih baik daripada obat-obatan kimia atau medis. Salah satu kandungan dalam daun dewa memiliki sifat hipoglikemin yang berpungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya adalah dengan merebus 5 helai daun dewa dengan 3 gelas air bersih. rebus hingga mendidih sampai air menjadi 1 gelas, minum setiap pagi atau malam menjelang tidur.
  7. Mengobati Rematik – Gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian biasa disebut dengan nama rematik atau disebut juga dengan istilah asam urat. Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini juga mampu mengobati penyakit tersebut. caranya adalah dengan memanfaatkan daun nya. Rebuslah 10-15 helai daun dewa atau 30 gr daun dewa segar, dicampur dengan 10 gr jahe merah kemudian tambahkan 30 gr akar sawi langit. Rebis dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas air. dinginkan, lalu saring dengan kain bersih. minum setiap hari secara rutin.
  8. Mengobati stroke – Penyakit stroke yang bisa menyebabkan kelumpuhan ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah diotak. Suplai oksigen dalam darah darah akan terganggu bahkan terhenti, akibat atau gejala yang timbul diantaranya: bicara cadel ( pelo ), lumpuh sebelah, lumpuh wajah sebelah. Tanaman daun dewa juga dapat mengobati penyakit stroke ini dengan cara memanfaat umbi daun dewa yang sudah dikeringkan, tumbuk sampai halus sekitar 30 gr akar daun dewa, lalu tambahkan 6 butir biji gingko kemudian seduh dengan segelas air lalu tambahkan madu 1 sendok makan. Alternatif lain adalah dengan cara memasukan tumbukan umbi daun dewa dan tumbukan 10 butir biji ginko kedalam kapsul, cara ini sudah banyak diterapkan pada pngobatan herbal. Minumlah rutin setiap hari selama 1-2 bulan.
  9. Melancarkan haid – Bagi kaum hawa yang mengalami gangguan haid, atau haid tidak lancar dapat memanfaatkan rebusan daun dewa. Caranya adalah dengan merebus tumbukan 15-30 gr daun dewa, tambahkan sedikit arak yang sudahj dipanaskan lalu minum dalam keadaan hangat.
  10. Mengobati penyakit jantung – Jantung memilik fungsi dasar sebagai pemompa darah merah dan menyalurkannya keseluruh tubuh melalui pembuluh besar. Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini banyak macam dan tingkatannya. Penyebab utamanya adalah pembengkakan atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan suply darah terganggu atau terhenti. Ramun tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung dengan memanfaatkan umbi atau akarnya. Caranya adalah dengan menumbuk 10 gr umbi atau akar daun dewa sampai halus, kemudian seduh dengan air mendidih kemudian saring ampasnya. Diminum dalam keadaan hangat lebih baik. Minum lah ramuan ini setiap sore.
  11. Mengobati luka dalam dan luka luar – Tanaman daun dewa ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka luar dan juga luka dalam. Untuk luka dalam, rebuslah 10-30 gr daun dewa segar, kemudian saring, lalu minum secara rutin setiap hari. Sedangkan untuk penyembuhan luka luar, daun dewa ini titumbuk sampai halus dan dilumatlkan ke bagian yang luka. Daun dewa ini bisa juga mengobati luka bakar dengan cara memanfaatkan umbi atau akar daun dewa. Tumbuk umbi atau akar daun dewa kemudian campur dengan sedikit gula merah ditumbuk sampai menyerupai salep. Oleskan salep tersebut setiap mhari sampai luka tersebut sembuh.
  12. Mengobati kejang pada anak-anak – Kejang atau step pada anak biasanya ditsertai demam tinggi. Sebagai orang tua, kita tidak usah panik. Ambilah 1-2 batang daun dewa, tumbuk lalu ambil airnya. Campur sedikit arak kemudian minumkan ke anak kesayangan kita.
  13. Menghentikan pendarahan pendarahan pada wanita, payudara membengkak – Gangguan yang terasa paada bagian payudara biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti menyusui, kehamilan, menstruasi, puberitas. Daun dewa ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkannya juga dapat menghentikan pendarahan pasca melahirkan. Rebuslah 15-20 gr batang dan daun dewa. rebus dengan segelas air sampai menjadi 1/2 gelas. minum setiap hari.
  14. Mengobati gigitan binatang berbisa – Bisa atau racun yang masuk kedalam tubuh kita biasanya disebabkan oleh gigitan binatang seperti ular dll. Racun ini akan menyebar terbawa oleh darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa diatasi dengan meminum ramuan rebusan daun dewa, karena daun dewa ini bisa menetralkan racun dalam tubuh. Akar atau umbinya pun bisa dimanfaatkan dengan cara menumbuk kemudian ditempelkan pada tempat bekas gigitan binatang berbisa tersebut.
  15. Mengobati memar – Daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati memar, yaitu dengan cara menumbuk 3-6 daun dewa dan 5 lembar daun jarak. Tumbukan tersebut diterapkan pada bagian yang memar. lakukan setiap hari sampai memar sembuh.
  16. Mengobati kutil – Kutil atau papilloma adalah sejenis penyakit tumor jinak pada kulit. Daun dewa ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan atau menghilangkan kutil tersebut dengan cara menumbuk daun dewa sampai halus, kemudian dilumatkan atau ditempelkan pada kutil, kemudian balut dengan plester. Ganti tumbukan daun dewa setiap hari sampai kutil tersebut hilang.
  17. Mengobati demam atau panas – Kandungan yang dimiliki daun dewa juga bisa sebagai obat penurun panas. Caranya dengan merebus 3-7 helai daun dewa, kemudian saring lalu minum setelah dingin.
  18. Mengatasi gangguan ginjal – Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dari limbah hasil metabolisme. Darah tersebut kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Jiga ginjal sehat, dalam artian tida mengalami gangguan, maka tubuh akan sehat pula. Tanaman daun dewa ternyata juga dapat membantu mengatasi gangguan ginjal, caranya dengan meminum rebusan daun ini secara rutin setiap hari.
  19. Mengobati batuk dan muntah darah – Batuk yang disertai muntah darah adalah hal serius yang tidak boleh dianggap sepele. Hendaknya kita melakukan tindakan secepatnya. Daun dewa juga memiliki hasiat untuk mengobati  batuk dan muntah darah terserbut. Caranya dengan merebus 3-5 helai daun dewa dengan 3 gelas air sampai jadi segelas. Minum 3 kali sehari sampai sakit terasa sembuh.
  20. Mengobati peradangan – Daun dewa ini juga mengandung zat-zat yang bisa mencegah, mengobati atau menghentikan peradangan yang disebabkan adanya infeksi pada sebagian tubuh kita. Caranya dengan meminum rebusan air daun dewa secara rutin. Rebuslah 5-10 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas. Saring dan minumlah hangat-hangat.

Cara memperbanyak atau mengembangbiakan tanaman daun dewa – Tanaman ini bisa dengan mudah diperbanyak atau dikembangbiakan dengan cara :

  1. Memperbanyak dengan cara setek batang – Pilih tanaman daun dewa yang batangnya belum terlalau tua dan juga tidak terlalu muda. Gunakan pisau tajam atau gunting bersih untuk memotong batang dewa dengan kemiringan 45 derajat dengan tinggi sekitar 10-12 cm. Media tanam menggunakan tanah dan kompos. bisa menggunakan pot atau polibag. Lakukan penyiraman setiap hari, pada usia 3 minggu berikan pupuk NPK agar tanaman bisa tumbuh subur.
  2. Memperbanyak dengan anakan atau tunas – Pilih anakan atau tunas yang segar dan terlihat subur. potong dengan pisau yang bersih. Media tanam dan cara perawatan nya sama dengan cara setek batang.
  3. Memperbanyak dengan umbi – Pertama-tama pilihlah umbi yang terlihat segar, subur dan memiliki prospek bertunas banyak. Semaikan umbi pada media berupa campuran tanah dan pupuk kandang sampai tumbuh tunas, kemudian pindahkan ke pot atau polibag dengan media tanah subur, pasir dan pupuk kompos. Campurkan juga pupuk Furadan dan NPK sebanyak kira-kira 15-20 gr per pot. Supaya lebih subur, dasar pot diberi selapis pecahan bata merah atau genteng dan ijuk. Tanam bibit daun dewa jangan terlalu dalam, kira-kira 3-5 cm lalu timbun dengan tanah tipis tipis saja. lakukan penyiraman setiap hari agar tanaman daun dewa ini bisa tumbuh subur dengan lebih cepat.

Sekian penjelasan tentang tanaman daun dewa, manfaat, hasiat daun dewa dan juga cara memperbanyak atau mengembangbiakan tanaman daun dewa ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan mudah-mudahan kita selalu ada dalam keadaan sehat wal ‘afiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *