16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Posted on

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Pengobatan penyakit secara tradisional – Sirsak, berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak yang artinya kantung yang asam. Ini mungkin karena buah sirsak memang memiliki rasa asam yang kuat namun menyegarkan terutama jika dimakan di siang hari selepas lelah beraktifitas. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah sirsak ini dengan cara dibuat jus atau rujak sirsak.

manfaat daun sirsak

Di Indonesia sendiri, sirsak memiliki nama berbeda bahkan hampir di setiap daerahnya. Contoh saja Orang sunda menyebutnya nangka walanda, sirsak. Jawa mengenalnya nangka sebrang, nangka landa. Madura menamakannya nangka buris, nangkelan. Aceh memanggilnya boh lona. Bali menyebutnya srikaya jawa. Minangkabau menamakannya durian betawi. Dan masih banyak lagi nama – nama untuk buah sirsak di banyak daerah di Indonesia namun yang paling populer yakni sirsak yang berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak. Mungkin karena sejarah nya buah sirsak ini konon katanya pertama kali datang ke Indonesia  dibawa oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda pada abad ke-19. Sebenarnya tanaman buah sirsak ini bukan berasal dari Belandaa ataupun Eropa. Tapi berasal dari negara Karibia, Amerika Tengah dan Amerika selatan. Sedangkan nama latin untuk sirsak ini adalah annona muricata L.

Namun pada postingan artikel kali ini admin akan membahas tentang manfaat daun nya. Manfaat daun sirsak memang sudah menjadi fenomenal di dunia kesehatan. Dimulai saat seorang ahli yang meneliti daun sirsak ini dan ternyata kandungan yang dimiliki daun sirsak ini sangat menakjubkan. Sebuah penemuan luar biasa ketika seorang ahli kesehatan dan juga ahli herbal mengemukakan bahwa daun sirsak memiliki kandungan yang berhasiat sebagai anti kanker. Ramuan daun sirsak ini lebih baik dari kemoterapi 100 kali. Sungguh penemuan yang sangat menakjubkan dan menjadi kabar gembira bagi para penderita penyakit kanker.

Daun sirsak yang banyak mengandung zat – zat yang sangat baik untuk tubuh diantaranya : acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, annomurine, annonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapintocin. Semua zat tersebut mampu menjadi zat sebagai penambah kekebalan tubuh, pembasmi virus dan penyembuh berbagai macam penyakit.

16 Manfaat daun sirsak untuk Obat

manfaat daun sirsak

  1. Membantu mengobati kanker – Kandungan zat – zat pro aktif yang dimiliki daun sirsak sampai saat ini sudah 40 tahun dan masih yang paling mujarab dibanding dengan obat -obatan herbal lainnya. Daun sirsak ini juga dipercaya dan telah dibuktikan oleh pakar / ahli herbal mampu memerangi sel kanker 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan kemoterapi untuk penyembuhan kanker. Daun sirsak ini mampu memerangi sel – sel penyebab kanker, baik itu kenker prostat, kanker paru – paru dan kanker  payudara. Caranya adalah dengan merebus 10-15 helai daun sirsak dengan 3 gelas air, didihkan sampai air menjadi segelas. Saring dan didinginkan, diminumm saat masih hangat lebih baik. Minum ramuan rebusan daun sirsak tersebut rutin setiap pagi dan malam hari menjelang tidur selama 2-3 minggu. Jangan lupa cek perkembangan kesehatan anda setiap minggu nya ke dokter.
  2. Mengobati penyakit ambeien – Ambeien atau wasir adalah suatu gangguan penyakit yang menyerang bagian organ anus. Seperti yang telah kita ketahui, anus adalah organ terakhir dalam membuang sisa – sisa makanan. Namun karena adanya wasir, proses pembuangan sisa makanan terganggu dan menimbulkan efek nyeri dan tidak nyaman. Daun sirsak juga dipercaya dapat membantu mengobati penyakit ambeien ini. Yaitu dengan merebus 10-15 helai daun sirsak dengan 3 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas. Minum secara rutin dua kali sehari selama sakit masih terasa dan belum sembuh.
  3. Mengobati penyakit asam urat – Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang sudah tergolong tua dimana pada usia mudaa nya bekerja sangat keras dan kurang memperhatikan kesehatan nya. Daun sirsak ini sudah banyak digunakan dalam obat – obat herbal salah saatunya adalah asam urat. Manfaatkanlah ramuan dari hasiat rebusan daun sirsak ini sebagai solusi untuk mengobati penyakit asam urat. Caranya adalah dengan merebus 5-10 helai daun sirsak yang sudah tua dan sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Seduh dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas air ramuan. Saring dan dinginkan, diminum dalam keadaan hangat lebih baik. Minum secara rutin dua kali setiap hari.
  4. Mengobati penyakit rematik – Penyakit ini di dominasi oleh kalangan orang – orang yang berusia 40 tahun ke atas. Kasiat yang dimiliki daun sirsak ternyata juga mampu mengobati penyakit rematik ini. Yaitu dengan merebus 10-15 helai daun sirsak yang muda dan segar. Direbus dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas. Minum dua kali sehari dalam keadaan hangat, untuk hasil yang lebih maksimal.
  5. Mengobati penyakit wasir – Wasir adalah penyakit yang menyerang di bagian anus. Ditandai dengan adanya tonjolan atau benjolan disekitar anus. Hal ini menyebabkan penderita kesakitan dan tidak nyaman saat duduk dan jika sudah sangat parah, benjolan ini bisa sampai mengeluarkan darah. Mungkin kita tak pernah menyangka, ternyata wasir juga dapat disembuhkan dengan ramuan daun sirsak. Cara dan takaran nya sama dengan cara mengobati penyakit ambeien.
  6. Menurunkan kadar kolesterol – Kolesterol terjadi karena adanya lemak berlebih dalam tubuh atau dalam darah. Akibatnya suplai darah ke seluruh tubuh akan terganggu dan menimbulkan penumpukan lemak jenuh di darah. Jika keadaan seperti ini dibiarkan, dihawatirkan akan menimbulkan penyakit komplikasi. Daun sirsak dipercaya mampu membunuh kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya dengan memanfaatkan hasiat daun sirsak secara teratur dua kali setiap hari. Rebuslah 10-15 helai daun sirsak dengan 2 gelas, didihkan sampai menjadi segelas. Saring dan dinginkan air rebusan, diminum dalam keadaaan hangan lebih baik. Lakukan selama 2-3 minggu dan jangan lupa periksa kadar kolesterol anda setiap minggunya ke dokter.
  7. Mengobati sakit pinggang – Daun sirsak juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang. Yaitu dengan memanfaatkan hasiat ramua rebusan daunnya. Rebuslah 5-7 helai daun sirsak yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas air ramuan. Saring dan dinginkan, minum dalam keadaan hangat setiap malam sebelum tidur.
  8. Menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit – Pada umumnya penyakit ini diderita oleh anak – anak. Penyakit kulit yang berupa eksim, gatal – gatal, korengan, budugan dsb. dapat disembuhkan dengan memanfaatkan hasiat daun sirsak ini. Rebuslah 30-50 helai daun sirsak dengan satu ember air. Rebusan ini bukan untuk diminum, tapi dipakai untuk mandi oleh orang yang menderita penyakit kulit tersebut.
  9. Mengobati asma ( sesak napas ) – Untuk mengobati asma, kita bisa memanfaatkan hasiat ramuan rebusan daun sirsak. Namun daun yang dipilih bukan lah daun yang mulus, melainkan daun yang dipakai sebagai sarang oleh koloni semut rangrang. Minum lah air rebusan ini setiap malam sebelum tidur.
  10. Mengobati sakit punggung – Sakit bagian punggung ini bisa disebabkan karena benturan, salah posisi tidur, jatuh  dan lainnya. Hal itu menyebabkan aktifitas kita terganggu dan jangan biarkan keadaan itu berlarut lebih lama. Manfaatkan lah hasiat ramuan rebusan air daun sirsak dengan cara merebus 5-10 helai daun sirsak dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi segelas air ramuan. Saring dan dinginkan, minum dalam keadaan hangat baik pagi atau malam sebelum tidur.
  11. Mengobati penyakit diabetes – Penyakit diabetes terjadi karena kelebihan gula dalam darah. Hal ini terjadi saat pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot – otot dan jaringan lain untuk memasok energi dan ketika insulin mengalami gangguan sehingga tidak bekerja maksimal. Timbulah kelebihan gula dalam darah. Caranya adalah dengan memanfaatkan hasiat dari ramuan daun sirsak. Rebuslah 3-7 helai daun sirsak yang sudah di cuci bersih. didihkan dengan 3 gelas air sampai menjadi segelas air rebusan. Minum dua kali sehari secara rutin selama satu minggu kemudian cek kadar gula anda apakah sudah normal atau belum.
  12. Menghilangkan racun dalam tubuh – Ramuan daun sirsak juga sudah terbukti mampu melawan dan menghilangkan racun dari dalam tubuh, racun – racun ini bisa berbahaya dan mengancam akan timbulnya penyakit – penyakit yang berbahaya jika tidak segera diberantas. Minumah ramuan dari rebusan 5 helai daun sirsak setiap malam sebelum tidur.
  13. Meningkatkan sistem imunitas – Daun sirsak juga mengandung banyak zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh.Ramuan rebusan daun sirsak mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kinerja sistem imunitas dengan meminumnya rutin setiap hari.
  14. Sebagai antivirus – Daun sirsak juga kaya akan zat – zat pembasmi virus yang tak akan membiarkan virus menyebar dan bertambah banyak. Minum lah segelas ramuan rebusan daun sirsak setiap hari agar tubuh selalu terbebas dari virus.
  15. Mengobati bisul – Daun sirsak juga terbukti bisa mengobati bisul. Yaitu dengan cara menumbuk daun sirsak sampai halus. Kemudian ditempelkan bagian tempat bisul tumbuh. Ganti tumbukan daun sirsak tersebut apabila sudah mengering.
  16. Melancarkan sirkulasi darah – Daun sirsak juga dipercaya bisa mencegah terjadinya masalah sirkulasi darah, misalnya pembengkakan, penyumbatan yang disebabkan oleh adanya peradangan di pembuluh darah atau dikarenakan adanya virus atau bakteri pada pembuluh darah. Ramuan rebusan 4-7 helai daun sirsak ini mampu membersihkan darah dan membantu melancarkan sirkulasi suplai darah ke seluruh tubuh. Namun harus rutin meminumnya.

Sebenarnya masih banyak hasiat – hasiat yang dimiliki oleh ramuan dari rebusan daun daun sirsak ini . Seiring dengan perkembangan zaman dan tekhnologi, sudah banyak orang atau perusahaan yang menggunakan manfaat daun sirsak sebagai bahan dasarnya. Kini daun sirsak sudah bisa kita konsumsi dengan mudah. ada yang dibuat kapsul, serbuk dan yang sedang ngetren yaitu teh ekstrak daun sirsak.

Alangkah besar karunia Tuhan menciptakan berjuta – juta tanaman beserta hasiat nya. Dan kita patut bersyukur karena kita, Manusia sebagai ciptaan nya yang paling sempurna diberi kemampuan dengan bekal akal untuk bisa memanfaatkan dan merncari tahu manfaat – manfaat dari ciptaan-Nya yang ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *