Obat Pengencer Darah Yang Aman Dan Sehat

Posted on

Obat Pengencer Darah Yang Aman Dan Sehat – Pengencer darah adalah obat-obatan yang dipakai untuk mengencerkan darah serta menghindar terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah sendiri bisa menyebabkan bermacam penyakit serius seperti serangan jantung serta stroke.

Obat pengencer darah begitu dibutuhkan oleh orang dengan keadaan medis spesifik seperti penyakit jantung, penyakit pembuluh darah, masalah irama jantung seperti fibrilasi atrium, pergantian katup jantung, kelainan jantung bawaan (kongenital), deep vein thrombosis, emboli paru, serta orang yang berisiko alami penggumpalan darah pascaoperasi.

Obat Pengencer Darah Yang Aman Dan Sehat
Obat Pengencer Darah Yang Aman Dan Sehat

Tidak cuma berbentuk obat, pengencer darah dapat juga Anda dapatkan dengan gampang pada sebagian type sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, maupun herbal.

Obat Pengencer Darah yang Butuh Anda Kenali

Saat ada luka, sel darah juga akan buat satu sistem untuk hentikan perdarahan. Itu adalah sistem normal yang dipunyai badan untuk membekukan darah. Tetapi, sistem itu bisa jadi problem saat bekuan darah jadi menggumpal karna sel darah membeku terlalu berlebih atau membeku ditempat yang salah. Kondisi ini bisa menghambat aliran darah ke organ, hingga diperlukan obat pengencer darah untuk beberapa kondisi yang sudah dijelaskan diatas supaya tidak berlangsung penggumpalan darah.

Ada dua type obat pengencer darah, yakni :

Antiplatelet

Obat type ini menghindar trombosit (platelet) untuk sama-sama melekat di pembuluh darah. Mengenai contoh antiplatelet mencakup aspirin, clopidogrel, ticagrelor, triflusal, serta ticlopidine.

Antikoagulan

Obat antikoagulan bekerja dengan menghalangi kerja dari beberapa aspek pembekuan darah yang dipunyai badan, hingga perlambat sistem pembentukan bekuan darah di badan Anda. Mengenai obat antikoagulan mencakup warfarin, heparin, enoxaparin, fondaparinux, rivaroxaban, dabigatran, serta apixaban.

Ketentuan Gunakan serta Dampak Samping Obat Pengencer Darah

Yakinkan untuk ikuti saran dokter dalam konsumsi obat-obatan pengencer darah. Pasalnya, obat pengencer darah bisa berhubungan dengan makanan, vitamin, serta obat-obatan spesifik. Berikan tahu dokter Anda mengenai semuanya obat serta suplemen yang tengah Anda mengkonsumsi. Anda juga butuh lakukan tes darah teratur untuk mengecek seberapa baik darah Anda membeku serta mengecek dampaktivitas obat itu. Perlu untuk Anda untuk meyakinkan kalau dosisnya cukup untuk menghindar penggumpalan darah tanpa ada menyebabkan resikonya.

Mengenai resikonya yang dapat diakibatkan obat pengencer darah yaitu :

  • Perdarahan adalah reaksi paling umum, dapat berbentuk perdarahan waktu mentsruasi jadi bertambah, mimisan, gusi berdarah, urine atau tinja bercampur darah dan berwarna merah atau hitam, ataupun luka yang selalu berdarah.
  • Nyeri perut.
  • Pusing.
  • Kekurangan otot.
  • Rambut rontok.
  • Ruam merah,

Untuk kurangi resiko pendarahan, umumnya dokter juga akan membatasi kesibukan yang gampang berlangsung bentrokan seperti berolahraga sepakbola. Tetapi Anda masih tetap dapat lakukan berolahraga yang aman seperti jalan kaki, jogging, maupun berenang. Anda juga butuh ekstra waspada saat memakai benda-benda tajam seperti pisau, gunting, atau benda tajam yang lain. Pengencer darah juga tingkatkan resiko terjadinya perdarahan organ dalam sesudah cedera, umpamanya karena terbentur di kepala atau jatuh. Oleh karenanya, Anda dianjurkan selekasnya ke dokter saat alami cedera meskipun tidak menyebabkan perdarahan yang tampak oleh mata.

Pengencer Darah Alami yang Dapat Anda Dapatkan Di Rumah

Terkecuali obat-obatan medis, ada pula sebagian pengencer darah yang alami, diantaranya :

Kunyit.

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit bekerja untuk menghindar trombosit menggumpal.

Jahe.

Kandungan salisilat yang ada pada jahe serupa dengan aspirin yang dapat menolong menghindar stroke. Makanan yang memiliki kandungan salisilat seperti alpukat, buah berikan, cabai, serta ceri, dapat juga menolong menghindar pembekuan darah.

Kayu manis.

Kandungan kumarin yang ada pada kayu manis bertindak jadi antikoagulan yang kuat, dan bisa turunkan desakan darah serta meredakan peradangan pada arthritis atau keadaan peradangan yang lain.

Vitamin E.

Makanan sumber vitamin E juga disebut-sebut jadi antikoagulan enteng yang bisa menolong menghindar pembekuan darah.

Makanan yang lain.

Sebagian makanan ini diakui bisa mengencerkan darah, seperti Bawang putih, tomat, buah anggur, nanas, delima, serta buah berikan, kacang kenari, almon, serta kacang mede. Serta ikan tenggiri, tuna, serta salmon.

Tetapi butuh Anda cermati juga, masih tetap dibutuhkan riset selanjutnya untuk meyakinkan pengencer darah alami diatas sama dampaktifnya dengan obat-obatan medis.

Terkecuali pengencer darah, untuk Anda pasien penyakit jantung serta pembuluh darah, umumnya dokter juga akan merekomendasikan untuk mengaplikasikan alur makan sehat dengan konsumsi buah serta sayuran fresh, gandum, minyak sehat, product susu rendah atau tanpa ada lemak, serta protein. Yang terutama, Anda tetaplah disarankan berkonsultasi serta memperiksakan-diri dengan teratur ke dokter untuk memperoleh perlakuan yang pas sesuai sama keadaan Anda.

Baca juga : Berikut Makanan Yang Bagus Untuk Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *