Peran Penting dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan serta Kecantikan

Posted on

Peran Penting dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan serta Kecantikan

Lidah buaya yang sering dikenal dengan nama Aloe vera L. ini sudah lama akrab dengan kehidupan masyarakat sebagai tanaman penyubur rambut. Peran penting lidah buaya dalam hal menyuburkan rambut sudah banyak terbukti dan membuat banayak orang atau perusahaan – perusahaan yang berlomba – lomba membuat produk untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Kandungan getah atau lendir yang terdapat pada daun lidah buaya yang berdaging tebal dan tidak bertulang ini, ternyata sangat banyak manfaat dan khsiatnya untuk kesehatan dan pengobatan herbal. Daun lidah buaya yang memiliki sifat sukulen tahan terhadap kekeringan, menjadikan lidah buaya ini buruan untuk bisnis perusahaan – perusahaan besar yang berlomba – lomba dibiang kesehatan rambut dan produk kosmetik.manfaat lidah buaya

Kelebihan dari tanaman lidah buaya ini yaitu bisa tumbuh di hampir semua jenis tanah. Dari mulai tanah yang subur dan gembur sampai di tanah kering dan gersang pun tanaman ini bisa tumbuh subur, walau memang banyak perbedaannya. Kelebihan tanaman lidah buaya yang ditanam di tanah yang subur dan gempur yaitu ukuran daunnya lebih gemuk, memperlihatkan kesuburan tanahnya apalagi jika tanaman ini dipupuk dengan pupuk organik. Satu keunikan lagi dari tanaman lidah buaya ini yaitu dapat berbunga, bunganya berwarna kuning atau merah. Tapi bunga lidah buaya bisa timbul atau tumbuh jika tanaman ini ditanaman di pegunungan.

Saking banyak nya manfaat yang telah ditemukan dalam bidang kesehatan, kecantikan dan kosmetika.Tanaman ini menjadi nominasi 10 tanaman terpopuler yang berperan penting dalam bidang kesehatan, kecantikan dan kosmetika. Bentuknya yang memang menyerupai lidah buaya ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Namun ternyata masih banyak manfaat dan khasiat yang dihasilkan dari getah atau lendir dalam daging lidah buaya yang tebal.

Manfaat lidah buaya Seiring berkembangnya zaman, manfaat dan khasiat lidah buaya untuk pengobatan dan kesehatan banyak pula ditemukan. Sudah banyak dilakukan riset dan studi yang membuktikan khasiat tanaman lidah buaya ini. Berbagai macam penyakit mampu disembuhkan dengan memanfaatkan getah dari lidah buaya, baik penyakit dalam atau pun penyakit luar yang berhubungan dengan kulit. Getah atau lendir lidah buaya mengandung vitamin, mineral, asam amino, asam folik, polisakarida dan enzim – enzim yang baik untuk kesehatan. Semua kandungan tersebutlah yang menjadikan tanaman lidah buaya sebagai primadona di bidang bisnis kesehatan, kecantikan dan kosmetik. Tanaman lidah buaya bersifat anti-inflamasi, ant-jamur, anti-bakteri, anti-oksidan yang membantu proses regenerasi kulit dan menghambat penuaan dini.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan pengobatan alami

  1. Mengobati penyakit diabetes melitus – Diabetes melitus atau kencing manis ini disebabkan asupan makanan yang tinggi gula. Sehingga gula dalam darah jumlahnya berlebihan. Kandungan yang dimiliki lidah buaya mampu membantu mengobati penyakit diabetes ini. Caranya yaitu dengan merebus satu batang daun lidah buaya yang sudah dipotong – potong, dibuang durinya dan dicuci bersih dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa setengahnya. Minum secara rutin 3 kali dalam sehari masing – masing setengah gelas setiap minumnya.
  2. Mengobati kencing darah – Jika seseorang mengalami kejadian kencing darah, tentunya akan sangat terkejut dan merasa takut. Berobat dan menanyakan ke dokter memang jalan yang terbaik. Namun ternyata, khasiat lidah buaya yang bersifat anti radang ini terbukti mampu mengobati kencing darah secara alami. Karena terjadinya kencing darah ini dikarenakan adanya peradangan pada saluran kencing. Caranya yaitu dengan mencampur 15 gram lidah buaya dengan air beras. Lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dibuang durinya, dipotong – potong kemudian diperas. Diambil airnya dan dicampur dengan sedikit air beras. Tambahkan sedikit gula pasir. Air perasan diaduk sampai merata kemudian disaring. Minum air perasan 3 kali sehari secara rutin.
  3. Membantu mengobati penyakit wasir – Wasir adalah suatu keadaan dimana adanya tonjolan yang keluar di anus. Tonjolan atau benjolan ini menyebabkan penderita sangat tidak nyaman, rasa sakit tak tertahankan akan sangat terasa saat ingin BAB dan pada saat duduk. Daun lidah buaya ternyata juga sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir ini. Caranya membuat ramuan lidah buaya untuk mengobati penyakit wasir adalah dengan memarut 1/2 batang daun lidah buaya, ditambah dengan 1/2 gelas air matang dan beri 2 sendok makan madu asli. Aduk campuran tersebut sampai benar – benar merata, saring dan dinginkan kemudian minum secara rutin 3 kali setiap hari.
  4. Mengobati sembelit – Sembelit menyebabkan perut terasa melilit, keadaan yang serba salah, terasa ingin BAB namun ternyata hanya perasaan saja. Daun lidah buaya ternyata juga berperan untuk mengobati sakit sembelit ini. Yaitu dengan memanfaatkan 1/2 batang daun lidah buaya dengan cara dicincang kecil -kecil, tambah kan madu 1 sendok makan kemudian seduh dengan segelas air panas. Biarkan sampai daun lidah buaya layu, dinginkan dan makan cincangan daun lidah buaya sampai habis 1-2 kali sehari.Manfaat lidah buaya
  5. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh – Kandungan zat getalin dalam daun lidah buaya ini sudah lama digunakan dalam detoksifikasi / pengeluaran racun dalam tubuh. Tugas pertama zat getalin adalah membunuh dan mencegah racun yang masuk ke dalam tubuh, kemudian membuangnya bersama kotoran pada saat BAB. Caranya yaitu dengan meminum jus daun lidah buaya secara rutin setiap hari.
  6. Mencegah dan mengobati peradangan – Peradangan luar atau peradangan dalam tubuh tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan, peradangan akan semakin meluas dan keadaan bertambah parah. Radang usus, radang tenggorokan, radang hati, radang kulit dan semua jenis peradangan luar dan dalam tubuh ternyata bisa diatasi dengan khasiat daun lidah buaya. Anda bisa memilih cara penyajian yang anda suka, bisa di jus, direbus, diparut, diperas atau anda juga bisa membeli produk -produk makanan atau minum berbahan dasar lidah buaya.
  7. Mengobati luka – Luka yang diderita akan sangat terasa menyiksa, terutama saat luka belum kering dan masih rawan membengkak. Baik luka dalam, luka luar seperti luka bakar, tersayat pisau atau luka akibat jatuh dari kendaraan dapat disembuhkan dengan daun lidah buaya. Caranya yaitu dengan menempelkan getah atau lendir daun lidah buaya pada bagian kulit yang terluka.
  8. Membantu melancarkan pencernaan – Asupan makanan sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Makanan yang sehat akan dicerna dengan baik dan lancar oleh lambung. Namun apabila ada makanan yang kurang sehat akan menyebabkan masalah. Bakteri atau racun yang masuk kedalam tubuh, akan tercampur dengan darah dan menyebabkan timbulnya penyakit – penyakit. Sebelum hal itu terjadi, alangkah lebih baiknya kita melakukan pencegahan. Menyeleksi makanan yang dikonsumsi adalah langkah pertamanya. Namun apabila ada masalah dalam sistem pencernaan, daun lidah buaya ini dapat membantu melancarkan pencernaan.
  9. Meningkatkan kekebalan tubuh / sistem imun – Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Istilah peribahasa itu memang sudah sangat melegenda ditelinga kita. Kekebalan tubuh memang merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan kita. Apabila sistem kekebalan tubuh terganggu, penyakit akan sangat dengan mudah merasuki tubuh kita. Mengkonsumsi daun lidah buaya secara rutin setiap hari membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  10. Mengobati bisul dan jerawat – Penyakit seperti bisul disebabkan darah yang kotor karena terjangkit virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Daun lidah buaya mampu menetralkan racun dalam darah atau racun dalam tubuh. Sudah sejak lama daun lidah buaya ini digunakan untuk mengobati bisul. Bisa dengan meminum air rebusan daun lidah buaya atau dengan cara menempelkan getah atau lendir pada daun lidah buaya pada bisul.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit

  1. Menyuburkan rambut – Rambut merupakan mahkota yang mempesona. Kaun laki – laki mungkin tidak terlalu mempermasalahkan kesehatan dan kesuburan rambut. Namun untuk kaun hawa, rambut merupakan hal penting untuk menambah kecantikannya dan membuat mereka percaya diri. Sudah banayak produk dipasaran yang menggunakan khasian daun lidah buaya untuk menyuburkan rambut. Namun ada cara yang alami dan sangat mudah, biaya nya pun relatif lebih murah. Anda hanya memerlukan 1-5 tangkai daun lidah buaya kemudian ambil lendir / gel nya. Oleskan secara merata pada rambut sampai kulit rambut. Lakukan beberapa jam kemudian bilas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan selama semalam, bilas keesokan harinya.Manfaat lidah buaya
  2. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata – Saat ini memang sudah banyak produk kosmetik yang membuat bulu mata palsu. Bulunya memang sangat indah, namun sayangnya hanya sementara. Ada cara alami untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Yaitu dengan mengoleskan gel atau lendir daun lidah buaya pada bulu mata. Lakukan setiap hari sebelum mandi.
  3. Membasmi ketombe – Ketombe memang menjadi masalah kesehatan rambut yang paling banyak dibicarakan. Ada banyak produk shampo anti ketombe dapat dengan mudah kita temukan. Namun ada cara yang alami dan sangat mudah. Yaitu dengan menggunakan lendir daun lidah buaya. Caranya seperti pada cara menyuburkan rambut.
  4. Menyembuhkan jerawat – Jerawat yang jelas terlihat dan ukuran nya besar, menyisakan bekas dan terkadang berpindah tempat. Untuk mengatasi masalah – masalah tersebut, daun lidah buaya bisa menjadi pilihan untuk menyelesaikannya. Lendir lidah buaya bisa diminum sebagai jus atau direbus dan diminum airnya. Dapat juga dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada jerawat, biarkan beberapa jam dan bilas dengan air hangat. Untuk pencegahan, anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah.
  5. Menghilangkan komedo – Komedo atau bintik – bintik hitam diwajah ternyata juga bisa disembuhkan dengan lendir ( gel ) lidah buaya. Oleskan lendir lidah buaya pada kulit yang ada komedonya. biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.
  6. Menghaluskan kulit – Daun lidah buaya ternyata sudah sejak lama dimanfaat kan untuk menghaluskan kulit. Yaitu dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada kulit 1-2 jam sebelum mandi.
  7. Menghilangkan bekas luka – Bekas luka yang terlihat seringkali membuat pemiliknya minder. Produk – produk untuk menghilangkan bekas luka sudah banyak dipasaran. Namun lidah buaya yang masih utuh bisa menghilangkan bekas luka lebih cepat. Bisa dengan cara mematahkan bagian daunnya dan dioleskan secara langsung, atau cara yang lebih aman yaitu mengambil lendir lidah buaya dan mengoleskannya secara berkala.
  8. Mencegah rambut rontok – Rambut rontok memang menjadi masalah, apalagi di usia yang tergolong masih muda. Shampo – shampo yang sudah ada dipasaran terkadang relatif lambat. Namun menggunakan lendir lidah buaya secara langsung dan masih segar, lebih efektif untuk mencegah dan mengobati kerontokan pada rambut.
  9. Menghambat penuaan dini – Sangat baik digunakan sebagai masker wajah. Selain menghaluskan kulit wajah, mencegah jerawat dan menghilangkan komedo, Daun lidah buaya ini juga sangat baik untuk memperlambat penuaan dini yang ditandai kerutan pada wajah.
  10. Melembabkan kulit – Sudah banyak buktinya ternyata memakai lendir lidah buaya untuk mandi atau sebagai lotion mampu melembabkan kulit dan mencegah kekeringan pada kulit.

Mungkin manfaat – manfaat lidah buaya yang tertulis diatas hanyalah sebagian kecil dari manfaat lidah buaya. Peran penting lidah buaya dalam bidang kesehatan, menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan kulit. Menyebabkan peran pentingnya itu diperebutkan oleh banyak pebisnis besar.

Sumhanallah……..

Semoga kita selalu menjadi orang yang pandai bersyukur dengan menjaga kesehatan sebagai karunia Tuhan yang amat sangat berharga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *