7 Tanaman Untuk Mengobati Luka Luar Dengan Cepat

Posted on

7 Tanaman Untuk Mengobati Luka Luar Dengan Cepat – Luka luar mungkin sudah tak perlu dijelaskan lagi tentang penyebab dan macamnya. Kenapa demikian..? Karena luka luar sudah sering kita alami bahkan sejak kecil, paling tidak ya… pernah lah. Misalnya jari terluka saat memotong atau mengiris sesuatu, bagian tubuh terluka karena jatuh dan sebagainya. Apapun penyebab dan jenis lukanya, hal yang paling pertama dilakukan oleh Ibu saat saya masih kecil yaitu mencari tanaman bernama babadotan dan hasiatnya tak harus menunggu lama, darah nya mereda dan lukanya cepat kering.

Tanpa kita sadari terdapat beberapa tanaman di sekitar kita yang bisa kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari, tak hanya babadotan (bandotan). Dikesempatan ini saya menginginkan sharing mengenai sebagian Tanaman yang bisa kita pakai untuk Menyembuhkan Luka Luar. Sebagian tanaman yg kerap kita temui yang dapat kita gunkan sebagai obat alternatif untuk membantu menyembuhkan serta memperingan jika kita mempunyai Luka Luar.

Kumpulan tanaman untuk mengobati luka luar

1. Pegagan (Centella Asiatica)

Pegagan (Centela Asiatica) atau kerap dimaksud juga daun tapak kuda adalah tanaman herba menyebar mempunyai kandungan glikosida triterpenoida yang dimaksud asiaticoside adalah antilepra serta penyembuh luka yang begitu mengagumkan. Daun pegagan juga mempunyai Saponin yang dapat menghalangi jaringan sisa luka yang terlalu berlebih (menghalangi terjadinya keloid). Umumnya pegagan dikonsumsi fresh untuk lalapan, namun ada yang dikeringkan untuk jadikan teh.

hasiat daun pegagan

Tips-nya : bila anda mempunyai luka luar Langkahnya cukup hanya tempelkan daun pegagan ditempat luka, atau langkahnya dapat dengan dihaluskan terlebih dulu, baru ditempelkan.

note : Daun pegagan diketahui juga sebagai tanaman yang membantu mengobati amnesia (lupa ingatan)

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya memiliki kandungan beragam jenis senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, beragam lektin serta zat saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada pada lidah buaya adalah zat yang bisa mencegah bakteri.
Rahasia tanaman ini nyatanya ada di bagian daunnya Ladies. Di balik daunnya yang unik serta berduri itu ada zat anti bakteri, anti jamur, serta anti virus yang bisa menghindar luka Anda dari infeksi. Tak berhenti hingga di situ saja, nyatanya tanaman ini dapat memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen hingga kulit Anda yang alami luka semakin lebih cepat terobati.

hasiat daun lidah buaya

note : Baca Selengkapnya Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta kesuburan rambut.

3. Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata)

Pada intinya semua sisi tanaman cocor bebek dapat dipakai sebagai obat, walau demikian umumnya yang kerap digunakan yaitu daun cocor bebek, karena daunya merupakan bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak terkandung air serta berlendir.
Daun cocor bebek banyak terkandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat serta tanin. mempunyai memiliki karakter antiradang, hentikan perdarahan, kurangi pembengkakan, serta mempercepat pengobatan luka.

hasiat daun cocor bebek
Tips-nya : “Ambil Daun cocor bebek seperlunya diparut atau ditumbuk. Berikan sedikit air serta oleskan di bagian badan yang luka, ganti tiap-tiap tiga jam sekali atau setelah tumbukan mengering. ”

4. Jahe (Zingiber officinale)

Hasiat jahe memang sudah sangat terkenal, dibalik rasa pedas dan hangatnya, terlebih lantaran kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, serta resin pahit.
Apabila anda mengalami luka akibat teriris pisau atau lantaran yang lain, ambil jahe (terserah ingin jahe merah atau jahe putih) seperlunya bergantung dari jumlah luka yang akan diobati, lalu kita parut jahe itu kemudian kita oleskan pada luka kita yang terlebih dulu sudah dicuci bersih.

hasiat jahe

Baca juga : 13 MAnfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

5. Daun Senduduk (Melastoma malabathricum)

Daun senduduk yaitu satu diantara jenis tanaman yang banyak tumbuh liar mempunyai bunga warna merah muda serta ada yang putih, buahnya umumnya jadi makanan burung cerocok.

hasiat daun senduduk

Langkah memakai daun senduduk untuk menyembuhkan luka yaitu dengan langkah mengambil daun senduduk seperlunya (tergantung besar kecilnya luka yang akan kita pulihkan) lalu kita kunyah-kunyah hingga lumat, lalu kita oleskan atau tempelkan keluka yang telah kita bersihkan lalu kita bungkus dengan kain, biarlah hingga satu jam lalu kita ganti lagi dengan yang baru.

6. Babadotan (Ageratum conyzoides)

Babadotan adalah herba menahun, tegak dengan ketinggian 30 – 80 cm serta memiliki daya penyesuaian yang tinggi, hingga gampang tumbuh di mana-mana serta kerap jadi gulma atau tanaman hama yang merugikan beberapa petani. Tetapi dibalik itu Ageratum conyzoides bisa digunakan sebagai obat, pestisida serta herbisida, bahkan juga untuk pupuk bisa tingkatkan hasil produksi tanaman. Babadotan mempunyai bau yang keras. Babadotan bisa dipakai untuk mengobati Luka berdarah, bisul serta eksim. Tak hanya itu, daun babadotan ini juga mampu mengobati luka dalam.

Tips – Bersihkan herba bandotan (babadotan) fresh seperlunya hingga bersih, lantas tumbuk hingga halus. Terapkan ramuan ke bagian badan yang sakit (luka), lantas balut dengan perban. Dalam satu hari, ganti balutan 3-4 kali. Kerjakan penyembuhan ini hingga pulih.

hasiat daun babadotan

Tanaman ini begitu gampang diketemukan dikebun atau diarea tanah yang kosong lantaran kerap tumbuh sebagai gulma. Tanaman ini begitu bermanfaat utk hentikan pendarahan jika ada sisi badan kita yg terluka/tergores, sebagai bahan pertolongan pertama jika kita ada di luar tempat tinggal.

7. Getah Pisang Mas

Getah pisang kerap juga dijadikan alternatif obat luka sebagai pertolongan pertama. Misalnya kita saat jauh dari rumah atau sedanga berada di kebun. Getang pisang yang masih mentah bisa dijadikan obat dengan maksud agar luka pendarahannya cepat berhenti dan mengering. Alhasil getah pisang ini berperan seperti lem atau perekat kulit yang robek atau luka.

hasiat getah pisang

Caranya adalah hanya dengan memotong sebagian buah pisang yang masih mentah kemudian dilumatkan pada bagian luka.

Back to natural

Selagi ada sebaiknya gunakan bahan-bahan alami sebagai onbat apa saja yang kita alami. Salah satunya mungkin yang sering kita alami yaitu kita mengalami luka terutama bagian luka luar. Dalam dunia medis ada yang disebut plester sebagai penutup luka luar, namun tahukah anda bahwa ternyata dedaunan yang sudah lama ada disekeliling kita adalah plester alami ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

Caranya pun sangat mudah dan sederhana ada yang ditumbuk, digosok sampai lemas, diremas sampai keluar air dan sebagainya. Apapun caranya, bahan-bahan dari alam terbukti ampuh dalam mengobati luka baik itu luka luar maupun luka dalam.

Terimakasih sudah menyimak, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *