ROSELA ; Asam & Kecut Rasanya Manis & Segar Hasiatnya

Posted on

ROSELA ; Asam & Kecut Rasanya Manis & Segar Hasiatnya – Rosela (Hibiscus sabdariffa) atau mungkin anda lebih mengenal namanya dengan nama teh rosela. Nama teh rosela bukanlah merek produk pembuat teh pada umumnya. Melainkan teh yang dibuat dari sejenis tanaman bunga berwarna merah yang menurut sejarahnya bunga tersebut berasal dari benua Afrika. Seperti halnya manfaat teh bunga melati untuk kesehatan yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Hasiat manis dari bunga yang terkenal memiliki rasa begitu asam dan kecut ternyata lebih banyak.

Rosela yaitu tanaman tropis yang datang dari benua Afrika. Tetapi saat ini, tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini telah populer di beberapa belahan dunia, tak kecuali di Indonesia. Daya pikat rosela bukan sekedar dari warnanya yang merah jelas, namun juga dari banyak nutrisi yang terdapat pada bunga ini. Bunga rosela terdaftar memiliki kandungan beragam vitamin (A, B1, B2, B3, serta C), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serta natrium.

hasiat bunga rosela

Bagi anda yang mungkin sedang mencari” tahu tentang manfaat teh rosela, tak ada salahnya jika saya jelaskan bahwa sebenarnya memanfaatkan bunga rosela tidak hanya disajikan dalam bentuk teh. Akan tetapi rosela banyak dijadikan selai untuk produk makanan semacam kue dsb. Rosela juga sering dijadikan sayur oleh beberapa keluarga di negara luar. Rosela juga terkenal dijadikan obat herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan bahkan penyakit berat sekalipun.

Bunga Rosela Bisa Dibuat Apa Saja…?

  • Rosela Dibuat Teh

Rosela (rosella) yang paling umum dikenal memang dijadikan teh yang bermanfaat sebagai obat. Dalam kata lain “rosela merupakan teh obat herbal“.

Cara membuat teh rosela cukup mudah, anda dapat manjadikannya bubuk atau kelopak bunga utuh yang diseduh dengan air seperti halnya anda menyeduh teh hijau. Bunga rosela yang memiliki warna has merah terang menyala dipetik kemudian dijemur 1-2 hari. Setelah itu cuci dengan air bersih dan dijemur kembali 2-3 hari. Untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, sebaiknya bunga rosela yang sudah kering disimpan pada wadah yang tertutup rapat.

Bila anda sering atau rajin mengkonsumsi teh rosela, rasakan hasiatnya pada tubuh anda. Betapa dahsyatnya manis hasiat dibalik rasanya yang asam juga kecut itu. Tubuh semakin segar bugar, lebih terhindar dari berbagai macam penyakit karena kekebalan tubuh semakin kuat.

hasiat rosela

  • Rosela Dibuat Selai

Selain dibuat teh (rosella tea), kini bunga merah pemiliki berjuta hasiat itu banyak dijadikan dalam bentuk selai, gunanya agar lebih simpel ketika mengkonsumsinya. Selai rosela seringkali dijadikan teman makanan semacam kue atau pun roti untuk sarapan. Warna merah yang menggoda selintas terlihat seperti selai strawberi, namun ketika diicip, jelas terasa bedanya. Di Afrika sana, rosela dijadikan selai atau cermat. Itu didapat dari serat yang terdapat dalam kelopak rosela.

Rosela dapat juga di buat salad buah yang dikonsumsi mentah. Bisa pula dikonsumsi dengan kacang tumbuk atau di rebus sebagai pengisi kue setelah dimasak dengan gula. Sering bisap-sebutan rosela di Senegal disuguhi sebagai minuman tradisional waktu natal. Langkahnya, kelopak rosela ditambah irisan jahe serta gula lantas di taruh pada teko tembikar. Kemudian dididihkan serta diamkan semalam. Dihidangkan dengan memberikan es serta rum, ‘Jus’ itu berasa, beraroma, serta berwarna serupa minuman anggur.

  • Rosela Dibuat Sayuran

Bagian yang lebih sering dibuat sayur adalah daunya. Daun rosella di proses lewat cara dikukus berbarengan dengan lentil 5 serta dikonsumsi sebagai bubur. Masakan itu juga dicampur dengan rempah-rempah serta di buat jadi Pacchadi.

  • Rosela Dibuat Obat

Banyak bagian dari tanaman rosela juga diklaim mempunyai nilai herbal dalam soal obat-obatan. Ternyata sudah dipakai untuk maksud penyembuhan berbagai macam penyakit dibeberapa negara seperti Meksiko lewat Afrika, serta dari India sampai menyebar ke Thailand sampai Indonesia. Rosella dihubungkan dengan obat tradisional serta diakui dapat menyembuhkan sebagian penyakit seperti hipertensi serta infeksi saluran kemih dan lebih banyak lagi nanti dijelaskan.

hasiat rosela

Rosela memiliki kandungan beragam jenis nutrisi dan vitamin salah satunya vitamin A, B1, B2, serta B3. Bunga merah yang menawan ini terkadang dipelihara hanya sebagai tanaman hias saja karena pemilikinya mungkin belum tahu hasiatnya. Namun untuk anda yang sedang membaca tulisan ini saya akan sampai beberapa contoh hasiat yang dimiliki bunga rosela si merah mempesona ini. Hasiat rosela yang dipercaya oleh khalayak umum walau belum teruji semuanya dengan cara komplit.

Hasiat Dahsyat  Bunga Rosela

1. Menurunkan Hipertensi (tekanan darah tinggi) – Banyak riset mengungkapkan jika minum teh rosela efisien turunkan hipertensi (tekanan darah) pada pasien tekanan darah stadium awal. Ada juga riset yang mengungkap bila meminum teh rosela sama seperti dengan minum obat captopril yang disarankan untuk pasien hipertensi enteng sampai tengah. Walau demikian, riset lebih komplit tentang dampak positif atau negatif dari rosela dalam kurangi desakan darah tinggi masihlah diperlukan.

2. Mencegah Kanker – Anthocyanin yaitu senyawa anti-oksidan yang disebut asli dari kandungan rosela serta tidak sering ada pada bunga atau tanaman bermanfaat yang lain. Senyawa ini punya potensi menyembuhkan kanker. Walau bagaimanapun riset selalu dikerjakan serta dikaji untuk mencari kebenaran mengenai hasiat kandungan yang ada pada rosela.

Senyawa anti-oksidan bernama anthocyanin yang terdapat dalam rosela dikira sebagai kunci antikanker di bunga ini. Riset selalu dilanjutkan untuk mencari kebenaran hal semacam ini.

3. Mencegah Obesitas – Beberapa pakar gizi di Taiwan temukan dalam riset kalau ekstrak rosela mempunyai efek positif pada pencernaan serta metabolisme badan. Diperkirakan, konsumsi rosela bisa menghindar obesitas (kegemukan) serta membuat perlindungan organ lever dari penimbunan lemak. Tetapi hal semacam ini belum dapat dibuktikan dengan cara komplit serta menyeluruh, masihlah butuh di teliti lebih jauh.

hasiat rosela

4. Mencegah Cholesterol tinggi – Banyak beberapa pakar gizi lakukan riset mengungkap kalau konsumsi teh rosela dapat kurangi kandungan cholesterol pada pasien diabetes. Tetapi buktinya belum cukup untuk mensupport pendapat beberapa pakar itu.

5. Mencegah Osteoporosis (tulang keropos) – Tulang yang kuat merupakan idaman semua orang. Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan salah satu masalah penyakit yang kerap kali menimpa tak hanya pada orang yang lanjut usia, Banyak pula orang yang masih tergolong muda namun mengalami pengeroposan tulang ini. Bunga rosela dipercaya dapat memperkuat tulang dfan menjaga kesehatannya.

Riset yang lain kalau rosela dapat mengobati sembelit, tingkatkan selera makan, serta menangani iritasi pada lambung.

Apakah rosela mengandung efek samping…?

Keamanan rosela untuk ibu hamil serta yang tengah menyusui belum di pastikan seutuhnya. Oleh karenanya baiknya dihindari oleh ibu hamil serta yang tengah berikan ASI. Rosela disangka bisa mengakibatkan menstruasi serta keguguran.

Rosela janganlah dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui lantaran dapat mengakibatkan keguguran. Rosela bisa turunkan tekanan darah tinggi. Bila Anda pengidap tekanan darah rendah, jauhilah konsumsi rosela serta pasien yang bakal dioperasi disarankan untuk berhenti konsumsi rosela sekurang-kurangnya 14 sebelumnya operasi. Janganlah konsumsi beberapa produk rosela bila tak tercatat di BPOM. Berkonsultasilah dengan dokter atau pakar kesehatan yang lain bila sangsi konsumsi rosela sebagai obat atau minuman.

hasiat rosela

Hasiat dahsyat teh rosela :

  1. Rosela memiliki kandungan zat Issuetin, antosianin serta glukosida hibiscin yang ampuh menghindar penyakit katarak .
  2. Rosela bisa membuat cerah kulit dari dalam hingga permukaan kulit tampak makin putih serta merona.
  3. Rosela memiliki kandungan zat elektolit yang serupa cairan badan hingga dapat menghindar badan diserang dehidrasi .
  4. Rosela manjaga kesehatan mata, melakukan perbaikan kesehatan di sekitar jaringan mata serta tingkatkan ketajaman penglihatan .
  5. Rosela mengobati infeksi serta peradangan akibat luka pada saluran kemih .
  6. Rosela mengobati penyakit anemia atau kurang sel sel darah merah pada badan.
  7. Rosela bisa meredakan sakit serta mengobati pembengkakan akibat gigitan serangga termasuk juga lebah, nyamuk serta tawon.
  8. Rosela bisa mengobati penyakit kulit termasuk juga jerawat, kudis, gatal gatal, eksim serta lain lain.
  9. Rosela Bisa hentikan kejang kejang otot lantaran di dalam bunga Rosella terkadung zat anti spasmodik
  10. Rosela bisa kurangi depresi serta kemelut saraf otak akibat stres yang berkepanjangan.
  11. Rosela menghalangi perkembangan jamur, bakteri serta parasit di dalam organ badan lantaran hasil dari sisa limbah makanan yang dikonsumsi.
  12. Rosela bisa menjaga kesehatan usus serta bersihkan dinding usus.
  13. Rosela bisa melakukan perbaikan jaringan otak pada anak anak yang masih tetap dalam saat pertumbuhan.
  14. Rosela menghindar terjadinya pendarahan berat pada ibu hamiol dimasa persalinan.
  15. Rosela menyetabilkan hormon pria serta wanita supaya badannya selalu sehat serta bugar.
  16. Rosela tingkatkan perubahan saraf pada jaringan kepal serta badan lain.
  17. Rosela bisa menjaga stamina badan dalam 24 jam.
  18. Rosela bisa menanglak dampak jelek dari radikal bebas.
  19. Rosela mencegah perkembangan sel kanker.
  20. Rosela membantu menguatkan serta tingkatkan masa tulang serta menghindar pengapuran.
  21. Rosela membantu regenerasi sel sel pada badan hingga badan terproteksi dari serangan bakteri serta kuman.
  22. Rosela sebagi detoksifikasi karean mempunyai zat anti radang serta bakteri yang dapat menetralisir dan keluarkan toksin pada badan lewat urin serta keringat.
  23. Rosela menghindari serta menyetabilkan desakan darah yang tengah meningkat.
  24. Rosela menghindar serta menyetabilkan cholesterol jahat dalam darah.
  25. Rosela menghindar serta menyetabilkan kandungan gula dalam darah.
  26. Rosela membantu mempercepat sistem pengobatan pada luka yang terbuka.
  27. Rosela melakukan tindakan sebagai antioksida aktif.
  28. Rosela membantu memperlancar metabolisme badan.
  29. Rosela membantu melangsingkan badan serta menjaga bobot badan ideal yang sudah sukses dicapai.
  30. Rosela membantu menghindari serta menyetabilkan asam urat dalam darah.
  31. Rosela membantu memperlancar system aliran darah termasuk juga anak anak.
  32. Rosela menyehatkan pembuluh arteri yang menuju jantung.
  33. Rosela sebagia anti penuaan atau anti aging alami.
  34. Rosela bisa membantu mengobati wasir dengan cepat.
  35. Rosela membantu mengobati sakit maag yang sudah terkena sepanjang bertahun tahun.
  36. Rosela membantu menghindari terjadinya panas dalam akibat pergantian cuaca atau kelelahan.
  37. Rosela membantu menghindari sembelit serta memperlancar air seni.
  38. Rosela membantu mengahancurkan kristalisasi lemak serta cholesterol di dalam jaringan hati.
  39. Rosela membantu mengobati sakit kepam termasuk juga migrain serta vertigo.
  40. Rosela membantu mengobati sakit serta radang tenggoriokan akibat batuk batuk.
  41. Rosela bisa menyehatkan jantung supaya bisa memompa darah lebih lanacar.
  42. Rosela membantu menghindar serangan stroke mendadak.
  43. Rosela bisa kurangi dampak jelek nikotin di dalam darah serta sekitaran paru paru.
  44. Rosela membantu mengobati penyakit TBC dengan cara systematik (perlahan-lahan namun tentu).
  45. Rosela membantu menyehatkan wanita yang sudah alami menopause.

Sebanyak apapun hasiatnya, tetaplah perhatikan jumlah konsumsinya. Kebanyakan pun tidak baik, sebaiknya cukup namun rutin dan teratur.

Terimakasih sudah menyimak, semoga kita sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *