WASPADA…!! Selamatkan Bayi Dari Kematian Mendadak

Posted on

Selamatkan Bayi Dari Kematian Mendadak – Bayi umur dibawah setahun yang tidur dengan orang-tua dengan ranjang yang berlainan, bisa kurangi resiko alami sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS yaitu kematian mendadak pada bayi sehat umur dibawah satu tahun dengan tidak terduga atau tanpa ada diikuti tanda apapun.

Selamatkan Bayi Dari Kematian Mendadak
Selamatkan Bayi Dari Kematian Mendadak

Sampai bayi berumur enam bln., bayi disarankan tidur di kamar yang sama juga dengan orangtua. Tetapi, Anda butuh memisahkan tempat tidur bayi di ranjang yang terpisah untuk hindari kematian mendadak pada bayi.

Aspek Resiko Kematian Mendadak pada Bayi

Terkecuali terkait dengan letak tidur bayi di ranjang yang sama juga dengan orangtua, sebenarnya terdapat beberapa aspek yang dikaitkan dengan penyebabnya SIDS. Walau biasanya cukup susah untuk diperkirakan karna tidak memperlihatkan tanda terlebih dulu.

Di bawah ini beberapa aspek resiko yang bisa tingkatkan resiko SIDS.

  • Bahaya tidur dengan bayi di ranjang atau sofa yang sama

Badan Anda barangkali berubah, berbalik tubuh, serta menerpa dianya. Bahaya yang lain yakni bayi bisa terjatuh dari tempat tidur karna tergeser badan Anda, bayi terjepit, serta bayi terjepit diantara dinding serta badan Anda

  • Bayi tidur tengkurap

Tempat bayi tidur tengkurap jadi aspek resiko yang penting untuk jumlah masalah SIDS yang tinggi. Dokter memiliki pendapat ada penekanan pada saluran pernafasan waktu tempat tengkurap, mengakibatkan bayi susah bernapas dengan normal. Hingga mungkin saja mengakibatkan supply oksigen ke otak jadi menyusut.

  • Bayi terkena bahan berbahaya

Keadaan ini umum menerpa pada orangtua yang mempunyai rutinitas merokok, konsumsi minuman mengandung alkohol, serta obat-obatan terlarang.

  • Keadaan waktu hamil serta lahir

Bayi yang lahir dari ibu muda berumur kurang dari 20 th., ibu hamil yg tidak lakukan kontrol kehamilan pada dokter atau bidan, ataupun pada bayi yang lahir prematur atau berat tubuh lahir rendah.

  • Beberapa langkah Mencegah

Sesudah usai menyusu serta bayi mendekati tidur, baiknya bayi selekasnya dipindahkan ke tempat tidur atau ranjang sendiri. Untuk melindungi bayi tetaplah dalam penjagaan serta pengawasan, letakkan ranjang bayi di dekat tempat tidur Anda.

Baca juga : Bekerja Waktu Hamil Yang Benar Dan Sehat

Bayi baiknya tidur di ranjang berlainan, terlebih bila Anda atau pasangan miliki kebiasaan merokok, konsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang, stres, atau tengah begitu capek. Resiko bayi yang tidur dengan orangtua untuk alami SIDS juga bertambah, terutama bila bayi lahir prematur atau mungkin dengan berat tubuh kurang dari normal.

Cobalah ikuti langkah mencegah kematian mendadak pada bayi dan membuat tidur yang berkwalitas untuk Si Kecil :

  1. Hal pertama serta terutama adalah jauhi tidur dengan bayi. Bukan sekedar di ranjang, tapi juga jauhi tidur dengan bayi di sofa atau kursi.
  2. Sediakan ranjang atau tempat tidur bayi baik serta nyaman ditempat yang sama juga dengan ruangan tidur Anda. Yakinkan alas tidurnya betul-betul nyaman. Jauhi meletakkan boneka, bantal, atau guling yang relatif besar serta berat. Yakinkan selimutnya tetaplah ada tidak lebih tinggi dari pundaknya.
  3. Kerjakan aktivitas dengan bayi pada siang hari. Ajak Si Kecil bicara, main, serta bernyanyi. Rangsangan ini bisa menolong tidur bayi lebih pulas pada malam hari.
  4. Untuk menghindari bayi dari SIDS, baiknya letakkan dianya dalam tempat tidur kemampuanng, paling tidak sampai berumur satu tahun. Tidak jadi masalah bila dia telah kuat untuk berguling serta berbaring tengkurap. Tetapi sebisa-bisanya tetaplah letakkan pada tempat kemampuanng. Tempat kemampuanng diakui menghindari resiko bayi demam, pilek, serta infeksi telinga.
  5. Mempersiapkan dot bayi adalah trick untuk bayi yang sulit tidur. Peneliti merekomendasikan penggunaan dot bayi saat tidur bisa kurangi resiko SIDS. Bila bayi tetaplah rewel mungkin saja sinyal Si Kecil lapar atau tidak nyaman.

Bila si Kecil bangun pada malam hari, pakai pergerakan menentramkan, nada lembut serta sinar yang minim. Hal semacam ini juga akan memberitahu Si Kecil kalau malam hari yaitu bukanlah waktunya bermain, namun saat yang pas untuk beristirahat.

Untuk hindari kematian mendadak pada bayi, baiknya cermati sebagian langkah di atas. Lalu usahakan untuk hindari bayi dari paparan asap rokok, dan udara yang sangat panas atau sangat dingin.

Baca juga : Ketahui Ini Bahaya Alkohol Pada Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *