6 Tips Mudah Memilih Pembalut Aman dan Sehat

Posted on

6 Tips Mudah Memilih Pembalut Aman dan Sehat – Hai hai hai….. Buat kalian kaum hawa, terutama yang masih tergolong ABG ya…… hati-hati dalam memilih roti saat kalian haid. Haid atau sering juga disebut datang bulan pada umumnya terjadi mulai usia 9 tahun dan itu menunjukan bahwa anak perempuan tersebut mulai memasuki usia dewasa. Pada kesempatan ini kita tak akan bahas masalah haidnya teman, melainkan proteks saat haidnya. Bagi yang baru-baru mungkin belum banyak mengetahui tentang produk-produk pembalut yang aman dipakai. Aman bukan berarti tidak bocor saja, tapi sehat dan tidak menimbulkan efek samping seperti gatal atau iritasi disekitar yang diproteksinya.

Kalian mungki bisa bertanya pada kaka, teman atau sodara yang mungkin sudha terlebih dahulu mengalami haid. Namun belum tentu juga teman, kaka atau sodara yang kita tanya tersebut hapal bagaimana cara memilih pembalut yang aman dan sehat. Simak terus artikel berikut dan kalian akan mendapatkan jawabannya dan juga tips memilih pembalut yang aman dan sehat.

Pada intinya satu product pembalut wanita sebaiknya bersih serta tak memiliki kandungan zat beresiko, ini lantaran pembalut kontak langsung dengan ruang intim wanita yang semestinya terjaga baik kebersihan ataupun kesehatannya. Kandungan zat klorin yang disebut zat beresiko dinilai sudah melampoi ambang batas serta dapat menyebabkan permasalahan kesehatan serius apabila digunakan terus-menerus dalam periode panjang.

Di antara tanda-tanda pembalut yang baik yaitu bersih serta tak memiliki kandungan zat asing, tak menyebabkan iritasi atau alergi, tak berbau, netral serta lembut. Daya serap satu pembalut yang ideal yaitu 10 x lipat dari berat pembalut, bila itu tak tercukupi jadi dapat di pastikan pembalut itu tidak penuhi standard.

pembalut aman dan sehat

Sesaat masalah warna, pembalut sebaiknya putih serta tak memiliki kandungan zat pewarna. Terkecuali hal di atas, pembalut semestinya juga di beri tanggal kadaluarsa.

Masalahnya yaitu nyaris semuanya persyaratan pembalut yang ideal ini tak tercukupi di indonesia, walau kita keduanya sama tau sangat banyak merk pembalut di market.

6 Tips Mudah Memilih Pembalut yang Aman Dan Sehat :

1. Menentukan Pembalut Mana Yang Cocok Dengan Anda

Pastikan pembalut yang pas buat anda. Pas dalam arti bukan hanya pas ukurannya, namun saat anda pakai tak menyebabkan gatal-gatal atau bahkan juga iritasi dan nyaman untuk dipakai. Untuk tahu hal semacam ini, anda dapat coba sebagian merk pembalut lalu pilih mana yang cocok serta pas. Anda sendiri yang merasakannya dan kemungkinan pembalut yang cocok berbeda-beda antara anda dan teman anda misalnya.

tips memilih pembalut wanita

2. Pilihlah Pembalut yang Lembut dan Memiliki Daya Serap Tinggi

Tips ke-2 untuk memilih pembalut yang aman dan sehat yaitu dengan mengetahui keadaan fisik pembalut yang akan dipakai tersebut. Tentukan pembalut yang memiliki bahan lembut dengan daya serap tinggi. Makin tinggi daya serapnya jadi makin bagus dan anda tidak akan was-was pembalut tersebut mengalami kebocoran. Caranya ya dengan mencoba beberapa merek pembalut dan anda sendiri yang bisa menentukannya dengan beberapa pertimbangan tentunya.

  • Tes daya serap pembalut

Masukan  air sekitar 35 – 50 ml/cc pada permukaan pembalut.

Diamkan beberapa saat, lantas tekan dengan selembar tisu kering ke permukaan pembalut itu. Upayakan tekan agak kuat, seperti bila pembalut yang digunakan kita menempati.

tes daya serap pembalut wanita

  • Apa yang terjadi pada pembalut tersebut?

Bila tisu tersebut basah, itu tandanya daya serap pembalut kurang mencukupi serta sebaiknya janganlah gunakan pembalut yang seperti itu. Lantaran bila permukaan pembalut basah karena daya serap yang minim, jadi kelembapan miss V bakal terganggu, bila berlangsung terus-menerus akan beresiko makin banyak bakteri yang tumbuh di ruang intim anda.

3. Jangan Terkecoh Memilih Pembalut yang Berbahan Pewangi

Sebagian dari anda tentunya menyukai pembalut yang wangi. Namun tahukah anda bahwa bahan pewangi ini begitu beresiko untuk organ intim? mungkin saja cuma beberapa dari anda yang tau. Pewangi pada pembalut biasanya terbuat berbahan kimia beresiko, jadi dalam periode panjang bakal menyebabkan beragam komplikasi serta infeksi. Umpamanya infeksi jamur vagina dsb.

4. Ingat..! Pakai Pembalut Sekali Pakai (Habis Pakai 1x, Buang)

Hal yang harus diingat terutama para remaja yang masih tergolong baru menggunakan dan membiasakan diri bersahabat dengan pembalut saat haid. Pakai pembalut cuma satu kali saja, janganlah membersihkan lantas memakainya kembali. Pembalut yang dipakai berulang-kali bakal berisiko menyebabkan infeksi jamur maupun bakteri. Hal semacam ini kerapkali menyebabkan gatal atau kemerahan pada ruang kewanitaan.

5. Mengganti Pembalut Dengan Teratur

Gantilah pembalut yang anda pakai setiap 2-3 jam sekali atau cocokan dengan volume banyaknya darah yang keluar. Ingat, anda tak boleh malas ganti pembalut demi keamanan, kesehatan serta kenyamanan anda. Jangan pernah menanti pembalut penuh dengan darah haid, baru anda menggantinya. Hal tersebut akan beresiko menimbulkan efek samping dan pembalut tersebut bisa saja bocor.

6. Mengutamakan Kwalitas Pembalut yang Dipilih

Harga biasanya menentukan kualitas, namun jangan terpaku pada pembalut yang harganya aga mahal berarti pembalut tersebut berkualitas. Namun tentunya ya pasti juga jika dibandingkan dengan pembalut yang murah. Tentunya anda harus memilih yang berkualitas, jangan terkecoh karena harganya yang lebih murah sedikit atau bentuknya lebih menarik. Yang jadi permasalahan yaitu saat anda pilih beli pembalut yang murah, selalu berlangsung iritasi atau gatal-gatal, serta anda jadi menyalahkan merk pembalutnya. Walau sebenarnya terang anda sendiri yang pilih merk pembalut itu.

  • Tes kwalitas serta kandungan beresiko pada pembalut

Sediakan 1/2 gelas air putih, upayakan pakai gelas kaca yang bening supaya sistem tes dapat tampak jelas. Sediakan juga batang pengaduk, dapat memakai sumpit atau batang sendok.

Sobek pembalut serta ambillah sisi dalam pembalut yang berbentuk kapas atau bahan penyerap. Masukan kapas atau bahan penyerap yang telah di ambil beberapa saja kedalam gelas yang diisi air tersebut.

tes kwalitas pembalut wanita

  • Amati apa yang terjadi

Apakah kapas atau bahan penyerap hancur seperti kertas atau cuma airnya saja yang keruh. Bila hancur seperti kertas berarti bahan pembalut itu kurang berkwalitas apabila airnya hanya keruh jadi bahan pembalut itu memiliki kandungan bahan beresiko seperti pewarna klorin. Pembalut yang berkwalitas tinggi, tidak akan meninggalkan warna keruh pada air dan bahannya tidak akan hancur.

Mengetahui Lebih Jauh Jenis Pembalut Supaya Terlepas dari Bahaya

Kurangnya wawasan kaum hawa mengenai pembalut memanglah sangat memprihatinkan. Umumnya dari mereka yang sembarangan membeli pembalut tanpa tau type serta jenisnya, lebih-lebih beberapa remaja yang malah kerap meremehkan kwalitas pembalut yang mereka beli. Beberapa kaum hawa malah sukai pilih pembalut yang menarik baik bentuk maupun wadahnya, terlebih bila beli 2 gratis 1, mereka tentu tidak akan menampiknya. hehehe….

Pilih persyaratan pembalut yang merujuk pada kwalitas kesehatan serta keamanannya sebaiknya 6 tips diatas dijadikan dasar kaum hawa supaya terlepas dari bahaya penggunaan pembalut dikemudian hari.

  • Apa Boleh Pembalut Berwarna Selain Warna Putih?

Untuk warna selain putih pada pembalut masihlah dibolehkan tetapi cuma untuk pemberi tanda pembalutnya saja, untuk tidak bahan paling utama atau sisi yang kontak dengan daerah intim wanita, bagian itu haruslah berwarna putih. Pada intinya memanglah pewarna pada pembalut tak diijinkan, cuma saja masihlah ada oknum-oknum nakal yang hiasi pembalut jadi berwarna-warni. Ini beresiko, jadi jauhi dan jangan sesekali coba menggunakannya bila temukan pembalut wanita seperti ini.

  • Apa Manfaat Zat Klorin Pada Pembalut?

Klorin atau dioksin adalah zat yang umum digunakan dalam sistem awal pemutihan pembalut.

  • Mengapa mesti di putihkan?

Bahan pembalut terbuat dari olahan kombinasi kapas serta rayon, sistem pencampuran ini membuahkan bahan jadi yang berwarna buruk kecoklatan, hingga dibutuhkan pemutih klorin untuk memutihkannya.

Sekurang-kurangnya ada dua type sistem pemutihan pada pembalut, yang pertama sistem menggunakan klorin untuk memutihkan serta ke-2 sistem yang bebas klorin untuk memutihkan.

Sistem yang bebas klorin untuk memutihkan ini terdiri lagi jadi dua, yakni Elemental chlorine-free (menggunakan klorin namun dengan kandungan rendah) serta ke-2 Totaly free chlorine bleaching (sekalipun tak menggunakan klorin).

Di Amerika standard kandungan klorin pada pembalut yang dibolehkan yaitu yang Elemental chlorine-free artinya masihlah memiliki kandungan klorin tetapi dalam kandungan yang rendah sekitaran 0, 1-1 triliun dioksin klorin.

  • Bagaimana dengan standard pembuatan pembalut di Indonesia?

Lantaran hingga sekarang ini belum ada kepastian masalah standard pemakaian klorin dalam pembalut di indonesia. Tetapi, kelihatannya BPOM telah miliki persyaratan spesifik dalam menilainya pembalut mana yang aman serta mana yang beresiko.

Misteri Bahan Dasar Pembuatan Pembalut Wanita

bahan dasar pembalut wanitaMungkin saja anda sekalipun tak menganggap bila bahan pembalut terbuat dari sampah kertas sisa. Yah, saya rasa anda kaget mendengarnya. Umumnya pembalut memanglah terbuat dari hasil daur ulang sampah kertas. Sampah kertas yang awalannya berwarna coklat lalu di beri zat pewarna supaya warnanya jadi putih bersih. Ini diberi nama sistem bleaching.

  • Bagaimana cara membuktikannya?

Cobalah kerjakanlah pengujian seperti berikut :

Sobek product pembalut, ambillah sisi inti di dalamnya.

Ambillah satu gelas air putih. Upayakan pakai gelas transparan hingga lebih terang.

Ambillah beberapa dari lembaran inti pembalut serta celupkan kedalam gelas, aduk.

Saksikan pergantian warna air. Apakah product itu utuh atau hancur seperti pulp. Bila hancur serta airnya keruh, bermakna anda memakai product yang berkwalitas jelek serta banyak terkandung bahan pemutih.

Anda bakal temukan gulungan kertas serta bukanlah kapas. Bahan pemutih itu memiliki kandungan dioksin yang kerap mengakibatkan sisi intim organ kewanitaan senantiasa alami banyak permasalahan, seperti keputihan, gatal-gatal, iritasi, juga penyebab terjadinya kanker serviks.

Nah, pengujian itu bakal menunjukkan satu pembalut memiliki kandungan bahan pemutih atau tidak. Bila anda temukan gulungan kertas serta bukanlah kapas, bermakna memanglah bahan pembalut itu terbuat dari kertas sisa.

Namun setelah mengetahuinya. anda tidak kaget lagi kan…?

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda semua terutama untuk para kaum hawa yang masih berusia remaja. Semakin banyak merek produk pembalut, semakin menuntut anda untuk harus pintar dalam memilih produk pembalut mana yang aman dan sehat untuk anda semua.

terimakasih dan sampai jumpa dipertemuan pada postingan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *