(16) Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Menjaga Kesehatan dan Obat Herbal

Posted on

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Pengobatan

Nama kumis kucing mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, nama itu mungkin sering dikatan oleh orang tua kita, kakek-nenek atau tetangga kita yang mengalami masalah kesehatan diantaranya asam urat, sembelit, rematik, encok, batuk, kencig batu, keputihan atau masalah kesehatan lainnya. Untuk yang belum tahu, mungkin aga heran mengapa nama kumis kucing dikaitkan dengan keluhan berbagai penyakit.

 

manfaat daun kumis kucingDaun kumis kucing ternyata sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh nenek moyang kita. Jauh sebelum kita lahir, kehidupan zaman dulu selalu memanfaatkan tumbuhan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ini merupakan suatu warisan ilmu pengetahuan, budaya serta ilmu kesehatan dan pengobatan tradisional. Saat ini, daun kumis kucing semakin diketahui banyak orang akan hasiatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Tak hanya dengan cara tradisional, cara moderen pun sudah banyak dikembangkan. Di negara tercinta kita, Indonesia tanaman memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya. Kumis ucing ( Sunda ), remujung ( Jawa ), songot koneng ( Madura ), giri-giri marah ( Sumatra ) dan masih banyak lagi nama – nama atau sebutan untuk tanaman ini di setiap daerah di Indonesia. Kumis kucing sendiri memiliki nama latin Orthosiphon aristatus dan termasuk ke dalam famili Lamiaceae dan dalam bahasa Inggris, tanaman ini dikenal dengan nama Kidney tea plants / Java tea. Apapun nama dan sebutannya, yang paling penting adalah hasiat dan manfaat tanaman kumis kucing ini untuk kesehatan dan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Pada zaman nenek moyang kita dulu mungkin mereka tidak tau atau tidak paham atas kandungan zat – zat yang dimiliki tanaman kumis kucing ini. Namun yang mereka tau adalah hasiat nya yang sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan penyakit kronis pun bisa disembuhkan dengan ramuan daun kumis kucing ini.

Adapun zat – zat yang terkandung didalam daun kumis kucing ini diantaranya glikosida orthosiphonin yang mampu melarutkan fosfor, asam urat dan oksalat yang ada pada tubuh kita, terutama yang terdapat di empedu dan kandung kemih. Sehingga daun kumis kucing ini mampu menghancurkan kencing batu, menyembuhkan infeksi radang kandung kemih, melancarkan keluarnya air seni dll.

daun kumis kucing Zat – zat aktif yang berperan sebagai antiradaang dan anti oksidan diantaranya rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinensetin, orthosiphol dan prthosiphon.

Kandungan kimia : Orthhosiphon glikosida, zat samak, safonin, sapofonin, garam kalium, myoinositol, minyak atsiri dan minyak lemak.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmaakologisnya : Antiinflammatory ( anti radang ), antioksidan, peluruh ai seni ( diuretic ), menghancurkan batu di saluran kemih, menyejukan, manis sedikit pahit.

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan dan pengobatan

  1. Mengobati penyakit asam urat – Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan menyebabkan kadar asam urat berlebih, ginjal tidak akan mampu menyaring dan mengeluarkan zat tersebut, sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat di persendian yang menyebabkan radang pesendian, pembengkakan, sendi nyeri. Terutama pada sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. Cara nya adalah dengan merebus segenggam daun kumis kucing dicampur dengan daun meniran dengan takaran yang sama. Rebus dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas air. Saring dan dinginkan, kemudian minum secara rutin 3 kali sehari samai sakit terasa sembuh.
  2. Mengobati penyakit kencing batu – Penyakit ini menyerang saluran kemih. Penyakit kencing batu atau batu ginjal ini terjadi karena adanya infeksi, obstruksi, rasa sakit saat kencing, metaplasia, pendarahan, penyumbatan di saluran kemih. Daun kumis kucing dipercaya dan terbukti mampu mengobati penyakit ini, sungguh penomena yang sangat luar biasa saat mengetahui tanaman yang hidup di sekitar kita bisa mengobati penyakit semacam ini. Yaitu dengan merebus segenggam daun kumis kucing dengan segelas air, didihkan hingga jadi setengah gelas. Saring dan dinginkan, diminum saat hangat setiap pagi, sore dan malam hari sebelum tidur.
  3. Mengobati penyakit sembelit – Penyakit ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan asupan serat. Sehingga proses pencernaan atau pembuangan sisa – sisa makanan tidak lancar, bisa karena mengerasnya tinja yang menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. Daun kumis kucing ini sudah lama dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit. Caranya dengan merebus 5-7 helai daun kumis kucing dengan segelas air, didihkan sampai menjadi setengahnya. Saring dan dingin kan, minum dua kali sehari sampai sakit terasa sembuh.
  4. Mengobati penyakit diabetes – Diabetes adalah penyakit yang disebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah. Hormon insulin berperan mengatur gula dala dalam darah, jika pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin, maka kadar gula darah akan meningkat. Daun kumis kucing ini dipercaya mampu meningkatkan pembentukan hormon insulin. Caranya dengan merebus 5-10 helai daun kumis kucing, lalu cuci bersih kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air, didihkan sampai air menjadi segelas. Saring dan dinginkan, minum dalam keadaan hangat baik pagi atau pun malam hari sebelum tidur selama 2-3 minggu. Jangan lupa cek kadar gula darah anda setiap minggu ke dokter dan lihat hasil perkembangan nya.
  5. Mengobati penyakit batuk – Batuk berdahak, batuk kering, batuk asma, batuk rejan serta bronchitis, apapun jenis batuknya tentunya penyakit ini sangat mengganggu aktifitas kita. Batuk merupakan penyakit yang kemungkinan besar paling sering terjadi. Hal ini disebebkan beberapa faktor yang memicu nya. Daun kumis kucing merupakan alternatif sebagai obat penyembuhannya sejak zaman dulu. Caranya dengan memanfaatkan hasiat dari rebusan daun kumis kucing. Rebuslah segenggam daun kumis kucing dengan segelas air, didihkan sampai air nya menjadi setengahnya, minum dalam keadaan hangat dua kali sehari secara rutin.
  6. Memperlancar pengeluaran air kemih – Hasiat daun kumis kucing yang paling terkenal adalah sebagai obat untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan kandung kemih. Misalnya, Rasa nyeri saat buang air kecil, atau saat mengeluarkan air kemih / air mani. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini diantaranya karena adanya peradangan, pembengkakan atau penyumbatan disaluran kemih dan disaluran ginjal yang di sebabkan oleh bakteri yang bernama escherishia coli. Kandungan yang dimiliki daun kumis kucing ini mampu mengobati masalah pada saluran kandung kemih ini yaitu dengan cara memanfaatkan hasiat air rebusan daun kumis kucing. Rebusah segenggam daun kumis kucing. Didihkan sampai air tersisa setengahnya. Minum secara rutin 3 kali setiap hari.
  7. Mengobati penyakit rematik – Penyakit ini hampir sama dengan penyakit asam urat, yaitu masalah yang terjadi menyerang persendian. Banyak sekali faktor penyebab terjadinya penyakit ini diantara nya faktor genetik, asupan makanan, aktifitas yang berat dll. Daun kumis kucing ini sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan masalah persendian. Cara pembuatan ramuan nya pun sama dengan pengobata untuk mengatasi asam urat yaitu dengan merbus segenggam daun kumis kucing dan daun meniran yang sudah di cuci bersih dengan 2 gelas air, didihkan sampai air menjadi setengah nya. Minum air rebusan daun kumis kucing tadi secara rutin, pagi sore dan malam sebelum tidur.
  8. Mengatasi masalah keputihan – Masalah keputihan ini adalah masalah yag hanya terjadipada wanita. Disebkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit yang mengganggu pada saat sebelum atau sesudah menstruasi. Hasiat daun kumis kucing ini juga bisa membantu menuntaskan masalah keputihan pada wanita. Caranya adalah dengan merebus segenggam kumis kucing, segenggam daun beluntas, sesendok teh daun jinten hitam, 10 biji kemukus. Semua bahan direbus dengan air secukupnya.Saring dan dinginkan, minum lah secara rutin dua kali sehari sampai keputihan hilang.
  9. Mengobati masuk angin – Keadaaan ini sering kita alami umumnya pada saat kondisi tubuh menurun, penyebabanya bisa karena telat makan, kurang tidur atau pun angin yang jahat yang masuk kedalam tubuh melalui pori – pori kulit. Daun kumis kucing juga berhasiat mengeluarkan angin atau gas yang tak berguna untuk tubuh. Rebuslah 5-10 helai daun kumis kucing dengan segelas air putih, didihkan sampai tersisa setengah nya. Saring dan dinginkan, minum saat masih hangat akan menghasilkan hasiat yang lebih efektif.
  10. Mengobati sakit pinggang – Keadaan ini terjadi biasanya karena aktifitas yang berat dan tidak diimbangi dengan asupan makanan penambah energi serta kurangnya minum air putih. Bisa juga salah posisi atau mengencangnya otot – otot vital saat beraktifatas. Rasa sakit ini akan lebih terasa pada malam hari saat waktunya tidur, akibatnya tidur tidak akan nyenyak, karena rasa nyeri dan rasa tidak nyaman. Daun kumis kucing ini merupakan alternatif untuk penyembuhan sakit pinggang, bisa juga memanfaatkan akarnya. Minumlah ramuan rebusan daun kumis kucing secara rutin setiap malam sebelum tidur sampai sakit tidak terasa lagi.
  11. Mengobati hipertensi atau darah tinggi – Penyakit tekanan darah tinggi umumnya terjadi karena adanya penyempitan atau penyumbatan pada arteri, Sedangkan jantung memompa darah dengan cepat. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa berbahaya bagi penderita karena dapat menimbulkan penyakit – penyakit yang berbahaya seperti jantung, stroke dsb. Keampuhan daun kumis kucing dalam mengatasi masalah darah tinggi sudah banyak terbukti daun kumis kucing ini mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal. Caranya adalah dengan merebus daun kumis kucing yang sudah dikeringkan dicampur dengan daun kumis kucing yang masih segar. Rebus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air menjadi segelas. Saring dan dinginkan, minum dua kali sehari secara rutin. Minum 2-3 minggu dan periksa tensi darah anda setiap minggnya ke dokter.
  12. Mengobati penyakit sipilis – Sipilis adalah penyakit yang berhubungan dengan penyakit kelamin. Biasanya terjadi karena hubungan seks yang tidak sehat, baik vagina, penis, rektum, oral maupun anal. Daun kumis kucing ternyata juga memiliki hasiat untuk menyembuhkan penyakit kelamin. Caranya adalah dengan merebus segenggam daun kumis kucing dengan dua gelas air, didihkan sampai air menjadi segelas. Saring dan dingin kan, lalu minum dua kali sehari selagi air rebusan masih hangat.
  13. Mengobati penyakit albuminuria – Penyakit ini disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan rusaknya saluran ginjal penyebab gagal jantung, gagal ginjal, hipertensi, sindrom nefrotik dll. Daun kumis kucing dipercaya sejak lama dapat mengatasi dan mengobati penyakit albuminuria ini. Mengkonsumsi ramuan rebusan daun kumis kucing rutin setiap hari minimal sekali.
  14. Mengobati radang ginjal – Radang ginjsl terjsdi ksrena adanya penyumbatan, pembengkakan pendarahan pada saluran ginjal yang disebabkan bakteri atau virus yang dibawa oleh darah ke ginjal untuk di salurkan ke seluruh tubuh. Jika dibiarkaan, peradangan pada ginjal ini akan memicu lahirnya penyakit – penyakit yang berbahaya, sebelum bertambah parah, Manfaatkanlah hasiat dari ramuan rebusan daun kumis kucing yang dipercaya dan mampu membersihkan racun atau bekteri penyebab terjadinya peradangan. Caranya adalah dengan merebus 1-2 genggam daun kumis kucing dengan 3 gelas air, didihkaan sampai air menjadi segelas saja. Saring dan dinginkan, minum selagi air masih hangat agar hasiat air rebusan daun kumis kucing ini lebih maksimal diserap tubuh. Minum 3 kali sehari secara rutin.
  15. Mengobati penyakit gatal – gatal ( alergi ) – Alergi yang ditandai gatal – gatal terjadi karena daya tahan tubuh berkurang dan menyebabkan hipersensitif terhadap asupan makanan yang diserap tubuh. Daun kumis kucing dimanfaatkan untuk mengatasi masalah alergi sejak sari dulu, yaitu dengan cara merebus setengah genggam daun kumis kucing ditambah daun meniran dan samiloto dengan takaran yanag sama. Rebus degan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan, minum dua kali sehari secara rutin.
  16. Membersihkan empedu dan ginjal – Daun kumis kucing memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan penghilang racun dalam tubuh. Racun, bakteri atau virus yang menyebar terbawa aliran darah bisa dibasmi dengan meminum ramuan daun kumis kucing. Dengan merebus segenggam daun kumis kucing yang di embunkan, minum setiap pagi hari secara rutin.

Setelah kita mengetahui bahwa ternyata tanaman disekitar kita banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan juga memelihara kondisi tubuh. Salah satunya tanaman kumis kucing ini, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan Sang Maha pencipta dengan menjaga dan melestarikan tanaman – tanaman obat tersebut.

Pengobatan alternatif dengan memanfaatkan obat herbal berbahan tanaman alami memang lebih manjur dan tanpa efek samping. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jaga terus kesehatan anda dan semoga hari anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *