13 Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan dan Pengobatan Alami

Posted on

Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan dan Pengobatan – Siapa yang tak kenal dengan tanaman rimpang yang satu ini, Dia bisa menghangatkan tubuh apabila kita mengkonsumsinya, dengan rasa pedas dari senyawa keton zingeron yang dimiliki nya, menjadi sumber hasiat alami yang membuatnya terkenal. Dia memiliki bentuk seperti jari jemari yang mengembung pada setiap ruas- ruasnya.
Lalu siapa sih dia ini…?  manfaat jahe
Ya, anda benar hehe. Dia adalah jahe, yang memiliki nama latin Zingiber officinale, Jahe sudah lama dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai penghangat tubuh, Apalagi dikonsumsi pada saat musim penghujan Seperti sekarang, sangat nikmat sekali rasanya dan hangat nya sangat terasa meresap samapai ke tulang – tulang kita. Disamping fungsi nya untuk menjaga kesehatan dan kehangatan tubuh. Jahe juga ternyata sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang nanti akan kita bahas.
Jahe tersebar di seluruh daerah di Indonesia, sehingga jahe memiliki nama yang berbeda – beda di tiap daerah nya. Wedang jahe, wedang ronde, bajigur, Bandrek, susu jahe, kopi jahe merupakan contoh minuman tradisional yang memanfaatkan hasiat hangat nya jahe. Ketika kita mendengar nama – nama itu, yang terlintas dipikiran kita mungkin, hujan, dingin, malam, hangat.
Dari kata – kata itu bisa menjadikan banyak sekali kalimat – kalimat pujian untuk jahe. Seiring dengan perkembangan zaman, Jahe sudah banyak di olah dengan beragam resep, sajian dan bentuk yang lebih menarik. Jahe bisa dibuat menjadi permen, rempah – rempah untuk masakan, bahkan bisa juga dibuat kue.
Jahe bukan merupakan tanaman asli Indonesia, Jahe berasal dari Negara India. Tetapi ada juga yang menyatakan bahwa jahe berasal dari Tiongkok Selatan. Menurut sejarahnya, jahe dibawa dari India sebagai rempah – rempah barang dagangan. Jalur perdagangan jahe dari India sampai ke timur tengah, melewati, tiongkok, jepang dan Asia tenggara salah satunya Indonesia. Rasa hangat dan pedas pada makanan, membuat jahe menjadi komoditas yang populer di Eropa pada zaman kolonialisme.
Disamping rasa pedas, aroma wangi yang has dan efek hangat nya ini, ternyata jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe juga berperan dalam berbagai pengobatan herbal alami.

Manfaat jahe untuk Kesehatan dan pengobatan alami :

1. Mengobati masuk angin – Masuk angin adalah suatu keadaan yang menyebabkan badan menggigil, perut kembung, mual dsb. dikarenakan adanya angin jahat yang masuk ke dalam tubuh. Faktor yang menyebabkan masuk angin diantaranya makan yang tidak teratur atau telat makan, perjalanan jauh, angin malam, terutama pada orang – orang yang setiap hari mengendarai sepeda motor. Apbila kondisi tubuhnya sedang lemah, angin akan dengan mudahnya masuk ke pori – pori kulit kita. Apabila tidak segera diobati, dihawatir kan angin jahat ini menjadi raja dalam tubuh, dia menjadi penyakit yang berbahaya misalnya penyakit angin duduk, penyakit ini bisa mengundang penyakit berbahaya lainnya. Jahe bisa mengobati masuk angin ini, dengan hasiatnya yang bisa menghangatkan badan. Anda bisa membeli jamu – jamu berbahan jahe untuk masuk angin yang mudah anda beli di warung dekat rumah atau anda juga bisa membuatnya ramuan jahe sendiri di rumah.

2. Mengobati perut kembung (begah) – Sifat yang bia menghangatkan dari jahe, juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung ata begah. Kondisi ini akan terasa tidak nyaman bahkan menimbulkan rasa sakit.Mungkin anda yang sedang membaca artikel ini pernah atau sering mengalaminya. Hal ini bisa disebabkan oleh angin, makanan bersifat menguraikan gas sehingga terjadi kelebihamn gas dalam perut. Kondisi yang dialami biasanya pencernaan tidak lancer, susah buang air besar dan susah buang gas (kentut). Minumlah ramuan jahe, anda bisa membuat rebusa jahe di rumah. Bisa dengan cara diparut terlebih dahulu, di geprek. Ditotong – potong. Terserah selera anda, karena dengan apapun caranya, hasiat nya sama – sama menghangatkan. Anda juga bisa memanfaatkan parytan jahe dengan cara membalurkan nya ke perut yang kembung.

3. Membantu melancarkan proses peredaran darah – Proses peredaran darah tentunya harus dijaga kelancarannya yaitu dengan menjaga saluran – saluran darah nya dari penyumbatan dan pembengkakan pada arteri pembuluh darah. Jika proses peredaran darah tidak lancer, dihawatirkan terjadi pembekuan pada darah atau suplai darah ke jantung, ginjal, otak dan keseluruh tubuh tersendat. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan beresiko terjadinya hipertensi, serangan jantung dan penyakit ginjal. Mengkonsumsi minuman jahe setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan dan membantu melancarkan proses peredaran darah.

4. Mengobati penyakit migraine – Migrain atau sakit kepala sebelah memang sangat menyiksa. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya migraine ini, salah satunya adalah prostaglandin. Kandungan yang dimiliki jahe ternyata dapat menghentikan prostaglandin ini, hal ini sudah dibuktikan pada sebuah studi. Miumlah ramuan jahe dua kali sehari, pagi dan malam sesudah makan malam.

5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi – Penyumbatan atau penyempitan arteri pada pembuluh darah adalah faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Zingeron yang dimiliki jahe, bisa membantu melancarkan aliran darah yang tersendak tadi. Dengan efek hangatnya, jahe mampu sedikit melebarkan pembuluh darah yang menyempit kembali normal. Sehingga aliran darah menjadi lancar. manfaat jahe
6. Mengobati sakit gigi – Sakit gigi disebabkan beberapa factor, selain karna panas dalam, juga karena bertumbuh nya kuman atau bakteri hususnya pada gigi yang berlubang. Sifat antijamur dan antibakteri yang dimiliki jahe, dapat membantu mengobati sakit gigi, gusi bengkak dan gusi berdarah. Minumlah air jahe setiap hari sampai sakit terasa hilang.

7. Membantu menangkal radikal bebas – Kandungan antioksidan didalam jahe mampu membuhun kuman dan bakteri di dalam tubuh. Bahkan jahe dapat mengeluarkan racun – racun itu saat kita berkeringat.

8. Mencegah terjadinya hipotermia – Mungkin anda adalah seorang pendaki gunung. Setiap pendaki gunung pastinya selalu menyiapkan berbgai macam barang untuk memenuhi kebutuhannya seama mendaki. Baik itu peralatan, makanan, minuman, obat – obatan. Jahe adalah salah satu yang tak pernah absen dari daftar persiapan seseorang sebelum brangkat mendaki. Suhu dingi di puncak gunung dapat menyebabkan hipotermia, apalagi disaat kondisi badan mulai melemah. Hipotermia adalah turunnya suhu tubuh secara drastis. Penderita akan sangat menggigil kedinginan. Senyawa keton zingeromn yang sangat banyak dimiliki jahe, bisa membantu mencegah terjadinya hipotermia tersebut.

9. Mengobati batuk, pilek dan influenza – Batuk, pilek dan influenza adalah peyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Jehe yang memiliki sifat hangat dapat melegakan system pernapasan dari hidung sampai paru – paru. Jahe juga merupakan ekspektoran yang alami untuk mengobati batuk. Jahe juga mampu memecahkan dan menghilangkan lendir pada saat batuk berdahak, lender pun akan mudah keluarsehingga napas kembali lega.

10. Mengurangi rasa nyeri pada luka atau memar – Luka memar yang kita alami akan terasa nyeri, apapun penyebabnya. Sudah banyak obat – obat tradisional untuk menangani rasa nyeri pada memar ini. Salah satunya anda bisa memanfaatkan hasiat rasa hangat yang dimiliki oleh jahe. Karena jahe juga juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu membantu menghilangkan rasa nyeri pada memar tersebut. Caranya adalah dengan memarut jahe yang kemudian di tempelkan pada bagian yang luka sebagai pengompres.

11. Mengobati stroke – Jahe bisa membantu melancarkan aliran darah yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya stroke. Jahe yang digunakan untuk mengobati stroke biasanya adalah jahe merah. Minumlah air jahe ini secara rutin setiap hari. Anda juga bisa memarut jahe sampai halus. Saring air nya dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami stroke. Bisa juga digunakan saat terapi pijat untuk penyembuhan stroke.

12. Membantu melancarkan proses metabolisme – Asupan makanan yang kita konsumsi adalah hal yang sangat berpengaruh pada kesehatan kita hususnya pada proses metabolisme dalam tubuh. Jahe yang kaya dengan kandungan zat senyawa keton zingeron ini ternyata juga mampu melancarkan proses metabolism tubuh.

13. Mempercepat pembakaran kalori – Jumlah kalori yang terlalu banyak akan mengakibatkan kegemukan atau obesitas. Jika sudah terlanjur banyak, anda akan merasa kesulitan mengembalikan fostur tubuh seperti sebelumnya. Untuk anda yang sedang melakukan atau baru rencana melakukan program diet sehat, jahe ini bisa membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh anda. Sehinga proses diet anda akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat apabila anda rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak dan rendah kalori, Anda juga disarankan mengkonsumsi jahe secara rutin. Baik berupa minuman, makanan atau apa saja yang berbahan jahe.

Banyak sekali bukti bahwa kehangatan jahe banyak memberikan khasiat dan obat bisa di tunjukan pada Produk yang kini kabarnya sudah mendunia Ya sebut saja TOLAK angin dan ANTANGIN, ke 2 produk obat keluaran sidomuncul ini, memiliki bahan dasar jahe sebagai obat pengusir masuk angin, hingga kini menjadi slogan ‘ MASUK Angin minum TOLAK angin’ dan menjadi brand hampir tiap orang bahwa obat masuk angin ialah tolak angin, Namun tanpa kita sadari ternyata bahan dasarnya ialah JAHE.

Logika nya jika kita mengkonsumsi Jahe ini, maka kita akan terhindar dari penyakit masuk angin. Jadi konsumsilah JAHE Mulai dari sekarang. hee eeeee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *