14 Obat Tradisional Ampuh Usir Semua Jenis Batuk

Posted on

14 Obat Tradisional Ampuh Usir Semua Jenis Batuk – Apakah anda pernah mengalami batuk..? “Pernah”. Batuk ditempat umum atau diantara banyak orang..? “sering”. Apakah anda merasa malu…? “kadang-kadang, tergantung jenis batuknya, jika batuknya seperti suara gledek atau suara kodok pastinya saya malu”. Apakah batuk yang anda derita membuat anda tidak nyaman…? “tentu, terutama jika batuknya berdahak dan batuk gatal ditenggorokan”. Lantas apa yang anda lakukan…? “Minum obat”. Apakah langsung sembuh…? “Ya…. kadang-kadang”. Apakah ada efek samping dari obat yang anda minum…? “Biasanya kalau sudah minum obat batuk, saya langsung merasa ngantuk”. Pernah mencoba mengobatinya dengan obat herbal..? “Herbal..?”  Ya, obat batuk alami. “Belum tuh”. Kenapa…? “Saya belum tahu obat batuk yang alami itu apa saja”. OK deh, saya kasih tahu ya sekarang.

obat batuk alami

Dari contoh percakapan singkat diatas, mungkin bisa kita simpulkan bahwa hampir setiap orang pernah mengalami batuk. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Batuk bisa membuat aktifitas kita terganggu, tidak nyaman dan terkadang membuat malu. Hal itu jangan dibiarkan dan harus segera diatasi. Sampai saat ini banyak orang lebih memilih obat medis untuk batuk yang bisa dengan mudah dibeli di warung atau apotek. Namun belum banyak yang tahu juga ternyata ada banyak tumbuhan alami yang ampuh dan sudah lama dimanfaatkan sebagai obat batuk herbal alami tanpa efek samping.

Cekidot.

Obat Batuk Tradisional, Alami, Herbal, Ampuh

1. Jahe – Jahe adalah satu diantara obat batuk berdahak tradisional yang populer di negara-negara Asia. Rasa hangat yang didapatkan tiap-tiap kita konsumsi jahe bakal mempermudah kita untuk keluarkan dahak yang datang dari paru-paru ataupun dari saluran pernafasan kita. Diluar itu rasa hangat itu dapat juga kurangi rasa gatal yang bisa menyebabkan munculnya batuk pada pasien dengan batuk kering. Hasiat hangatnya jahe juga emmbantu menghangatkan tubuhsehingga daya tahan tubuh lebih terjaga.

Anda dapat coba bikin teh jahe lewat cara sediakan 3 buah jahe ukuran medium, yang telah dicuci bersih serta dipotong. Lalu masukan kedalam 4 gelas air lantas di rebus sampai mendidih, anda dapat juga berikan daun peppermint seperlunya. Kombinasi ini di rebus sampai cairannya tersisa 1/2.

Tunggulah cairan ini sampai hangat, lalu anda dapat menghidangkannya dengan memberikan madu untuk memberi rasa manis. Minumlah ramuan teh jahe ini sejumlah 2 kali satu hari untuk menolong keluarkan dahak serta kurangi rasa gatal di tenggorokan.

obat batuk tradisional

2. Jeruk Nipis – Bukanlah rahasia lagi kalau jeruk nipis mempunyai manfaat sendiri dalam singkirkan batuk berdahak. Batuk berdahak berlangsung lantaran ada peradangan pada susunan lendir di saluran pernapasan. Tetapi terdapat banyak juga batuk berdahak yang dikarenakan oleh bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza serta campak.

Jeruk nipis bisa melegakan tenggorokan serta menolong keluarkan dahak. Sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa jeruk nipis bisa dengan gampang dikonsumsi, yaitu cukup campur 1 sendok makan perasan jeruk nipis dengan kecap serta diminum 2 kali satu hari.

Diluar itu, anda dapat coba kombinasi jeruk nipis serta madu yang dapat juga menolong meredakan batuk. Cukup campur 3 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok air panas. Aduk sampai rata serta kombinasi ini bisa anda mengkonsumsi 2 kali satu hari.

Langkah lain untuk menangani batuk dengan jeruk nipis yaitu, satu buah jeruk nipis di beri kapur sirih serta gula seperlunya. Langkahnya, iris jeruk nipis jadi dua sisi, sisi yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sesaat. Lalu kulit luar jeruk dibakar sampai berbuih, peras jeruk itu serta berikan sedikit gula batu. Sesudah tercampur rata, minumlah air perasan itu.

3. Daun sirih – Menanggung derita batuk berdahak sudah pasti begitu mengganggu kegiatan sehari-harinya anda yang padat serta mempunyai mobilitas yang tinggi. Pengobatan batuk berdahak mesti selekasnya dikerjakan untuk menghindar batuk makin kronis serta supaya anda dapat melakukan aktifitas seperti harusnya. Batuk berdahak nyatanya tidak cuma dapat diobati dengan obat-obatan yang di produksi oleh pabrik tetapi dapat pula diobati dengan beberapa bahan tradisional, satu diantaranya dengan daun sirih.

Langkah memakainya, rebus daun sirih seperlunya dengan sebagian irislah jahe. Minum air rebusan daun sirih serta jahe minimum sekali satu hari supaya badan tetaplah sehat serta hangat.

4. Buah pala muda – Cara mengobati batuk dengan memanfaatkan buah pala merupakan cara tradisional yang diwariskan nenek moyang kita. buah pala muda dengan ukuran kecilnya terbukti ampuh menyembuhkan batuk dan menghilangkan gatal di tenggorokan.

Caranya yaitu 3 buah pala muda dibakar, lebih tepatnya jika anda yang memilili tungku api, buah pala muda tersebut dimasukan kedalam abu panas atau dibawah kayu bakar yang sedang menyala. Kira-kira 5-10 menit kemudian ambil lalu biarkan sampai hangat. Potong menjadi beberapa potongan lalu makan, biasanya diberi garam sedikit jika anda kurang suka rasa asam dari buah pala. Lakukan cara ini 2 kali sehari dan batuk akan lebih cepat mereda.

5. Belimbing wuluh – Rasanya begitu asam serta kerap dipakai sebagai satu diantara bahan paling utama sayur asam, atau terkadang di proses jadi manisan belimbing wuluh. Tetapi, walau rasanya begitu asam, belimbing wuluh juga ampuh menyembuhkan batuk.

Langkahnya, bersihkan 10 belimbing wuluh lantas parut sampai halus. Masukan parutan itu dalam satu gelas air, berikan sedikit garam. Saring serta buang ampas belimbing wuluh, minum hasil saringan itu sejumlah 2 x satu hari setiap pagi serta sore.

6. Daun thyme – Bahan selanjutnya memanglah bukan adalah bahan asli Indonesia, tetapi telah banyak di pasarkan di negara kita. Daun ini datang dari Mesir berupa oval serta memiliki ukuran kecil dengan tangkai yang keras. Daun ini telah digunakan mulai sejak dulu oleh orang Yunani sebagai obat. Sebagai pereda batuk, daun ini mempunyai dampak anti bakteri serta memberi rasa lega di tenggorokan.

Caranya, haluskan segenggam daun thyme serta campur dengan 1 1/2 gelas air panas serta aduk sepanjang 10 hingga 15 menit. Anda dapat memberikan 1 sendok makan perasan lemon atau madu untuk memberi sedikit rasa manis pada ramuan ini. Minumlah ramuan ini 2 hingga 3 kali satu hari terlebih sebelum tidur.

obat batuk

7. Kunyit – Kunyit sudah di kenal mulai sejak lama sebagai tanaman rimpang yang kaya kandungan anti-biotik. Kandungan itu dapat menangani peradangan saluran pernapasan yang menyebabkan batuk kering.

Langkahnya, sediakan satu sendok bubuk kunyit serta 1/2 sendok teh bubuk merica, campur ke-2 bahan itu di air mendidih lantas aduk sampai rata. Minum ramuan itu pada saat hangat 2 x satu hari.

8. Cabe Jawa serta Madu – Madu mempunyai banyak manfaat, baik untuk kecantikan diantaranya menyembuhkan jerawat serta melembutkan kulit, dan baik juga untuk kesehatan seperti menghindar peluang penyakit jantung, menyembuhkan luka bakar sampai turunkan kandungan gula darah berlebihan. Diluar itu, madu akan begitu manjur mengusir batuk bila digabung dengan cabe jawa.

Langkahnya, sediakan 6 gr cabe jawa kering serta madu seperlunya, tumbuk cabe jawa kering sampai halus campur dengan satu sendok madu serta minum dengan cara teratur satu kali satu hari sampai pulih.

9. Daun kayu putih – Selain begitu manjur untuk menghangatkan badan, kayu putih dapat juga dipakai untuk bikin obat batuk tradisional. Langkahnya, rebus 10-15 gr daun kayu putih dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan itu pada saat hangat 2x sehari sampai batuk mereda.

10. Asam jawa serta gula jawa – Asam jawa serta gula merah begitu umum didapati di dapur-dapur orang Indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk bikin masakan jadi lebih lezat, gabungan asam jawa serta gula merah dapat menyembuhkan batuk juga. Langkahnya, sediakan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan satu gelas air panas serta berikan gula merah seperlunya. Aduk sampai rata serta tercampur semuanya, minum pada saat hangat.

11. Jahe Merah – Untuk jenis jahe merah ini, dapat dipakai untuk memberantas batuk kering. Batuk kering yaitu kebalikan batuk berdahak, di mana pada batuk kering basanya tanpa ada dibarengi dahak atau riak serta tak dibarengi sekresi pada saluran napas. Janganlah salah, pastikan jahe yang berwarna merah, bukanlah jahe umum. Kupas jahe merah itu sampai bersih, kunyah jahe itu, telan airnya serta buang ampasnya.

12. Daun saga – Anda tau tanaman saga…? Tanaman merambat yang memiliki biji berwarna merah dan satu bintik hitam sebagai ciri hasnya. Daun saga sering dimanfaatkan sebagian orang untuk dijadikan bahan gurah atau untuk memperindah suara. Daun saga sudah lama dijadikan campuran ramuan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya batuk.

Caranya yaitu dengan merebus segenggam daun saga beserta tangkainya dan dicampur dengan segenggam daun asam jawa. Didihkan dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan kemudian minum saat masih hangat 2x sehari.

13. Daun kemangi – Daun kemangi merupakan lalapan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Selain hasiatnya terkenal untuk kesuburan pria, daun kemangi juga memiliki hasiat untuk mengobati batuk kering yang melanda. Caranya yaitu dengan merebus segenggam daun kemangi sengan segelas air putih. Didihkan sampai air tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat 2x sehari.

14. Serai dan akarnya – Tanaman serai juga akrab dengan masakan, selain sebagai penambah rasa menjadi lebih maknyus. Serai juga mampu mengobati batuk yang anda derita.  Caranya yaitu dengan merebus beberapa batang serai serta akarnya dengan 2 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas. Dinginkan air rebusan tadi lalu minum saat hangat 2x sehari.

Itulah beberapa ramuan tradisional yang sering dilakukan untuk mengobati penyakit batuk yang mengganggu aktifitas keseharian kita. Pilih salah satu, jika kurang cocok atau bahannya aga susah, pilih ramuan yang mudah didapat saja.

Jenis – Jenis Batuk dan Penjelasannya

jenis-jenis batuk

Pada umumnya, batuk dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Batuk Produktif (Berdahak)

Batuk produktif (batuk berdahak) yaitu kondisi dimana ada dahak (lendir) atau keluarnya dahak waktu batuk. Keluarnya dahak ini bisa datang dari hidung, ataupun dari kerongkongan yang datang dari paru-paru. Penekanan pada batuk berdahak begitu tak disarankan. Hal semacam ini lantaran manfaat sesungguhnya yaitu membebaskan kerongkongan dari dahak itu supaya tak menghambat saluran pernafasan sebagian keadaan berikut ini yaitu keadaan yang bisa mengakibatkan batuk berdahak :

  • Infeksi virus – Saat terserang common cold umumnya batuk akan turut mengikuti lantaran infeksi virus yang menyebar. System imun yang lemah juga memudahkan virus masuk ke tubuh. Batuk itu umumnya datang dari dahak yang ada didalam tenggorokan.
  • Infeksi bakteri – Penyebabnya batuk setelah itu yaitu terinfeksinya saluran persapasan serta paru-paru. Terdapatnya dahak saat batuk dapat juga disebutkan sebagai tandanya penyakit pneumonia, bronchitis, sinusits maupun TBC.
  • Penyakit paru yang sudah lama – Penyakit paru yang sudah menahun atau COPD (Chronic obstructive pulmonary disease) bisa ditandai dengan batuk yag berdahak.
  • GERD – GERD umumnya berlangsung waktu kita tidur. GERD bakal menyebabkan batuk saat asam lambung perlahan-lahan naik ke tenggorokan.
  • Flu atau Pilek – Banyak yang menduga kalau batuk yang mengakibatkan flu. Walau demikian, flu atau pilek lah yang mengakibatkan batuk. Cairan yang ada pada hidung bakal turun ke kerongkongan serta pada akhirnya menyebabkan batuk.
  • Merokok – Rutinitas merokok juga aspek terpicunya batuk. Saat asap rokok masuk ke pada badan, saluran pernafasan juga bakal menyebabkan keluarnya lendir serta pada akhirnya mengakibatkan batuk.

2. Batuk Non-Produktif (Tidak Berdahak) atau BAtuk Kering

Tidak sama dengan batuk produktif, batuk non produktif tak keluarkan dahak serta lebih berbentuk ‘kering’ yang oleh karena itu kerap di kenal dengan batuk kering. Batuk type ini umumnya berlangsung saat tanda-tanda flu bakal selesai. Debu serta asap rokok yang masuk ke badan juga jadi penyebab umum timbulnya batuk kering ini. Ada banyak penyebabnya lain yang memberi reaksi bakal timbulnya batuk non produktif ini :

  • Infeksi virus – Sama seperti dengan batuk produktif, batuk kering juga dikarenakan oleh infeksi virus yang masuk ke pada badan. Walau demikian, batuk kering ini umumnya nampak saat commond cold telah selesai serta durasinya sampai meraih saat satu minggu bahkan juga lebih. Batuk ini bakal jadi tambah kronis waktu malam hari.
  • Bronchospasme – Iritasi spasme atau penyempitan saluran bronchus (bronchospasme) dapat juga jadi penyebabnya jadi tambah parahnya batuk terlebih pada malam hari yang umumnya kerap berlangsung dengan cara mendadak, serta kerap berlangsung pada anak-anak.
  • Alergi – Alergi pada debu, asap rokok sampai polusi hawa juga jadi penyebabnya munculnya batuk. Keadaan ini semakin lebih kronis bila batuk kering diikuti dengan flu atau bersin-bersin.
  • Obat-obatan – Siapa katakan kalau cuma kotoran saja yang bisa mengakibatkan batuk. Obat-obatan seperti obat darah tinggi, misalnya ACE inhibitor, dapat juga menyebabkan penyakit batuk non produktif ini.
  • Asma – Lantaran keduanya sama bersumber dari saluran pernafasan, tak heran bila batuk bakal mempunyai efek yang cukup besar sebagai penyebab penyakit asma.
  • Saluran pernafasan terblokir – Terblokirnya saluran pernafasan oleh benda asing bisa mengakibatkan batuk juga. Konsumsi makanan serta pil-pil yang tidak cocok ketentuan bakal menyebabkan batuk kering.
  • Infeksi virus – adalah penyebabnya umum yang bisa memicuk batuk, baik yang produktif (berdahak) ataupun yang non produktif (tak berdahak). Obat yang pas untuk menanganinya tidaklah antibiotika, seperti yang umumnya orang yakin. Resikonya seperti mual, muntah, diare, ruam serta infeksi jamur bisa berlangsung bila konsumsi antibiotika dalam jumlah, langkah, saat dan ukuran yg tidak akurat. Bakteri baikpun terancam hilang dengan konsumsi antibiotika.

obat batuk alami

Batuk Kering Batuk kering dibagi lagi jadi tiga jenis, yakni :

  • Batuk kering umum – Seringkali dikarenakan oleh infeksi virus dari hidung serta tenggorokan. Dimana Anda bakal alami batuk terus-terusan dengan perasaan ada suatu hal yang mengganjal di tenggorokan. Umumnya bakal pulih dalam 1 atau 2 minggu.
  • Batuk menggonggong atau croup – Batuk yang demikian gigih serta beberapa hingga suaranya serupa dengan lolongan anjing atau seperti suara kodok bahkan seperti suara gledeg, terlebih tampak pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita nada). Saat pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan serta kesusahan bernafas.
  • Batuk rejan – dimaksud dengan juga batuk 100 hari atau pertusis, yang dikarenakan oleh bakteri. Sekarang ini peristiwanya begitu tidak sering lantaran ada program imunisasi (DPT) yang digerakkan oleh pemerintah Indonesia. Keadaan ini umumnya cuma tampak pada anak-anak. Ini yaitu batuk dimana pasien batuk terus-terusan, kemudian ada nada teriakan ciri-ciri istik serta nada keras tarikan napas.

Itulah penjelasan sekelumit tentang penyakit batuk yang kerap terjadi menimpa siapa saja termasuk kita. Langkah terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh agar terhindar dari batuk tersebut. Pilihlah obat-obatan yang aman dan sebaiknya manfaatkan hasian alam yang Tuhan ciptakan sebagai rasa saya pada makhluk ciptaannya.

Baca pula :

Terimakasih sudah menyimak, semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *